Bismillah...
Dalam pelaksanaan UNBK seringkali kita temui kendala-kendala teknis, baik yang berafiliasi dengan Server maupun Client. Berikut ini yaitu Troubleshooting Aplikasi CBT 2017, yang pada beberapa kasus masih sama permasalahan/kendala-kendalanya dengan yang dihadapi pada Aplikasi CBT tahun ini.
Baca juga : d0wnl0ad soal-soal UN
Berikut ini beberapa Troubleshooting Aplikasi CBT tahun 2017:
Troubleshooting 1
Muncul keterangan Checking....
Penyebab :
2. Segmen Local yang salah / bukan segmen 0
3. Port 80 yang terpakai oleh Aplikasi lain ( XAMP dan lain-lain )
Penanganan 1 :
Cek kembali pengaturan Network di VirtualBox, apakah sudah benar bridged yang tertuju ke arah client.
Penanganan 2 :
1. Masuk ke pengaturan Network And Connection Hosts Server
2. Pada Adapter NIC yang terhubung client klik kanan -> Properties
3. Double klik “Internet Protocol Version 4”
4. Setting IP dengan Segment 0.xxx
Penanganan 3 : Remove aplikasi yang berjalan di port 80
Penanganan 4: Restart VM dan biarkan UNBK Starter dalam keadaan menyala
Penanganan 5 : Restart Server kemudian coba jalankan kembali UNBK Starter dan VM
Troubleshooting 2
Muncul pesan VHD can not run
Penyebab :
1. Tidak di temukannya Browser Google Chrome
2. Tidak di temukannya Aplikasi Oracle VirtualBox
Penanganan 1 :
1. Klik kanan pada google chrome, piling properties
2. Copy kan URL Chrome.
3. Buka aplikasi CBTSync Admin, klik Setting
4. Pastekan di dalam Browser Url tanpa tanda ( “ )
Penanganan 2 :
1. Klik setting pada ExambrowAdmin.
2. Klik Browse pada VboxManage Path.
3. Cari installasi VirtualBox C:\Program Files\Oracle\VirtualBox
4. Klik Ok dan Save.
Troubleshooting 3
Muncul pesan ExamBrowserAdmin has stopped working
Penyebab :
1. Resouce memory yang ada di Virtual melewati batas maksimum.
2. Terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan.
Penanganan :
1. Kurangi pemakaian memory pada VirtualBox.
2. Hapus aplikasi yang sedang berjalan sekiranya tidak terlalu penting
Troubleshooting 4
Muncul tampilan ibarat pada gambar di bawah ini:
Permasalahan : Error/Tidak berhasil masuk CBTSync
Penanganan :
1. Cek Adpater 1 di VirtualBox, pastikan sudah terhubung
2. Pasitikan mendapat IP 0.200 pada Adapter 1
3. Tutup Aplikasi CBT Tools kemudian Buka kembali
4. Cek IP pada LAN yang tertuju ke Client
Troubleshooting 5
Muncul tampilan ibarat pada gambar di bawah ini:
Penyebab:
Saat menciptakan virtual mesin terdapat error “cannot create the machine”. Hal tersebut terjadi alasannya terdapat nama yang sama yang sudah pernah dibentuk sebelumnya.
Penanganan:
Membuat virtual mesin gres dengan nama yang tidak pernah dipakai sebelumnya.
Troubleshooting 6
Muncul tampilan ibarat pada gambar di bawah ini:
Penyebab: Saat menciptakan virtual mesin terdapat error “cannot create the machine”. Hal tersebut terjadi alasannya terdapat nama yang sama yang sudah pernah dibentuk sebelumnya.
Penanganan : Klik OK, kemudian proktor merubah nama menjadi nama mesin yang belum pernah dipakai sebelumnya.
Troubleshooting 7
Muncul tampilan ibarat pada gambar di bawah ini:
Penyebab:
Saat menciptakan virtual mesin terdapat error “Failed to open a session for the virtual machine”. Hal ini terjadi alasannya VHD tidak sanggup ditemukan dikala menjalankan virtual mesin.
Penanganan:
Membuat virtual mesin gres atau memindahkan file VHD dengan menyesuaikan path folder yang terdapat di keterangan error.
Troubleshooting 8
Muncul tampilan ibarat pada gambar di bawah ini:
Penyebab:
“Failed to open the internal network”. Hal ini terjadi alasannya driver jaringan berubah / driver jaringan dihapus / LAN card dirubah / adapter network di disable, sehingga setting adapter di dalam virtual mesin ikut berubah.
Penanganan :
- Masuk ke sajian adapter setting di dalam host server, pastikan adapter setting sudah dalam keadaan enable dan terhubung ke klien
- Klik tombol setting di virtual mesin
- Klik tab Network, kemudian masuk ke adapter 2
- Pilih adapter yang menuju ke klien kemudian klik OK
- Jalankan kembali virtual mesin
Troubleshooting 9
Muncul tampilan ibarat pada gambar di bawah ini:
Penyebab:
Tidak ada pilihan untuk windows 64bit dikala menciptakan virtual mesin.
Penanganan 1:
Pastikan memakai operating system 64 bit di server. Bit di Operating System sanggup dicek melalui “dxdiag” atau klik kanan properties di “my computer”.
Penanganan 2:
Mengaktifkan fitur Virtualization / VTD / Virtualization Technology di BIOS server host.
Troubleshooting 10
Muncul tampilan ibarat pada gambar di bawah ini:
Penyebab:
Terjadi error dikala proses booting virtual mesin. Hal ini terjadi alasannya dikala pembuatan virtual mesin, memakai sistem windows 32 bit.
Penanganan:
- Close virtual mesin dengan klik tombol “Machine -> ACPI Shutdown”.
- Klik kanan di virtual mesin yang tadi dibuat, kemudian klik button Remove dan Remove Only
- Membuat virtual mesin kembali dengan mengklik tombol “New”
- Operator menginput nama virtual mesin
- (catatan: Nama virtual mesin harus berbeda dengan sebelumnya)
- Pada kolom Type pilih Microsoft Windows
- Pada kolom Version pilih Windows 2012 (64Bit)
- Lalu lanjutkan ibarat yang tertera di panduan
Keterangan : jika tidak ada pilihan untuk 64bit, operator unbk melaksanakan restart server dan masuk ke dalam sistem BIOS. Aktifkan fitur Virtualization / VTD / Virtual Techcnology
Troubleshooting 11
Muncul tampilan ibarat pada gambar di bawah ini:
Penyebab :
Mematikan VM yang tidak sesuai mekanisme sehingga mengakibatkan kerusakan pada VHD
Penanganan :
Matikan VHD sesuai mekanisme / ganti VHD untuk lebih amannya.
Troubleshooting 12
Muncul tampilan ibarat pada gambar di bawah ini:
Penyebab : Error tersebut dikarenakan client belum diberikan IP Address
Penanganan : Masuk ke sajian pengaturan adapter di host. Berikan IP Client dengan segment 192.168.0.xxx
Troubleshooting 13
Muncul tampilan ibarat pada gambar di bawah ini:
Penyebab 1 : Exambrowser yang dipakai masih versi lama, seharusnya versi terbaru.
Penyebab 2 : VM Server belum berjalan, jalankan VM Server terlebih dahulu.
Penyebab 3 : Salah setting adapter di VM yang seharusnya bridged ke NIC Client
Penyebab 4 : Kabel bermasalah sehingga VM dan client tidak terhubung. Lakukan ping dari server VM ke IP Client untuk melaksanakan pengecekan.
Troubleshooting 14
Muncul tampilan ibarat pada gambar di bawah ini:
Penyebab : Terdapat salah setting di dalam exambrowser
Penanganan :
1. Buka Exambro, Klik tombol Settings, Lalu masukan password 12345
2. Rubah kolom “Browser File Name” dikarenakan terjadi perbedaan dengan path browser di client.
Troubleshooting 15
Muncul tampilan ibarat pada gambar di bawah ini:
Penyebab : Membuka link UNBK tidak memakai aplikasi Exambrowser
Penanganan : Jalankan exambrowser untuk melaksanakan ujian
Troubleshooting 16
Muncul tampilan ibarat pada gambar di bawah ini:
Penyebab:
Belum ada daftar tes yang dipiilih
Penanganan:
- Masuk ke sajian Status tes, pilih daftar tes yang sesuai dengan jadwal
- Klik tombol simpan, kemudian klik ok
- Login kembali di komputer klien
Troubleshooting 17
Muncul tampilan error seperti pada gambar di bawah ini:
Penanganan 1:
Pastikan bahwa host server sudah terkoneksi ke internet dengan cara ping www.kemdikbud.go.id
Jika mendapat pesan request time out, silakan untuk mengecek status jaringan dan juga modem internet
Penanganan 2:
Cek ping dari host server ke 192.168.0.200 melalui command prompt (cmd), kalau mendapat pesan request time out. Pastian kembali bahwa adapter 1 di virtual mesin sudah terhubung ke jaringan lokal, dan adapter 2 tersetting NAT.
Penanganan 3:
Pastikan tidak ada IP konflik dengan ip 192.168.0.200 dengan mengecek kembali IP di semua adapter di host server(Virtualbox host only, wifi, ethernet) dan IP komputer klien.
Penanganan 4:
Salah dalam mengetikkan ID server pada kolom Server ID (Nama ID server terdiri dari kombinasi abjad kapital dan angka)
Penanganan 5:
Pastikan tidak ada aplikasi lain yang memakai port 80.
Penanganan 6:
Jika koneksi internet tidak ada masalah, tetapi CBTSync masih memunculkan error tidak terhubung dengan internet, silahkan telepon posko UNBK.
Penanganan 7:
Pastikan memakai ExamBrowser Admin versi terbaru
Troubleshooting 18
Muncul tampilan error seperti pada gambar di bawah ini:
Penanganan :
1. Update RAM pada Host.
3. Naikan RAM untuk VirtualMachine
Troubleshooting 19
Muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini:
Penyebab:
- Setelah berhasil melaksanakan sinkronisasi, memasukkan beberapa id server di dalam 1 server sehingga mengakibatkan terdapat 2 atau lebih serial number yang sama.
- Setelah berhasil sinkronisasi, sekolah mengganti server/ melaksanakan instalasi OS / mengganti motherboard / menjalankan exambrowser admin yang berbeda versi dari sebelumnya.
Penanganan :
- Sekolah meminta unlock id server yang ke tim provinsi / tim pusat.
- Permintaan unlock dari sekolah dibatasi.
Troubleshooting 20
Muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini:
Permasalahan : Muncul error ibarat gambar di atas.
Penanganan :
- Klik “disini” untuk me-refresh, kalau masih error lakukan langkah kedua
- Restart CBTSync Admin dan tunggu 2 menit
- Jika cara 1 dan 2 masih error, restart VM
- Klik Akses CBT tools, kemudian masuk ke tab “Services” dan klik “Start&Stop Services” Lalu restart CBTSync
- Jika cara 1,2,3 dan 4 masih error maka harus ganti VHD
(Sumber : Puspendik-Troubleshooting UNBK 2017)
Demikian Troubleshooting Aplikasi CBT tahun 2017. Semoga sanggup membantu menawarkan solusi dari kendala-kendala teknis yang di hadapi dalam pelaksanaan UNBK 2018 ini. Terimakasih semoga bermanfaat.
Sumber http://pabaiq.blogspot.com
EmoticonEmoticon