Saturday, April 15, 2017

√ Kisi-Kisi Soal Ujian Ppg Guru Kelas Sd Tahun 2018

Bismillah...

Sahabat baiq yang berbahagia. Bagi anda yang sedang mencari Kisi-Kisi Soal Ujian Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk mata pelajaran Guru Kelas SD tahun 2018, biar artikel ini sanggup membantu anda. Selamat membaca!
Kompetensi Inti
  1. Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks bahan aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.
  2. Mampu memakai matematisasi horizontal dan vertikal untuk menuntaskan persoalan matematika dan persoalan dalam dunia nyata.
  3. Mampu memakai pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan persoalan matematika, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Menguasai materi, struktur, konsep, dan contoh pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
  5. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai tumpuan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  6. Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan aturan secara adil dan benar.
  7. Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum ilmu pengetahuan alam dalam aneka macam situasi kehidupan sehari-hari.
  8. Menganalisis hukum-hukum IPA yang sanggup dipakai dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Mapel/Keahlian
  1. Menerapkan konsep hubungan dan fungsi linear dalam pemecahan masalah
  2. Melatih konsep sistem persamaan linear dalam pemecahan masalah
  3. Membedakan konsep sistem persamaan linear dalam pemecahan masalah
  4. Menggunakan konsep persamaan/pertidaksamaan kuadrat dalam pemecahan masalah
  5. Menerapkan Konsep sudut secara kontektual
  6. Memecahkan persoalan yang berkaitan dengan Sifat-sifat bangkit datar
  7. Menentukan bayangan titik-titik terhadap transformasi geometri sederhana (translasi, refleksi,rotasi, dilatasi)
  8. Menganalisis persoalan yang berkaitan dengan
  9. Pengukuran panjang, luas, keliling, volume, suhu, berat, kecepatan, dan debit
  10. Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan statistika
  11. Memecahkan matematisasi horizontal untuk menuntaskan persoalan matematika sosial dalam dunia nyata.
  12. Menggunakan matematisasi vertikal untuk menuntaskan persoalan dalam dunia nyata.
  13. Menguji pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks bahan aritmatika
  14. Menguji pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks bahan kecepatan
  15. Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa.
  16. Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai tumpuan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  17. Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
  18. Mendeskripsikan jenis-jenis sastra Indonesia
  19. Mendeskripsikan latar waktu yang terkandung di dalam kisah memilih karakter tokohnya menurut sajian tampilan drama
  20. Mendeskripsikan jenis-jenis sastra Indonesia
  21. Mendeskripsikan latar waktu yang terkandung di dalam kisah memilih karakter tokohnya menurut sajian tampilan drama
  22. Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan aturan secara adil dan benar. Menganalisis prinsip-prinsip HAM.
  23. Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia
  24. Mengetahui tanda-tanda alam baik secara pribadi maupun tidak langsung.
  25. Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum ilmu pengetahuan alam dalam aneka macam situasi kehidupan sehari-hari.
  26. Menerapkan ilmu pengetahuan alam dengan cara ikut melestarikan lingkungan alam.
  27. Menerapkan ilmu pengetahuan alam dengan cara ikut menjaga, lingkungan alam sekitar.
  28. Melakukan observasi beberapa tanda-tanda alam abiotik.
  29. Melakukan observasi beberapa tanda-tanda alam abiotik atau biotik.
  30. Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum IPA dalam aneka macam situasi kehidupan sehari-hari.
  31. Menguasai bahan keilmuan yang mencakup dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS.
  32. Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS.
Indikator Esensial
  1. Menganalisis konsep aljabar dalam pemecahan masalah
  2. Menerapkan konsep aljabar dalam pemecahan masalah
  3. Menerapkan persamaam linear dalam pemecahan masalah
  4. Menerapkan konsep persamaan kuadrat dalam pemecahan masalah
  5. Menerapkan konsep sudut dalam kehidupan sehari-hari
  6. Memecahkan persoalan geometri dan pengukuran
  7. Menerapkan persoalan geometri dan pengukuran
  8. Menerapkan persoalan pengukuran luas permukaan dalam kehidupan sehari-hari
  9. Menerapkan persoalan yang berkaitan dengan statistika
  10. Memecahkan persoalan yang berkaitan dengan matematika sosial
  11. Menggunakan logika/penalaran untuk menuntaskan persoalan sehari-hari
  12. Menggunakan bilangan untuk memecahkan persoalan sehari-hari
  13. Menyelesaikan persoalan pengukuran kecepatan
  14. Mengemukakan hakikat pemerolehan bahasa melalui gambaran kasus
  15. Menentukan penggunaan abjad kapital yang benar dalam kalimat 
  16. Menerapkan penggunaan tanda baca yang benar melalui sajian kalimat
  17. Menjelaskan menyimak sebagai sebuah keterampilan berbahasa
  18. Menerapkan teknik pembelajaran menyimak melalui ilustrasi
  19. Mendefinisikasikan keterampilan membaca di kelas tinggi dan rendah
  20. Membedakan jenis-jenis membaca melalui sebuah kasus
  21. Menjelaskan perbedaan menulis permulaan dan lanjutan
  22. Mengaplikasikan keterampilan menulis permulaan dan menulis lanjutan melalui ilustrasi
  23. Memparafrasekan puisi menjadi prosa
  24. Mengisi puisi yang rumpang
  25. Mendeskripsikan latar waktu yang terkandung di dalam cerita
  26. Mendeskripsikan kalimat kritikan secara santun yang terdapat di dalam cerita
  27. Menganalisis apa yang disimak
  28. Menguasai teknik menyimak
  29. Menganalisis prinsip-prinsip HAM dalam pelaksanaan demokrasi.
  30. Menganalisis prinsip-prinsip HAM dalm dunia pendidikan.
  31. Menganalisis penegakan aturan di Indonesia dalam bidang pertahanan dan keamanan.
  32. Penerapan penegakan aturan di Indonesia
  33. Menganalisis asas-asas kewarganegaraan yang dianut di Indonesia.
  34. Menerapkan asas-asas kewarganegaraan yang dianut di Indonesia
  35. Memberikan pengertian wacana nilai dalam konteks pendidikan kewarganegaraan.
  36. Menunjukkan sifat positif dalam menghargai kebudayaan nasional
  37. Membangun nilai-nilai kewarganegaraan Indonesia
  38. Menganalisis tabiat warga negara melalui pendidikan kewarganegaraan yang berlandaskan Undang-Undang Dasar 1945
  39. Menelaah beberapa tanda-tanda alam biotik.
  40. Merancang penelitian wacana tanda-tanda alam biotik
  41. Meningkatkan perawatan/ pemeliharaan lingkungan alam sekitar
  42. Melakukan observasi beberapa tanda-tanda alam biotik
  43. Menyusun laporan hasil observasi beberapa tanda-tanda alam biotik.
  44. Menilai hasil observasi beberapa tanda-tanda alam biotik.
  45. Menganalisis beberapa tanda-tanda alam abiotik.
  46. Merancang penelitian wacana tanda-tanda alam abiotik atau biotik.
  47. Melakukan observasi wacana tanda-tanda alam abiotik.
  48. Hukum IPA yang dipakai dalam acara sehari-hari
  49. Menelaah beberapa tanda-tanda alam abiotik atau biotik
  50. Menerapkan IPA dengan cara menjaga kesehatan tubuh
  51. Hukum IPA dalam aneka macam situasi kehidupan sehari-hari
  52. Menganalisis masalah-masalah sosial dan permasalahan dalam IPS
  53. Menegaskan fokus utama kajian pembelajaran IPS di SD
  54. Mengidentifikasi karakteristik pembelajaran IPS
  55. Menganalisis nilai kegunaan mempelajari sejarah Indonesia bagi siswa
  56. Menemukan makna Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari
  57. Mengaplikasikan materi, struktur, dan konsep keilmuan dalam masyarakat

Demikianlah ulasan tentang kisi-kisi soal ujian PPG mata pelajaran Guru Kelas SD Tahun 2018. Terimakasih sudah berkunjung, biar bermanfaat.


Sumber http://pabaiq.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)