- Berikut yang bukan merupakan tujuan dilaksanakannya bimbingan psiko-edukatif dalam pembelajaran ialah ….
Memberikan pengertian kepada siswa ihwal pentingnya bimbingan psiko edukatif bagi mereka
- Dalam pembelajaran tematik terpadu, guru menentukan kompetensi dasar “ Memahami hubungan antara gaya dan gerak benda” untuk dibelajarkan di kelas. Struktur bahan pembelajaran pada KD tersebut termasuk ….
Prinsip
- Berikut ialah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh guru saat menerapkan model pembelajaran berbasis proyek. Manakah dari pernyataan –pernyataan berikut yang berdasarkan anda ihwal penerapan model pembelajaran berbasis proyek?
Guru menetapkan satu topik proyek yang sesuai dengan tema untuk proyek siswa
- Pernyataan berikut yang merupakan konsep ihwal penilaian autentik yang tepat ialah ...
Penilaian autentik menilai kesiapan akseptor didik dan hasil berguru secara utuh
- Pernyataan berikut yang kurang tepat ihwal pendekatan saintifik ialah ...
Pendekatan saintifik ialah implementasi pendekatan rasional
- Berikut yang merupakan indikator keterampilan berfikir kritis kompetensi kurun 21 adalah...
Memberikan alasan secara efektif dengan memakai banyak sekali cara budi budi sesuai dengan situasi yang ada
- Aliran teori berguru yang menyatakan bahwa berguru merupakan proses asimilasi dan fasilitas isu untuk membentuk sketsa dengan tingkatan yang lebih tinggi dari sebelumnya saat mencapai keseimbangan ialah teori berguru berdasarkan ....
Jean Piaget
- Komponen bimbingan psiko-edukatif dengan memperlihatkan santunan kepada seluruh siswa melalui aktivitas penyiapan pengalaman terstruktur disebut ….
Layanan dasar
- Berikut yang merupakan keterampilan kurun 21 yang harus dimiliki oleh generasi mendatang berdasarkan World Economic Forum (WEF) pada kategori kualitas abjad ialah ….
Rasa ingin tahu
- Bu Ina ialah seorang guru kelas III SD Makur Bangsa. Ia bermaksud menilai kemampuan siswa dalam menentukan banyaknya sudut pada beberapa berdiri datar. Di awal pembelajaran, Bu Ina membagikan kertas dalam banyak sekali bentuk berdiri datar kepada 50 siswanya. Pembelajaran dilakukan melalui pemberian kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan pengamatan dan identifikasi kertas yang berbentuk persegi, persegipanjang dan segitiga. Tehnik penilaian apakah yang sebaiknya dilaksanakan?
Penilaian dengan tes tertulis
- Berikut yang bukan merupakan keterampilan atau kecakapan kurun 21 yang perlu dikembangkan pada kategori kualitas abjad (character quality) berdasarkan World Economic Forum (WEF) ialah ...
Religius
- Berikut merupakan hal yang kurang tepat dilakukan oleh guru terkait pembelajaranuntuk menyebarkan prestasi siswa sesuai dengan potensinya ialah ...
Melatih siswa untuk sanggup melaksanakan setiap pekerjaan yang dibebankan kepadanya
- Struktur bahan bimbing yang sanggup diamati, benar-benar terjadi dan sanggup didemonstrasikan kapan saja disebut ....
Fakta
- Guru mendiskusikan di kelas temuan-temuan penelitian yang diperoleh siswanya atau solusi-solusi yang berhasil dibentuk oleh siswanya, aktivitas tersebut merupakan sebuah aktivitas yang ditujukan untuk ….
Mendorong siswa meningkatkan prestasinya
- Kriteria yang memperlihatkan kinerja dan aspek-aspek atau konsep-konsep yang akan dinilai dan gradasi mutu mulai dari tingkat yang paling tepat hingga yang paling rendah. Ini ialah potongan dari penilaian yang dinamakan ...
Rubrik penilaian
- Dalam pembelajaran tematik terpadu, siswa A sellau kesulitan mengerjakan soal-soal pada bidang ilmu Matematika, tetapi sangat terampil melaksanakan tugas-tugas berguru pada bidang ilmu SBdP. Tindakan guru yang paling tepat ... .
Berusaha membimbingnya dan menyebarkan potensi bakatnya pada bidang SBdP
- Berikut yang merupakan cara guru yang kurang tepat dalam mengidentifikasi potensi siswa selama proses pembelajaran ialah ... .
Meminta isu kepada orang renta siswa ihwal kesulitan belajarnya.
- Dalam pembelajaran di kelas IV SD dengan bahan pokok “hormat-menghormati” guru memulai pembelajarannya dengan menjelaskan pengertian hormat-menghormati, pentingnya sikap hormat-menghormati, kerugian orang yang tidak mempunyai hormat-menghormati, dan diakhiri dengan usul semoga para siswa membiasakan saling menghormati dalam pergaulan sehari-hari dengan orang lain. Selama pembelajaran berlangsung, siswa sangat pasif dan terkesan tidak tertarik pada bahan tersebut, tidak muncul pertanyaan, dan hasil penilaian jauh dari yang diharapkan. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut, upaya simpel yang dilakukan guru ialah ... .
Menerapkan metode role playing atau simulasi untuk topik tersebut
- Dalam pembelajaran, guru menemukan bahwa siswa A selalu membisu dan tidak memperlihatkan tanggapan apapun saat ditanya oleh guru. Ketika diberikan kesempatan untuk bertanya, siswa A terlihat malu-malu dan enggan untuk mengajukan pertanyaan. Tindakan reflektif yang paling tepat sanggup dilakukan guru berkaitan dengan hal tersebut ialah ... .
Mengklarifikasi terlebih dahulu mengapa hal tersebut terjadi, memastikan masalahnya, merencanakan tindakan, dan menelitinya melalui PTK.
- Analisis data nilai siswa terkait aspek keterampilan dilakukan memakai ...
Rerata dan capaian optimum
- Menurut Piaget, tahap perkembangan intelektual siswa sekolah dasar ialah ... .
Operasional konkret
- Guru memberikan kekeliruan-kekeliruan akseptor didik selama melaksanakan percobaan dan memperlihatkan masukan perbaikan merupakan salah satu pola kewajiban guru pada aktivitas penutup, yaitu ...
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
- Dalam ulangan harian, guru menemukan seorang siswa yang mengerjakan soal dengan cara yang berbeda dengan cara pengerjaan dari guru. Sikap dan tindakan guru yang paling tepat terhadap temuan tersebut ialah ... .
Menghargai kreativitas siswa dengan cara mengklarifikasi jawabannya
- Berikut yang bukan merupakan tujuan mata pelajaran PJOK dibelajarkan di SD ialah ... .
Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani sehingga kelak layak menjadi atlet
- Dalam pembelajaran tematik terpadu, seorang guru hendak membiasakan siswa untuk mempunyai sikap estetis, rasa ingin tahu, dan menjadi warga negara yang baik serta selalu mentaati hukum yang berlaku di masyarakat. Mata pelajaran yang mungkin sanggup dipadukan dalam pembelajaran tersebut ialah ….
IPA, SBdP, danPPKn
- Bu Tuti ialah guru kelas V SDN Sejahtera Indonesiaku. Dalam pembelajaran salah satu siswa terlihat enggan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan. Pada selesai pembelajaran, Bu Tuti mendekati siswa dan mengklarifikasinya. Ternyata siswa tersebut merasa takut pertanyaan dan jawabannya salah. Karakteristik guru yang reflektig yang dimiliki Bu Tuti ialah ...
Mengidentifikasi duduk masalah pembelajaran
- Pada umumnya kesulitan berguru siswa ialah mengomunikasikan pendapat, gagasan, dan pengalaman akademiknya yang disebabkan oleh anggapan bahwa berguru ialah ….
Menerima isi buku
- Percakapan cerdas dalam keluarga dan praktik –praktik kehidupan masyarakat pembelajar lainnya merupakan salah satu factor pendorong atau penghambat bagi peningkatan prestasisiswa di sekolah. Pernyataan ini terkait dengan ….
Latar belakang budaya keluarga
- Prinsip pembelajaran yang dikembangkan dari teori berguru Thorndike yang merupakan proses berguru di mana suatu sikap akan diperkuat dalam suatu situasi dan tidak berlaku dalam situasi lainnya ialah prinsip ….
Diskriminasi
- Berdasarkan permendikbud Nomor 20 Tahun 2016, pengetahuan ihwal kekuatan dan kelemahan diris sendiri dan menggunkannya dalam mempelajari ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya disebut ….
Pengetahuan metakognitif
Sumber http://kompilasidata.blogspot.com
EmoticonEmoticon