wadahguru.com Penilaian merupakan proses pengumpulan dan pengolahan warta untuk mengukur pencapaian hasil mencar ilmu penerima didik. Tujuan penilaian ialah (1) Memberikan umpan balik mengenai kemajuan mencar ilmu penerima didik dalam kaitannya dengan kompetensi-kompetensinya selama proses belajar-mengajar, dan (2) Memberikan warta kepada para guru dan orang renta mengenai capaian kompetensi penerima didik. Pembelajaran tematik terpadu merupakan pembelajaran lintas disiplin yang menghubungkan aneka macam gagasan, konsep, keterampilan, sikap, dan nilai, baik antar mata pelajaran maupun dalam satu mata pelajaran. Karakteristik pembelajaran menyerupai itu menuntut penilaian yang holistic dan menyeluruh. Guru harus yakin bahwa semua penerima didik memperoleh kesempatan untuk mengatakan hasil melalui Proses pembelajaran tematik yang meliputi semua aspek pembelajaran baik sikap, pengetahuan dan keterampilan. Oleh alasannya itu, penilaian yang sesuai ialah penilaian otentik yang dilakukan dengan memakai aneka macam cara dan guru harus mencari warta dari aneka macam sumber.
Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 9 Subtema 1,2,3 Kurikulum 2013

Untuk penilaian pembelajaran tematik landasan dalam pembelajaran terpadu, ialah utuh dan menyeluruh, berkesinambungan, dan objektif. Disamping itu penilaian harus berbasis unjukkerja murid (proses dan produk) , melibatkan siswa, memuat refleksi diri murid, memakai penilaian non konvensional (penelitian alternative), memberi umpan balik kepada guru dan murid, memperhatikan imbas pengiring pembelajaran (misalnya pendidikan karakter), dan sistematis. Penilaian berbasis kinerja menuntut murid berpartisipasi aktif, pembelajarannya memuat sejumlah tugas, dan murid berusaha untuk sanggup mencapat tujuan pembelajaran. Dengan perkataan lain murid harus sanggup mendemontrasikan kemampuannya sesuai dengan sasaran pembelajaran. Penilaian berbasis kinerja ialah suatu mekanisme penugasan kepada murid untuk mengumpulkan warta sejauhmana murid telah belajar.
Tujuan penilaian ialah untuk menilai pencapaian kompetensi penerima didik, Memperbaiki proses pembelajaran, Sebagai materi penyusunan laporan kemajuan mencar ilmu siswa, Mengetahui kemajuan dan hasil mencar ilmu siswa, Mendiagnosis kesulitan belajar, Memberikan umpan balik/perbaikan proses mencar ilmu mengajar, Penentuan kenaikan kelas, Memotivasi mencar ilmu siswa dengan cara mengenal dan memahami diri dan merangsang untuk melaksanakan perjuangan perbaikan. Fungsi Penilaian Hasil Belajar Menjadikan Bahan pertimbangan dalam memilih kenaikan kelas, Umpan balik dalam perbaikan proses mencar ilmu mengajar, Meningkatkan motivasi mencar ilmu siswa dan Evaluasi diri terhadap kinerja siswa.
Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 9 Subtema 1,2,3 Kurikulum 2013
BACA JUGA !
- Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 1 Subtema 1,2,3 Kurikulum 2013
- Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 2 Subtema 1,2,3 Kurikulum 2013
- Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 3 Subtema 1,2,3 Kurikulum 2013
- Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 4 Subtema 1,2,3 Kurikulum 2013
- Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 5 Subtema 1,2,3 Kurikulum 2013
- Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 6 Subtema 1,2,3 Kurikulum 2013
- Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 7 Subtema 1,2,3 Kurikulum 2013
- Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 8 Subtema 1,2,3 Kurikulum 2013
- Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 9 Subtema 1,2,3 Kurikulum 2013
Soal Ulangan harian ialah salah satu jenis penilaian yang dilakukan oleh pendidik kepada penerima didik dalam periode tertentu guna mengukur ketercapaian suatu Kompetensi Dasar (KD). Ulangan harian sanggup berupa tes maupun non tes. Penilaian dalam K-13 jenjang SD (SD) terdiri dari penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS) dan penilaian selesai semester/Tahun(PAS/PAT). Soal ulangan harian (UH) kelas 5 yang memakai kurikulum 2013 dikala ini memakai pendekatan tematik. Pembelajaran dengan pendekatan tematik ini memadukan beberapa muatan pelajaran, diantaranya mata pelajaran IPA, IPS, Bahasa Indonesia, PKn dan SBdP. Pembelajaran tematik kurikulum 2013 (K13) ini dijabarkan dalam 1 tema menjadi 3 subtema. Pada tiap subtema dilakukan melalui 6 pembelajaran, dan setiap selesai subtema dilakukan penilaian harian (Ulangan harian).
Setiap soal ulangan harian terdiri dari beberapa kompetensi dasar muatan mata pelajaran. Muatan materi bimbing itu ialah PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Seni Budaya dan Prakarya. Tergantung dari muatan mata pelajaran yang muncul di setiap temanya. Dikurikulum 2013 revisi 207 dan revisi 2018, Matematika dan PJOK terpisah dari pembelajaran tematik atau bangkit sendiri. Nilai ulangan harian ialah salah satu komponen penilaian selesai pada rapor hasil mencar ilmu penerima didik.
Download Soal Ulangan Harian (UH) Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 UNDUH DISINI
Download Soal Ulangan Harian (UH) Kelas 5 Tema 9 Subtema 2 UNDUH DISINI
Download Soal Ulangan Harian (UH) Kelas 5 Tema 9 Subtema 3 UNDUH DISINI
Semoga artikel soal-soal Ulangan Harian (UH) bermanfaat jikalau berkenan sanggup dishare ke rekan-rekan.
Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 9 Subtema 1,2,3 Kurikulum 2013 yang sering dicari :
- Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 9 Subtema 123 Kurikulum 2013
- Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Kurikulum 2013
- Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 9 Subtema 2 Kurikulum 2013
- Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 9 Subtema 3 Kurikulum 2013
- Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 9 Kurikulum 2013
Sumber acikandzirah.blogspot.com
EmoticonEmoticon