Friday, July 21, 2017

√ Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan

Wadahguru.com Pendidikan kesetaraan ialah kegiatan pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan umum kegiatan paket A setara SD/MI, paket B setara SMP/MTs, dan Paket C setara SMA/MA. Untuk memastikan kualitas lulusan pendidikan kesetaraan ialah setara dengan pendidikan formal, maka pengembangan kurikulum pendidikan kesetaraan dilakukan dengan mengacu dan melalui kontekstualisasi kompetensi inti dan kompetensi dasar dari kurikulum pendidikan formal serta diubahsuaikan dengan masalah, tantangan, kebutuhan dan karakteristik pendidikan kesetaraan. Kontekstualisasi yang dilakukan meliputi konseptualisasi, rincian materi, kejelasan ruang lingkup, deskripsi kata kerja operasional dan rumusan kalimat sehingga gampang diajarkan/dikelola oleh pendidik (teachable); gampang dipelajari oleh akseptor didik (learnable); terukur pencapaiannya (measurable assessable), dan bermakna dan relevan untuk dipelajari (worth to learn) akseptor didik.


Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan


com Pendidikan kesetaraan ialah kegiatan pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendid √ Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan
Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan1 wadahguru.com

Kurikulum pendidikan kesetaraan dikembangkan dengan mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 24 tahun 2016 wacana kompetensi inti dan kompetensi dasar pendidikan dasar dan menengah. Kompetensi inti dan kompetensi dasar tersebut diubahsuaikan dengan konteks pendidikan kesetaraan dan fungsionalisasi dalam kehidupan sehari hari. Kontekstualisasi dan fungsionalisasi ini tidak mengurangi derajat kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Kurikulum pendidikan kesetaraan yang terdiri dari; Kurikulum Pendidikan Kesetaraan Paket A, Kurikulum Pendidikan Kesetaraan Paket B dan Kurikulum Pendidikan Kesetaraan Paket C, dikembangkan bersama Ditjen PAUD dan Dikmas, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemdikbud bersama para akademisi dan praktisi pendidikan kesetaraan. Orientasi pengembangan olahkarya untuk mencapai keterampilan fungsional yang menjadi kekhasan kegiatan program pendidikan kesetaraan yaitu berupa:



  1. Kesetaraan Paket A: Memiliki keterampilan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

  2. Kesetaraan Paket B: Memiliki keterampilan untuk memenuhi tuntutan dunia kerja.

  3. Kesetaraan Paket C: Memiliki keterampilan berwirausaha.


Struktur kurikulum pendidikan kesetaraan terdiri mata pelajaran kelompok umum dan kelompok khusus.



  1. Kelompok umum memuat mata pelajaran yang disusun mengacu pada standar pendidikan formal sesuai Peraturan Mendikbud No. 21 tahun 2016 wacana Standar Isi serta kontennya dikembangkan oleh sentra danmerupakan mata pelajaran yang wajib diberikan untuk semua akseptor didik

  2. Kelompok khusus: berisi kegiatan pengembangan kecakapan hidup yang meliputi keterampilan okupasional, fungsional, vokasional, perilaku dan kepribadian profesional, dan jiwa wirausaha berdikari yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik pendidikan kesetaraan yaitu:



  • Pemberdayaan memuat kompetensi untuk menumbuhkan keberdayaan, harga diri, percaya diri, sehingga akseptor didik bisa berdikari dan berkreasi dalam kehidupan bermasyarakat. Materi-materi untuk mencapai kompetensi sanggup meliputi: Pengembangan diri, pengembangan kapasitas untuk mendukung keterampilan yang dipilih akseptor didik.

  • Keterampilan diberikan dengan memperhatikan variasi potensi sumber daya tempat yang ada, kebutuhan akseptor didik dan peluang kesempatan kerja yang tersedia, sehingga akseptor didik bisa melaksanakan aktualisasi kemandirian, otonomi, kebebasan dan kreativitas dalam berkarya untuk mengisi ruang publik secara produktif. Keterampilan terdiri atas: Seni dan budaya untuk membentuk abjad akseptor didik menjadi insan yang mempunyai rasa seni dan pemahaman budaya. Pendidikan Olahraga dan Rekreasi untuk membentuk abjad akseptor didik semoga sehat jasmani dan rohani, dan menumbuhkan rasa sportivitas.

  • Prakarya untuk membentuk akseptor didik menjadi insan yang mempunyai kecakapan okupasional dan vokasional Muatan keterampilan tersebut merupakan muatan wajib, akan tetapi untuk pendalaman atau spesialisasi akseptor didik sanggup menentukan salah satu keterampilan keahlian sesuai potensi, kebutuhan, kearifan lokal dan karakteristik akseptor didik.

  • Strategi dan pendekatan pembelajaran sanggup dirancang secara tematikterpadu atau memakai pendekatan berbasis mata pelajaran sesuai dengan karakteristk dan kebutuhan pendidikan kesetaraan dan akseptor didik.


Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan Download dibawah ini



Prinsip dan taktik dalam pengembangan kurikulum pendidikan kesetaraan ini ialah memastikan kompetensi dasar pendidikan kesetaraan setara atau equivalen dengan kompetensi dasar pendidikan formal; menyebabkan rumusan atau deskripsi kompetensi lebih operasional; dan memperlihatkan tekanan khusus rumusan kompetensi semoga bisa dicapai sesuai kebutuhan yang diharapkan, sehingga sanggup menyebabkan pendidikan kesetaraan bisa berperan sebagai pendidikan alternatif untuk memecahkan problem sekaligus futuristik dalam peningkatan kualitas dan pengembangan pendidikan. Prinsip dan taktik dalam pengembangan kurikulum pendidikan kesetaraan ini ialah memastikan kompetensi dasar pendidikan kesetaraan setara atau equivalen dengan kompetensi dasar pendidikan formal; menyebabkan rumusan atau deskripsi kompetensi lebih operasional; dan memperlihatkan tekanan khusus rumusan kompetensi semoga bisa dicapai sesuai kebutuhan yang diharapkan, sehingga sanggup menyebabkan pendidikan kesetaraan bisa berperan sebagai pendidikan alternatif untuk memecahkan problem sekaligus futuristik dalam peningkatan kualitas dan pengembangan pendidikan. Kontekstualisasi yang dilakukan meliputi konseptualisasi, rincian materi, kejelasan ruang lingkup, deskripsi kata kerja operasional dan rumusan kalimat sehingga gampang diajarkan/dikelola oleh pendidik (teachable); gampang dipelajari oleh akseptor didik (learnable); terukur pencapaiannya (measurable assessable), dan bermakna dan relevan untuk dipelajari (worth to learn) akseptor didik.


Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan yang sering dicari !




Sumber acikandzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)