Buku Guru dan Siswa PAI Bahasa Arab K13 MA Kelas XII - Secara umum fungsi pendidikan agama khususnya pendidikan Agama Islam untuk membentuk insan Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia dan bisa menjaga kedamaian dan kerukunan korelasi inter dan antar umat beragama, dan ditujukan untuk berkembangnya kemampuan penerima didik dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai agama yang menyerasikan penguasaannya dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
Untuk merespons bermacam-macam kebutuhan masyarakat modern, seluruh elemen dan komponen bangsa harus menyiapkan generasi masa depan yang tangguh melalui bermacam-macam ikhtiyar komprehensif. Hal ini dilakukan biar seluruh potensi generasi sanggup tumbuh kembang menjadi hamba Allah yang dengan karakteristik beragama secara baik, mempunyai cita rasa religiusitas, bisa memancarkan kedamaian dalam totalitas kehidupannya.
Aktivitas beragama bukan hanya yang berkaitan dengan acara yang tampak dan sanggup dilihat dengan mata, tetapi juga acara yang tidak tampak yang terjadi dalam diri seseorang dalam bermacam-macam dimensinya. Sebagai aliran yang tepat dan fungsional, agama Islam harus diajarkan dan diamalkan dalam kehidupan nyata, sehingga akan menjamin terciptanya kehidupan yang tenang dan tenteram.
Oleh karenanya, untuk mengoptimalkan layanan pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), serta Madrasah Aliyah (MA) aliran Islam yang begitu tepat dan luas perlu dikemas menjadi beberapa mata pelajaran yang secara linier akan dipelajari berdasarkan jenjangnya.
Pengemasan aliran Islam dalam bentuk mata pelajaran di lingkungan Madrasah dikelompokkan sebagai berikut; diajarkan mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu-ilmu Sosial, Ilmu-ilmu Bahasa dan Budaya, serta Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) meliputi; a) Al-Qur’an-Hadis b) Akidah Akhlak c) Fikih d) Sejarah Kebudayaan Islam. Pada jenjang Madrasah Aliyah Peminatan Ilmu-ilmu Keagamaan dikembangkan kajian khusus mata pelajaran yaitu: a) Tafsir- Ilmu Tafsir b) Hadis-Ilmu Hadis c) Fikih-Ushul Fikih d) Ilmu Kalam dan e) Akhlak.
Kehadiran buku bagi siswa ataupun guru menjadi kebutuhan pokok dalam menerapkan Kurikulum 2013 di Madrasah. Sebagaimana kaidah Ushul Fikih, mala yatimmu al-wajibu illa bihi fahuwa wajibun, (suatu kewajiban tidak menjadi tepat tanpa adanya hal lain yang menjadi pendukungnya, maka hal lain tersebut menjadi wajib). Atau berdasarkan kaidah Ushul Fikih lainnya, ialah al-amru bi asy-syai’i amrun bi wasailihi (perintah untuk melaksanakan sesuatu berarti juga perintah untuk menyediakan sarananya).
Perintah menuntut ilmu berarti juga mengandung perintah untuk menyedikan sarana pendukungnya, salah satu diantaranya Buku Ajar. Karena itu, Buku Pedoman Guru dan Buku Pegangan Siswa ini disusun dengan Pendekatan Saintifik, yang terangkum dalam proses mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan.
Buku yang ada di hadapan pembaca ini merupakan cetakan pertama, tentu masih terdapat kekurangan dan kelemahan. Oleh alasannya itu sangat terbuka untuk terus-menerus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan.
Sebagai pola ataupun eksklusif sanggup dipergunakan sebagai pedoman bagi guru dan siswa, berikut link d0wnl0ad untuk memperolehnya:
![]() |
Buku Guru dan Siswa PAI Bahasa Arab K13 MA Kelas XII Gratis |
Aktivitas beragama bukan hanya yang berkaitan dengan acara yang tampak dan sanggup dilihat dengan mata, tetapi juga acara yang tidak tampak yang terjadi dalam diri seseorang dalam bermacam-macam dimensinya. Sebagai aliran yang tepat dan fungsional, agama Islam harus diajarkan dan diamalkan dalam kehidupan nyata, sehingga akan menjamin terciptanya kehidupan yang tenang dan tenteram.
Oleh karenanya, untuk mengoptimalkan layanan pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), serta Madrasah Aliyah (MA) aliran Islam yang begitu tepat dan luas perlu dikemas menjadi beberapa mata pelajaran yang secara linier akan dipelajari berdasarkan jenjangnya.
Pengemasan aliran Islam dalam bentuk mata pelajaran di lingkungan Madrasah dikelompokkan sebagai berikut; diajarkan mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu-ilmu Sosial, Ilmu-ilmu Bahasa dan Budaya, serta Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) meliputi; a) Al-Qur’an-Hadis b) Akidah Akhlak c) Fikih d) Sejarah Kebudayaan Islam. Pada jenjang Madrasah Aliyah Peminatan Ilmu-ilmu Keagamaan dikembangkan kajian khusus mata pelajaran yaitu: a) Tafsir- Ilmu Tafsir b) Hadis-Ilmu Hadis c) Fikih-Ushul Fikih d) Ilmu Kalam dan e) Akhlak.
Baca juga: Buku Guru dan Siswa PAI Bahasa Arab K13 MA Kelas XUntuk mendukung pendalaman kajian ilmu-ilmu keagamaan pada peminatan keagamaan, penerima didik dibekali dengan pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan Bahasa Arab. Sebagai panduan dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di Madrasah, Kementerian Agama RI telah menyiapkan model Silabus Pembelajaran PAI di Madrasah dan menerbitkan Buku Pegangan Siswa dan Buku Pedoman Guru.
Kehadiran buku bagi siswa ataupun guru menjadi kebutuhan pokok dalam menerapkan Kurikulum 2013 di Madrasah. Sebagaimana kaidah Ushul Fikih, mala yatimmu al-wajibu illa bihi fahuwa wajibun, (suatu kewajiban tidak menjadi tepat tanpa adanya hal lain yang menjadi pendukungnya, maka hal lain tersebut menjadi wajib). Atau berdasarkan kaidah Ushul Fikih lainnya, ialah al-amru bi asy-syai’i amrun bi wasailihi (perintah untuk melaksanakan sesuatu berarti juga perintah untuk menyediakan sarananya).
Perintah menuntut ilmu berarti juga mengandung perintah untuk menyedikan sarana pendukungnya, salah satu diantaranya Buku Ajar. Karena itu, Buku Pedoman Guru dan Buku Pegangan Siswa ini disusun dengan Pendekatan Saintifik, yang terangkum dalam proses mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan.
Baca juga: Buku Guru PAI Bahasa Arab K13 MA Kelas XIKeberadaan Buku Ajar dalam penerapan Kurikulum 2013 di Madrasah menjadi sangat penting dan menentukan, alasannya dengan Buku Ajar, siswa ataupun guru sanggup menggali nilai-nilai secara mandiri, mencari dan menemukan inspirasi, aspirasi, motivasi, atau bahkan dengan buku akan sanggup menumbuhkan semangat berinovasi dan berkreasi yang bermanfaat bagi masa depan.
Buku yang ada di hadapan pembaca ini merupakan cetakan pertama, tentu masih terdapat kekurangan dan kelemahan. Oleh alasannya itu sangat terbuka untuk terus-menerus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan.
Sebagai pola ataupun eksklusif sanggup dipergunakan sebagai pedoman bagi guru dan siswa, berikut link d0wnl0ad untuk memperolehnya:
➤Buku Siswa MA Kelas 12 Hadits Ilmu Hadits.pdf
➤Buku Siswa MA Kelas 12 Akhlak Tasawuf.pdf
➤Buku Guru MA Kelas 12 Tafsir Ilmu Tafsir.pdf
➤Buku Guru MA Kelas 12 SKI.pdf
➤Buku Guru MA Kelas 12 Akidah Akhlak.pdf
➤Buku Guru MA Kelas 12 Akhlak Tasawuf.pdf
Kami berharap kepada banyak sekali pihak untuk memperlihatkan saran, masukan dan kritik konstruktif untuk perbaikan dan penyempurnaan di masa-masa yang akan datang. Atas perhatian, kepedulian, kontribusi, santunan dan akal baik dari semua pihak yang terlibat dalam penyusunan dan penerbitan buku-buku ini, kami mengucapkan terima kasih. Jazakumullah Khairan Kasiran.
Demikian ulasan singkat materi Buku Guru dan Siswa PAI Bahasa Arab K13 MA Kelas XII Gratis dengan cita-cita untuk menambah pengayaan bahan penjelas dan sanggup dipergunakan pula sebagai pengayaan referensi. Mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam menjelaskan di setiap bahan di blog ini. Sudilah kiranya kritik, saran serta masukan senantiasa kami tunggu untuk meningkatkan kualitas blog kami di masa yang akan datang.
Sumber http://fileledukasi.blogspot.com
EmoticonEmoticon