Sunday, September 10, 2017

√ Kunci Balasan Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14


 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  √ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber berguru di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Dalam Pembelajaran 1 Subtema 1 Tema Selamatkan Makhluk Hidup terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan tanggapan yang sempurna berikut ini kami bagikan alternatif kunci tanggapan soal yang terdapat pada halaman 2, 4, 6, 14.

Baca Juga :

Tema 1 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 1

Perhatikan aneka macam tumbuhan di sekitarmu.

Apa manfaat tumbuhan bagi kehidupan?

Yuk, kita cari tahu.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 2

Ayo Berdiskusi

Amatilah gambar berikut.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  √ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Buatlah dua pertanyaan mengenai tumbuhan sebagai sumber kehidupan.

Mintalah temanmu untuk menjawabnya kemudian diskusikanlah.

Pertanyaan : 1

Jelaskan apa yang akan terjadi kalau tidak ada tumbuhan?

Jawaban :

Beberapa hal yang akan terjadi kalau tidak ada tumbuhan ialah insan dan binatang tidak mempunyai sumber masakan dan bumi akan gersang sehingga kehidupan akan berakhir.


Pertanyaan 2 :

Apa manfaat tumbuhan bagi hewan?

Jawaban :

Manfaat tumbuhan bagi hewan, yaitu sebagai sumber energi bagi hewan.

Ternyata, tumbuhan dimanfaatkan oleh insan dan binatang sebagai materi makanan.

Jadi, tumbuhan merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup.

Ayo Membaca

Setelah mengetahui manfaat tumbuhan bagi kehidupan, Edo ingin berguru lebih jauh mengenai perkembangbiakan tumbuhan. Cermati kisah Edo berikut ini.

Liburan sekolah telah tiba. Edo mengunjungi pamannya di desa. Dia seorang petani jagung. Edo tiba ke rumah pamannya tidak untuk berlibur saja.

Edo juga ingin belajar. Ibu guru memperlihatkan kiprah selama liburan. Ibu guru ingin belum dewasa memperlihatkan laporan wacana satu hal yang menarik dan bermanfaat yang dilihat selama liburan.

Edo ingin mengetahui wacana tumbuhan jagung, terutama wacana perkembangbiakannya.

Berikut ialah laporan pengamatan Edo.

Bagaimana Jagung Berkembang Biak?

Jagung merupakan salah satu tumbuhan yang dijadikan materi masakan pokok di berbagai, negara, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia, penduduk Pulau Madura menyebabkan jagung sebagai masakan pokoknya. Jagung merupakan salah satu tumbuhan penghasil karbohidrat yang sangat diharapkan oleh tubuh.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  √ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Setelah tiga hingga empat hari bakal tumbuhan akan muncul di permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus tumbuh menjadi besar. Tiga hingga tiga setengah bulan, buah jagung sanggup dipanen oleh petani. Buah jagung yang berbentuk menyerupai tongkol pada mulanya berupa sekuntum bunga.

Bunga jagung mempunyai helai-helai rambut halus pada belahan ujungnya. Pada helai rambut tersebut terdapat tepung sari. Tepung sari akan terbang terbawa angin ketika angin bertiup. Tepung sari yang terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di belahan bawah bunga pada pohon jagung yang lain. Ketika itulah terjadi pembuahan.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  √ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Setelah terjadi pembuahan, bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung. Perkembangan itulah yang sanggup diamati dari waktu ke waktu. Buah jagung akan siap dipanen ketika rambut jagung sudah berwarna kecokelatan dan belahan tongkolnya sudah mengering. Apabila buah jagung tersebut dikupas akan memperlihatkan biji jagung yang kekuningan. Bagian yang dimakan oleh insan ialah biji jagung.

Supaya jagung selalu tersedia sebagai materi masakan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen. Biji jagung yang renta sanggup ditanam kembali. Dari sinilah akan dimulai lagi perkembangbiakan jagung.

Edo bahagia sekali. Ia menikmati tinggal di lingkungan yang berbeda. Edo juga bahagia memperoleh pengetahuan gres wacana tumbuhan jagung yang merupakan salah satu masakan kesukaannya.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 4

Tulislah pandangan gres pokok dan gosip penting dari teks berjudul ‘Bagaimana Jagung Berkembang Biak?’ dengan mengisi diagram berikut.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  √ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Alternatif Jawaban :

Paragraf 1 : Jagung merupakan salah satu tumbuhan yang dijadikan materi masakan pokok di berbagai, negara, salah satunya di Indonesia.

Paragraf 2 : Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung

Paragraf 3 : Pembuahan pada jagung terjadi ketika serbuk sari jatuh di kepla putik.

Paragraf 4 : Setelah terjadi pembuahan, bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung.

Paragraf 5 : Supaya jagung selalu tersedia sebagai materi masakan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen.

Ayo Mengamati

Salah satu teladan tumbuhan yang berkembang biak dengan bunga ialah tumbuhan jagung. Tepung sari pada bunga jagung akan terbang terbawa angin ketika angin bertiup. Tepung sari yang terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di belahan bawah bunga pada pohon jagung yang lain. Ketika itulah terjadi pembuahan.

Perkembangbiakan ini dinamakan perkembangbiakan generatif. Tahukah kau bagaimana proses perkembangbiakan generatif?

Amatilah gambar bagian–bagian bunga berikut ini.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  √ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

1. Perkembangbiakan generatif (secara kawin) terjadi melalui proses penyerbukan dan pembuahan.

2. Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik.

3. Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ke ruang bakal biji. Kemudian serbuk sari akan masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari.

4. Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitu peleburan serbuk sari (sel kelamin jantan atau spermatozoid) dengan kepala putik (sel kelamin betina atau sel telur).

5. Hasil dari pembuahan ialah zigot.

6. Zigot menjelma lembaga, forum menjelma bakal biji, bakal biji menjelma biji dan bakal buah, kemudian bakal buah menjelma daging buah.

7. Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru.

8. Tumbuhan yang berkembang biak secara generatif antara lain: padi, mangga, durian, dan jambu.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 6

Ayo Berdiskusi

Amatilah lingkungan di sekitarmu. Temukan satu jenis tumbuhan yang sedang berbunga. Gambarkan bagian-bagian bunga dan tuliskan cara penyerbukannya pada kolom berikut ini.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  √ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Sampaikan akibatnya kepada sahabat kelompokmu. Adakah perbedaan dengan hasil temanmu?

Apakah perbedaannya? Diskusikan perbedaan tersebut dengan temanmu! Menurutmu, apa manfaat perkembangbiakan generatif?

Carilah informasinya dan tuliskan pada tempat yang disediakan.

Manfaat perkembang biakkan generatif adalah sanggup melaksanakan pengembangan varietas tumbuhan gres dengan penyilangan, menghasilkan bibit yang mempunyai akar dan batang kuat, melestarikan keanekaragaman hayati, menghasilkan tumbuhan yang lebih tahan hama.

Coba bayangkan seandainya tumbuhan tidak berkembang biak. Apa yang akan terjadi?

Ayo Berlatih

Bunga yang indah bukan hanya tumbuh di Indonesia. Negara-negara lain menyerupai negara tetangga pun mempunyai bunga yang cantik. Karena kondisi geografis yang hampir sama, bunga yang tumbuh tidak jauh berbeda jenisnya. Perhatikan jenis-jenis bunga yang tumbuh di negara-negara tetangga.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  √ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Bunga kembang sepatu tumbuh di Indonesia dan Malaysia. Bunga ini sanggup digunakan sebagai pewarna. Di Malaysia, bunga kembang sepatu dinamakan Bunga Raya dan merupakan bunga nasional.

Perhatikan bunga kamboja pada gambar disamping. Bunga ini sering digunakan dalam perlengkapan tari di Bali. Dor Champa atau bunga kamboja sanggup ditemukan di Indonesia dan Laos. Di negara tersebut bunga ini digunakan untuk dekorasi upacara keagamaan dan penyambutan tamu.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  √ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Malaysia, Laos, dan Indonesia hidup berdampingan. Meskipun berbeda negara, namun ketiganya mempunyai persamaan dalam kehidupan sosial dan budaya. Masih banyak negara lainnya yang mempunyai kesamaan. Oleh alasannya itu, mereka menggabungkan diri dalam suatu organisasi yang berjulukan ASEAN, yaitu persatuan negara-negara se-Asia Tenggara. Berikut ialah ke-10 negara ASEAN.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  √ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Untuk menambah wawasanmu wacana negara-negara ASEAN, bacalah gosip berikut dengan saksama.

ASEAN Menjawab Kebutuhan Hidup Bertetangga

Kamu niscaya pernah mencicipi nyamannya hidup bertetangga. Hal ini terasa ketika semua keluarga saling mendukung, saling membantu, dan bekerja sama. Kenyamanan dalam bertetangga perlu diwujudkan lantaran tiap keluarga mempunyai kepentingan yang sama.

Hal itu juga yang mendasari terbentuknya ASEAN. ASEAN ialah sebuah organisasi internasional yang beranggotakan negara-negara di daerah Asia Tenggara. Negara-negara ini bersatu lantaran adanya persamaan letak geografis dan kemiripan budaya. Kepentingan yang sama dalam memajukan pertumbuhan ekonomi, sosial budaya, serta menjaga keamanan daerah menjadi dasar pertimbangan para tokoh-tokoh dunia pendiri ASEAN. Pada tahun 1967 ASEAN berdiri atas dasar Deklarasi Bangkok. Saat itu, tokoh-tokoh dari lima negara yang terlibat dalam diskusi menjadi penggagas dan pendiri organisasi ini.

Lima negara yang menjadi anggota pertama ASEAN di tahun 1967 ialah Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina. Para utusan dari kelima negara tersebut, yang sekaligus merupakan tokoh-tokoh pendiri ASEAN, ialah Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), Thanat Khoman (Thailand), S. Rajaratnam (Singapura), dan Narciso Ramos (Filipina).

ASEAN harus sanggup memperlihatkan manfaat bagi semua anggotanya. Untuk itu, aneka macam kolaborasi dikembangkan untuk memajukan kesejahteraan semua anggotanya. Kerja sama di bidang ekonomi, sosial, budaya, serta politik dikembangkan demi kemajuan semua anggota. Manfaat yang dirasakan oleh anggota-anggota ASEAN, menciptakan semakin banyak negara yang kemudian bergabung dengan organisasi ini. Saat ini ada sepuluh negara yang menjadi anggota ASEAN. Berdasarkan urutan waktu bergabungnya, negara anggota ASEAN tersebut adalah:

1. lima negara pendiri, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, yang bergabung pada tanggal 8 Agustus 1967

2. Brunei Darussalam, bergabung pada tanggal 7 Januari 1984

3. Vietnam, bergabung pada tanggal 28 Juli 1995

4. Laos dan Myanmar, bergabung pada tanggal 23 Juli 1997

5. Kamboja, bergabung pada tanggal 30 April 1999

Masyarakat negara-negara ASEAN mempunyai kehidupan sosial budaya yang unik. Kamu sanggup mempelajarinya dengan membaca teks berikut.

Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat ASEAN

A. Brunei Darussalam

Kampung Ayer ialah des a terapung di Brunei Darussalam. Tahun 1400 Kampung Ayer sempat menjadi sentra pemerintahan. Saat ini banyak penduduknya yang mempunyai bahtera pribadi dan disimpan di bawah rumah apung mereka.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  √ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Budaya Brunei banyak dipengaruhi oleh fatwa Islam. Mayoritas penduduknya ialah orang Melayu. Kata “Brunei” berasal dari kata “Nah Baru” yang diucapkan oleh Awang Alak Betatar, penemu negara ini. Kata “Daruss alam” berar ti “Tempat yang Damai” atau “Rumah

Keamanan”. Dalam percakapan, menunjuk dengan jari telunjuk dianggap kasar. Secara tradisional, orang Brunei tidak berjabat tangan dengan lawan jenis. Melepaskan sepatu ialah kebiasaan umum orang Brunei sebelum memasuki rumah orang lain.

B. Malaysia

Patung Dewa Murungga di Malaysia merupakan patung berukuran 42.7 meter. Patung ini terletak di Batu Caves, gua yang merupakan salah satu kuil Hindu di luar India yang paling populer, yang didedikasikan untuk Dewa Murungga.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  √ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Malaysia mempunyai kota yang berjulukan George Town, yaitu kota yang terdaftar dalam UNESCO World Heritage. Kota ini terletak di Pulau Penang. George Town ialah kota yang mempunyai ragam jenis budaya. Banyak gedung peninggalan masa

Eropa dan bangunan bernuansa Melayu Tionghoa. Tiga kaum utama di Malaysia ialah Melayu, Cina, dan India. Musik tradisionalnya banyak dipengaruhi oleh budaya Cina, Islam, India, dan Indonesia. Makanan khasnya ialah nasi lemak.

C. Filipina

Budaya Filipina merupakan hasil perpaduan antara budaya barat dan timur. Kehidupan budayanya dipengaruhi oleh budaya Melayu, Cina, dan Spanyol.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  √ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Bahasa Filipina ialah bahasa Nasional dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk urusan perdagangan atau pergaulan. Ada delapan dialek utama yang digunakan oleh masyarakat Filipina, yaitu Tagalog, Cebuano, Ilocano, Hiligaynon atau Ilonggo, Bicol, Waray, Pampango, dan Pangasinense.

‘Po’ dan ‘opo’ ialah sebutan orang Filipina terhadap orang yang lebih tua. Mereka memanggilnya dengan memakai kata-kata menyerupai “Kuya”, “Ate”, “Manong” atau “Manang” yang memperlihatkan rasa penghormatan. Jabat tangan ialah bentuk salam yang paling sering dijumpai di Filipina.

Tarian Tinikling merupakan tarian masyarakat Filipina. Tarian ini menceritakan wacana burung Tinikling yang berjalan melompat menghindari perangkap bambu petani padi.

D. Kamboja

Banyak candi di Kamboja terbuat dari batu. Dewa-dewa dari agama Hindu dan Buddha terukir pada tembok.

Tari Apsara lahir pada 2.000 tahun lalu. Relief tarian banyak ditemukan di bangunan-bangunan keagamaan di Kamboja.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  √ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Orang Khmer mengenakan syal kotak-kotak yang disebut Krama. Pria dan perempuan Khmer mengenakan bandul Buddha pada kalungnya. Tujuannya ialah untuk menjaga dari roh jahat dan membawa keberuntungan. Makanan terkenal Kamboja ialah chha yang berarti tumisan.

E. Myanmar

Myanmar disebut sebagai negara seribu Pagoda. Hal ini disebabkan lantaran sangat gampang menemukan kuil-kuil suci Buddha. Mayoritas penduduk Myanmar ialah keturunan Tibet. Bahasa yang digunakan ialah bahasa Birma.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  √ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Pakaian tradisional Myanmar yang disebut Longyi menyerupai sarung Indonesia, namun kain ini membelit belahan tubuh mereka mulai dari perut hingga betis. Longyi yang berbahan kain katun bukan saja dikenakan laki-laki dewasa, namun juga belum dewasa dan wanita.

F. Vietnam

Permainan ‘Menangkap Jangkrik dengan Mata Tertutup ’adalah permainan tradisional anak Vietnam. Anak yang berada di tengah bundar matanya ditutup kain. Menangkap s alah s atu sahabat dan menebak namanya.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  √ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Vietnam terkenal dengan baju khasnya yang disebut Ao Dai. Topi caping pun banyak ditemui di sana. Orang Vietnam gemar duduk di dingklik, yaitu kursi yang sangat pendek. Bukan hanya untuk makan, bahkan untuk mengobrol pun mereka bahagia duduk di atas dingklik. Mayoritas orang Vietnam mempunyai nama keluarga Nguyen. Hal ini disebabkan lantaran Dinasti Nguyen berkuasa mulai 1803-1945 dan merupakan dinasti terakhir di Vietnam.

G. Laos

Nama Laos ber korelasi dengan penemunya, yaitu Ai Lao. Orang Laos terkenal kesabaran dan kesederhanaannya. Hal ini terkait dengan fatwa agama Buddha yang banyak dianut masyarakatnya. Olahraga tradisional di Laos ialah Kataw, menyerupai olahraga bola voli, namun memakai kaki untuk menangkap dan memukul bola. Bola terbuat dari anyaman bambu.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  √ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Tahun gres Laos disebut Bun Pi Mai. Semua penduduk membersihkan rumah, mengenakan pakaian baru, dan mencuci patung-patung Buddha.

Makanan utama bangsa Laos ialah nasi atau beras ketan yang dimakan dengan tangan langsung. Orang Laos menyebut dirinya ”luk khao niaow”, yang artinya “anak turun nasi ketan”.

Upacara sakral pertolongan sedekah, atau dikenal dengan Sai Bat merupakan upacara di Laos. Para biksu membawa bakul kecil mengitari sebagian kecil kota untuk mendapatkan sedekah dari penduduk setempat yang lebih banyak didominasi beragama Buddha.

H. Singapura

Singapura mempunyai lambang negara, yaitu Merlion. Merlion ialah patung berkepala singa dan berbadan ikan. Menurut mitos, Singapura dahulunya ialah kampung ikan. Kampung ini berjulukan Temasek yang beras al dar i bahas a Jawa yang ar tinya lautan. Singapura berasal dari kata Sanseker ta yang berar ti kota Singa.

Penduduk Singapura berasal dari Cina, Melayu, India, dan Eropa. ‘Kaum Baba’ ialah sebutan bagi keturunan Cina-Melayu. Singapura mempunyai empat bahasa resmi, yaitu Melayu, Mandarin, Inggris, dan Tamil.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  √ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Masyarakat Singapura mempunyai budaya jalan kaki. Sekitar 80 persen masyarakatnya menentukan untuk berjalan kaki ke mana-mana. Hal ini disebabkan harga kendaraan, yaitu kendaraan beroda empat dan materi bakar sangat mahal.

Kepiting cabe ialah masakan yang sangat digemari masyarakat Singapura.

I. Thailand

Thailand ialah satu-satunya negara di ASEAN yang tidak pernah dijajah bangsa Eropa.

Thailand dalam bahasa Thai ialah Prathet Thai, yang artinya “Tanah Kebebasan”. Sejak tahun 1800-an, Thailand berubah nama, antara lain Siam (dari bahasa Sansekerta yang artinya gelap atau cokelat) dan Thailand.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  √ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Ramakien ialah kisah nasional Thailand yang memengaruhi kehidupan masyarakatnya. Di Thailand, Kepala ialah belahan tubuh yang paling dihormati.

Tidak ada orang yang akan berani menyentuh kepala, bahkan kepala anak-anak. Sebaliknya, belahan kaki dianggap belahan yang paling hina lantaran digunakan sebagai alat untuk menapak di tanah. Oleh alasannya itu, kaki dilarang dihadapkan ke patung suci atau orang lain.

Indonesia dan Thailand mempunyai tradisi minum teh. Di beberapa daerah di Indonesia, kebiasaan minum teh dilakukan secara turun temurun. Salah satunya ialah teh yang diseduh di poci. Oleh alasannya itu, teh tersebut dinamakan dengan teh poci.

Di Thailand, teh disajikan dengan susu dan rempah-rempah. Teh tersebut dinamakan Thai Ice Tea dan disajikan dingin.

Bagaimana dengan kehidupan dan budaya Indonesia?

Diskusikanlah budaya dan kehidupan sosial masyarakat Indonesia dengan temanmu. Kamu sanggup menemukan embel-embel gosip melalui gurumu atau buku bacaan di perpustakaan.

Kondisi Geografis Asia Tenggara

Letak geografis Asia Tenggara berada di antara tiga perairan, yaitu:

Samudra Hindia dan Teluk Benggala di belahan barat;

Laut Cina Selatan di utara; dan

Samudra Pasifik di timur.

Wilayah Asia Tenggara dibagi menjadi dua dataran yaitu:

1. Daratan Berbentuk Semenanjung

Wilayah yang berbentuk semenanjung ialah Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, dan wilayah Malaysia belahan barat.

2. Daratan Berbentuk Gugusan Kepulauan

Wilayah yang berbentuk deretan kepulauan ialah Filipina, Indonesia, wilayah Malaysia belahan timur, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 14

Ayo Menulis

Kamu sudah berguru keunikan negara-negara ASEAN mulai dari kondisi geografis, bunga, hingga kebudayaannya.

Pilihlah dua negara ASEAN. Carilah perbedaan dan persamaan karakteristik dari kedua negara tersebut mulai dari tumbuhan yang hidup, khususnya bunga yang menjadi ciri khas negara dan kondisi sosial budaya mereka. Kamu sanggup menyebutkan nama bunga, nama sebutan (apabila ada), pemanfaat, dan tempat tumbuhnya.

Tulislah pemikiranmu wacana karakteristik negara pada diagram Venn yang telah disiapkan.

Perhatikan caranya berikut ini.

1. Tentukan dua negara yang akan kau cari informasinya lebih dalam lagi. Tulislah di kotak yang tersedia.

2. Tulis masing-masing karakteristiknya di bundar sesuai dengan negaranya.

3. Di tengah lingkaran, kau sanggup menuliskan persamaan karakteristik yang dimiliki oleh kedua negara.

 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  √ Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14

Terima kasih sudah membaca artikel ini, biar kunci tanggapan tematik kelas 6 tema 1 subtema 1 pembelajaran 1 ini sanggup memperlihatkan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14 dengan alamat link aciknadzirah.blogspot.com/search?q=jawaban-buku-tema-1-kelas-5.


Sumber http://www.sanjayaops.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)