Berdasarkan karakteristik penerima didik SD pada kelas rendah, guru perlu menyiapkan banyak sekali kegiatan yang sesuai dengan karakteristik penerima didik tersebut. Kegiatan yang tidak sesuai dengan tahapan perkembangan penerima didik SD kelas rendah (kelas I – III) ialah ...
Question 1 options:
Anak mengenali sesuatu berdasarkan apa yang didengarnya alasannya ialah itu guru sanggup membacakan teks atau cerita. | |
Guru menyiapkan kegiatan yang mendorong anak untuk bergerak secara terarah untuk mengasah keterampilannya. | |
Guru memperlihatkan kesempatan kepada anak untuk melaksanakan kegiatan sendiri secara aktif dengan selalu diberi contoh. | |
Guru memperlihatkan kesempatan dan menyiapkan kegiatan-kegiatan yang sanggup dilakukan anak di luar kelas bersama teman- temannya. |
Tahap perkembangan kognitif berdasarkan Piaget dimana kemampuan berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika mulai nampak meskipun terkait hal-hal yang sanggup dibayangkan dan anak mulai menguasai aturan kekekalan kuantitas, panjang, dan volume disebut tahap ....
Question 2 options:
vektorikal | |
pra-operasional | |
sensorimotor | |
operasional konkret |
Berikut yang merupakan perkembangan motorik siswa SD pada usia 8-10 tahun berdasarkan Santrock ialah ...
Question 3 options:
Mulai mempunyai keterampilan-keterampilan manipulatif ibarat orang dewasa. | |
Berkembangnya koordinasi antara mata dengan tangan yang diperlukan untuk membidik, menyepak, melempar, dan menangkap. | |
Tangan semakin berpengaruh dan lebih menyukai memakai pensil daripada krayon untuk melukis. | |
Dapat memakai tangan secara bebas, mudah, dan sempurna atau dengan kata lain koordinasi motorik halus berkembang. |
Ketaatan siswa terhadap nilai-nilai akhlak dan aturan alasannya ialah menghindari eksekusi dan mengejar hadiah untuk kepentingan sendiri termasuk karakteristik siswa SD berdasarkan ....
Question 4 options:
perkembangan akhlak berdasarkan Kohlberg | |
perkembangan kognitif berdasarkan Piaget | |
perkembangan kognitif berdasarkan Robi Case | |
perkembangan spiritual berdasarkan Starbuch dan James |
Pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan mengawali pembelajaran dengan menjelaskan manfaat materi yang dipelajari, memakai model, metode, media, dan materi didik yang variatif sesuai minat siswa semoga mereka tertarik mempelajarinya, serta memperlihatkan kebanggaan secara lisan maupun nonverbal merupakan implikasi prinsip pembelajaran yang mendidik, yaitu ....
Question 5 options:
prinsip perbedaan individu | |
prinsip pengulangan | |
prinsip keaktifan | |
prinsip pengalaman atau keterlibatan langsung |
Kemampuan, minat, dan energi tinggi yang dicurahkan siswa terhadap suatu mata pelajaran menunjukkan...
Question 6 options:
prestasi siswa | |
motivasi siswa | |
potensi siswa | |
sikap siswa |
Pembelajaran yang dilaksanakan dengan membangun cara pandang penerima didik wacana pentingnya materi pembelajaran yang akan dipelajari dan cara pandangnya terhadap hakikat berguru sehingga mereka memahami dan memandang bahwa berguru merupakan hidup mereka dan penciri mereka hidup merupakan penerapan salah satu prinsip pembelajaran berdasarkan Thorndike, yaitu ....
Question 7 options:
prinsip kesiapan | |
prinsip retensi | |
prinsip persepsi | |
prinsip motivasi |
Kemampuan siswa dalam menggambar berdiri ruang dari banyak sekali sudut pandang dengan cara membayangkannya termasuk kecerdasan ....
Question 8 options:
emosi | |
kinestetis | |
spasial-visual | |
naturalis |
Pembelajaran yang dilaksanakan dengan memperlihatkan kesempatan kepada penerima didik untuk menemukan pengetahuan sendiri melalui kegiatan eksplorasi, mencoba, mengumpulkan data, dan kegiatan lainnya sehingga mereka sanggup berguru wacana bagaimana seharusnya berguru (learning how to learn) dan sanggup menumbuhkan kemandirian berguru merupakan acara berguru yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang mendidik, yaitu ....
Question 9 options:
keseimbangan antara keterampilan fisik dan mental | |
pembelajaran dengan keterampilan aplikatif | |
peserta didik mencari tahu bukan diberi tahu | |
sumber berguru yang bervariasi |
Pembelajaran yang dilaksanakan dengan berorientasi kepada keterampilan-keterampilan hidup penerima didik mirip berpikir kritis, berpikir kreatif, kemandirian, dan keterampilan lainnya yang bermakna bagi penerima didik sehingga pengetahuan yang didapatkannya sanggup diterapkan dalam hidupnya untuk mengatasi masalah-masalah kontekstual yang sedang dihadapinya merupakan acara berguru yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang mendidik, yaitu ....
Question 10 options:
pembelajaran dengan keterampilan aplikatif | |
peserta didik mencari tahu bukan diberi tahu | |
keseimbangan antara keterampilan fisik dan mental | |
sumber berguru yang bervariasi |
Sumber http://kompilasidata.blogspot.com
EmoticonEmoticon