Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Halaman 24, 28, 29, 30, 32 - Pembelajaran Kelas 5 Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), PPKn dan Bahasa Indonesia.
Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru di kelas 5 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017.
Dalam pembelajaran 3 subtema 1 tema Udara Bersih Bagi Kesehatan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan balasan yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci balasan soal yang terdapat pada Halaman 24, 28, 29, 30, 32.
Baca Juga :
- Lengkap - Kunci Jawaban Tematik Tema 1 Kelas 5 K13 Revisi Terbaru
- Lengkap - Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 5 K13 Revisi Terbaru
- Lengkap - Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 5 K13 Revisi Terbaru
Tema 2 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 3
Semua makhluk hidup memerlukan oksigen untuk bernapas. Oksigen tersedia melimpah bila lingkungan kita higienis dan banyak tumbuhan hijau. Menciptakan lingkungan higienis dan banyak tumbuhan hijau menjadi tanggung jawab kita.Ayo Membaca
Hari Menanam Pohon
Indonesia dikatakan sebagai paru-paru dunia. Sebutan itu disematkan lantaran di Indonesia terdapat hutan yang sangat luas. Daun-daun di hutan mengeluarkan oksigen berlimpah. Oksigen merupakan unsur penting bagi kehidupan.Namun, sayangnya, hutan kita semakin berkurang akhir kebakaran atau penebangan pohon di hutan secara liar. Oleh lantaran itu, pemerintah bersama rakyat berusaha mengurangi kerusakan hutan. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu menanam kembali pohon di lingkungan.
Tanggal 28 November diperingati sebagai Hari Menanam Pohon. Peringatan hari Menanam Pohon pada tahun 2015 diawali semenjak tanggal 26 November. Presiden melaksanakan penanaman pohon di Taman Hutan Rakyat Sultan Adam, Kalimantan Selatan. Ada 10.000 pohon ditanam di hutan itu. Pohon yang ditanam pun bermacam-macam, termasuk pohon-pohon yang buahnya sanggup dimakan.
Kita sanggup berperan serta untuk mengembalikan paru-paru dunia. Menanam pohon tidak hanya sanggup dilakukan di hutan. Kita sanggup menanam pohon di lingkungan sekitar kita. Semakin banyak pohon di lingkungan kita, semakin banyak pasokan oksigen bagi kehidupan.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 24
Ayo Renungkan
Dari bacaan “Hari Menanam Pohon” di atas, lengkapilah peta pikiran berikut.Alternatif Jawaban :
Kamu telah membaca bacaan “Hari Menanam Pohon”. Menjaga lingkungan sekitar dengan cara menanam pohon merupakan salah satu tanggung jawab kita sebagai warga masyarakat. Semua warga masyarakat memiliki tanggung jawab dalam membuat kenyamanan dan keamanan lingkungan tempat tinggalnya.
Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat
Tanggung jawab merupakan sikap terpuji yang hendaknya dimiliki setiap individu. Sikap tanggung jawab mencerminkan nilai abjad setiap individu.Makara abjad seseorang tecermin dalam sikap tanggung jawabnya, baik terhadap diri sendiri, orang lain, masyarakat, maupun bangsa dan negara.
Apa makna tanggung jawab dan apa saja jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat? Samakah tanggung jawab dengan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat? Orang yang bertanggung jawab sanggup dikatakan sebagai orang yang berkarakter.
1. Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat
Tanggung jawab menempel pada diri setiap insan di mana pun ia berada, termasuk dalam masyarakat.
Bagaimanakah makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat?
Untuk memahami makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat, secara urut perlu kau pahami pengertian tanggung jawab itu sendiri, pengertian masyarakat, dan gres memahami makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat berikut ini.
a. Pengertian Tanggung Jawab
Tanggung jawab merupakan salah satu nilai abjad bangsa yang diharapkan tertanam pada setiap individu, terutama akseptor didik.
Tanggung jawab yaitu sikap dan sikap seseorang untuk melaksana- kan kiprah dan kewajibannya, yang seharusnya beliau lakukan, baik terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat, lingkungan (alam, sosial, dan budaya), negara, maupun Tuhan Yang Maha Esa.
Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, tanggung jawab yaitu keadaan wajib menanggung segala sesuatunya.
Setiap individu memiliki tanggung jawab, lantaran tanggung jawab bersifat kodrati yaitu menjadi kepingan dari kehidupan manusia.
Jadi, setiap individu memiliki tanggung jawab. Tanggung Jawab setiap individu meliputi banyak sekali jenis sebagai berikut.
1) Tanggung Jawab terhadap Diri Sendiri
Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam menyebarkan kepribadian sebagai insan pribadi.
Dengan demikian, bisa memecahkan masalah-masalah kemanusian mengenai dirinya sendiri.
Contohnya: Evi menerima pekerjaan rumah dari Bu Guru untuk dikumpulkan esok hari. Akan tetapi, Evi justru menghabiskan waktu untuk menonton program televisi.
Evi tidak mengerjakan pekerjaan rumah. Esok harinya, Evi ditegur Bu Guru dan Evi menerima sanksi.
Dalam insiden ini Evi harus bertanggung jawab atas dirinya sendiri akhir tidak mengerjakan pekerjaan rumah dari Bu Guru.
2) Tanggung Jawab terhadap Keluarga
Tanggung jawab terhadap keluarga menjadi tanggung jawab seluruh anggota keluarga, baik ayah, ibu, maupun anak.
Dalam sebuah keluarga, tanggung jawab anggota keluarga menyangkut upaya menjaga nama baik keluarga, meningkatkan kesejahteraan keluarga, dan menjaga keselamatan.
Contohnya seorang ayah bekerja keras untuk menafkahi anggota keluarganya dan demi memenuhi kebutuhan pendidikan anaknya.
Ayah tersebut telah melaksanakan tanggung jawabnya sebagai kepala keluarga. Jika kau sebagai seorang anak bersikap disiplin dan sungguh-sungguh dalam berguru berarti kau melaksanakan tanggung jawab terhadap keluarga.
3) Tanggung Jawab terhadap Masyarakat
Tidak ada seorang pun yang bisa hidup sendiri tanpa pemberian orang lain. Hal ini sesuai dengan kedudukan insan sebagai makhluk sosial.
Atas dasar kebutuhan ini, seseorang melaksanakan komunikasi dengan orang lain sehingga terbentuklah masyarakat.
Dalam sebuah masyarakat, setiap anggota memiliki tanggung jawab ikut serta menjaga kelangsungan hidup warga masyarakat.
Oleh lantaran itu, segala tingkah laris dan perbuatan setiap anggota masyarakat hendaknya sanggup dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.
Contohnya Pak Budi warga masyarakat Desa Suka Makmur. Pada hari Minggu Pak Budi berencana pergi berlibur bersama keluarganya ke pantai. Akan tetapi, pada hari Minggu yang sama warga masyarakat Desa Suka Makmur akan mengadakan kerja bakti membersihkan selokan.
Pak Budi sebagai warga masyarakat menetapkan untuk menunda program berliburnya bersama keluarga, lantaran Pak Budi harus ikut bekerja bakti.
Tindakan Pak Budi tersebut mencerminkan sikap tanggung jawab sebagai warga masyarakat.
4) Tanggung Jawab terhadap Bangsa dan Negara
Setiap orang yang tinggal dan menetap dalam sebuah negara akan terikat oleh aturan-aturan aturan dalam sebuah negara.
Oleh lantaran itu, segala pikiran, perbuatan, tindakan, dan tingkah laris insan harus sesuai dengan norma-norma atau aturan-aturan yang berlaku dalam negara setempat.
Individu sebagai warga negara hendaknya sanggup mempertanggungjawabkan segala tindakan dan tingkah laku- nya kepada bangsa dan negara.
Contohnya anggota tim nasional badminton Indonesia berusaha sekuat tenaga untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia.
Mengharumkan nama baik bangsa Indonesia di mata dunia menjadi tanggung jawab setiap warga negara Indonesia.
5) Tanggung Jawab terhadap Tahun
Tuhan membuat insan sebagai makhluk yang paling sempurna, memiliki nalar dan pikiran.
Oleh lantaran itu, Tuhan menurunkan anutan berupa perintah dan larangan bagi makhluk-Nya, khususnya bagi manusia.
Manusia bertanggung jawab untuk beribadah menjalankan perintah Tuhan dan menjauhi larangan-Nya.
Jadi, referensi tanggung jawab insan terhadap Tuhan Yang Maha Esa antara lain beribadah sesuai anutan agama yang dianut.
b. Pengertian Masyarakat
Di atas telah kau pahami perihal bentuk tanggung jawab individu terhadap masyarakat.
Apa yang disebut masyarakat?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, masyarakat yaitu sejumlah insan dalam arti seluas- luasnya dan terikat oleh suatu kebudayaan yang mereka anggap sama.
Jadi, dalam sebuah masyarakat terdapat aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh setiap warga masyarakat.
Pelaksanaan kewajiban mematuhi aturan-aturan dalam masyarakat ini menjadi tanggung jawab setiap warga masyarakat.
c. Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat
Berdasarkan pengertian tanggung jawab dan masyarakat sanggup disimpulkan makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat.
Tanggung jawab sebagai warga masyarakat yaitu kiprah dan kewajiban yang harus dilaksanakan seseorang dalam kedudukannya sebagai warga masyarakat.
Hidup bersama dalam masyarakat berarti hidup dengan orang lain dalam suatu tempat tertentu dan memiliki kepentingan tertentu.
Hidup bersama dalam masyarakat sangat penting lantaran Tuhan membuat insan untuk saling melengkapi, saling membantu, dan saling menyayangi.
Setiap orang tidak bisa hidup tanpa orang lain. Sejak dalam kandungan hingga mati, setiap orang membutuhkan pertolongan orang lain.
Kamu akan senang bila kau bisa menjalin kekerabatan baik dengan orang lain dalam lingkungan masyarakat.
Untuk menjaga kekerabatan baik dalam kehidupan masyarakat, setiap anggota masyarakat hendaknya sadar akan tanggung jawabnya sebagai warga masyarakat.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 28, 29
Ayo Bercerita
Kamu telah membaca bacaan “Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat”. Tuliskan pemahamanmu atas bacaan tersebut, kemudian bacakan di depan teman- temanmu.Salah satu referensi pelaksanaan tangung jawab warga masyarakat yaitu mengikuti pemilihan pimpinan di lingkungannya, contohnya pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala desa.
Setiap warga masyarakat yang memenuhi syarat sanggup ikut menentukan atau dipilih menjadi ketua RT, ketua RW, atau kepala desa.
Apabila di lingkungan tempat tinggalmu terjadi insiden pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala desa, lakukan aktivitas berikut.
1. Tanyakan kepada orang tuamu mengenai waktu dan tempat pelaksanaan pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala desa di tempat tinggalmu.
2. Hadirilah program pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala desa di tempat tinggalmu.
3. Perhatikan dengan saksama pelaksanaan pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala desa di tempat tinggalmu.
4. Catatlah jalannya pelaksanaan program pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala desa di tempat tinggalmu itu.
Alternatif balasan diubahsuaikan dengan keterampilan siswa dalam menuliskan isu yang mereka temukan dalam aktivitas pengamatan.
Dari bacaan “Hari Menanam Pohon” ada kalimat “hutan kita semakin berkurang akhir kebakaran atau penebangan pohon di hutan secara liar”.
Ada kebakaran hutan yang dilakukan secara sengaja oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Mereka aben hutan untuk membuka lahan bagi perjuangan perkebunan mereka.
Penebangan pohon di hutan juga banyak dilakukan oleh orang- orang yang tidak bertanggung jawab.
Mereka menebang pohon-pohon itu untuk dijual kembali. Padahal seharusnya pohon-pohon yang akan dipakai untuk industri harus diambil dari Hutan Tanaman Industri (HTI).
Pemerintah memperlihatkan hak pengelolaan HTI kepada para pengusaha. Para pengusaha itu harus mematuhi aturan yang ditetapkan.
Aturan itu contohnya umur pohon yang boleh ditebang dan penanaman kembali apabila pohon ditebang.
Batang pohon memang memiliki banyak kegunaan. Banyak perajin yang memanfaatkannya sebagai sumber penghasilan.
Mereka membuat beraneka barang kerajinan, kemudian menjualnya dengan harga tinggi. Berikut barang kerajinan dari batang pohon.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 30
Ayo Mengamati
Buatlah kelompok terdiri atas 4–5 anak. Lakukan wawancara kepada orang-orang di sekitarmu.1. Carilah informasi-informasi berikut.
- Jenis perjuangan yang dilakukan.
- Hasil dari jenis perjuangan yang dilakukan.
- Bahan baku yang dibutuhkan untuk melaksanakan jenis perjuangan tersebut.
- Pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan.
- Kesulitan (kendala) yang mungkin dihadapi.
2. Dari informasi-informasi yang akan digali tersebut, buatlah daftar pertanyaan yang akan kalian tanyakan kepada orang yang akan kau wawancarai.
3. Lakukan wawancara dengan baik. Ajukan pertanyaan dengan sopan.
Berterima kasihlah kepada orang yang kalian wawancarai atas waktu dan balasan yang diberikan.
4. Catatlah hasil wawancara kalian, kemudian bacakan di hadapan kelompok-kelompok lain dan bapak/ibu guru.
Alternatif Jawaban di sesuaikan dengan pengetahuan siswa perihal jenis-jenis perjuangan dan aktivitas ekonomi, keterampilan siswa dalam menyajikan hasil wawancara dalam bentuk laporan tertulis, kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas.
Ayo Berkarya
Dari hasil wawancara kalian, pilihlah salah satu jenis perjuangan di lingkungan sekitarmu.Kemudian, bersama kelompokmu, cobalah membuat satu hasil dari jenis perjuangan tersebut.
Pilih hasil jenis perjuangan yang gampang untuk kalian buat.
Catatlah materi yang dibutuhkan, langkah-langkah pembuatan, dan kesulitan yang kalian hadapi ketika melaksanakan pembuatan karya kalian.
Buatlah bahu-membahu di rumah salah satu anggota kelompokmu dengan meminta izin kepada orang tuanya.
Selain jenis-jenis perjuangan menyerupai yang ada di lingkungan sekitarmu, masih ada jenis perjuangan lain.
Jenis perjuangan apakah itu? Bacalah bacaan berikut untuk mengetahui banyak sekali jenis usaha.
Jenis-Jenis Usaha Ekonomi Masyarakat
Kondisi geografis Indonesia beragam. Ada wilayah daratan dan ada pula wilayah perairan.Kondisi geografis yang bermacam-macam menjadikan bermacam-macam pula jenis aktivitas ekonomi masyarakat.
Keragaman ini diubahsuaikan dengan kondisi alam atau geografi suatu wilayah. Kegiatan ekonomi tersebut bertujuan memenuhi kebutuhan hidup masyarakat.
Agar tercipta kehidupan yang nyaman, setiap penduduk perlu menghargai jenis aktivitas ekonomi penduduk lainnya.
Amatilah jenis aktivitas ekonomi di lingkungan daerah sekitarmu! Ada yang bekerja di lahan persawahan. Ada yang beternak ayam petelur atau ayam pedaging.
Ada yang berdagang di pasar. Ada yang bekerja di sektor industri. Ada pula yang membudidayakan ikan di kolam.
Kegiatan ekonomi masyarakat ini bertujuan memperoleh pendapatan. Selanjutnya, pendapatan tersebut dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup.
Apa yang dimaksud dengan aktivitas ekonomi?
Kegiatan ekonomi yaitu semua aktivitas yang dilakukan insan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Jika dicermati, aktivitas ekonomi dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya alam. Sebagai negara kepulauan, Indonesia dikarunia sumber daya alam melimpah.
Karunia ini sudah sepantasnya kau syukuri dengan memanfaatkan secara bijak. Pemanfaatan sumber daya alam tersebut sanggup dilihat pada banyak sekali bidang usaha.
1. Agraris
Indonesia dikenal sebagai negara agraris. Sebutan ini disebabkan banyak penduduknya bermata pencaharian sebagai petani.
Usaha agraris meliputi aktivitas pertanian dan perkebunan. Sektor perjuangan agraris terdapat di daerah perdesaan dan pegunungan.
Berbagai jenis tumbuhan tumbuh subur dan menghasilkan banyak materi pangan. Hasil pertanian dan perkebunan antara lain padi, jagung, ubi, kedelai, sagu, umbi-umbian, sayuran, dan buah-buahan.
Bagaimana cara meningkatkan hasil produksi sektor agraris? Ada banyak cara yang sanggup dilakukan di antaranya melalui intensifikasi, ekstensifikasi, diversifikasi, rehabilitasi, dan mekanisasi.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 32
Ayo Berdiskusi
Diskusikan beberapa istilah berikut bersama temanmu!Alternatif Jawaban :
No. | Usaha Peningkatan Hasil Agraris | Caranya |
---|---|---|
1. | Intensifikasi | Intensifikasi yaitu pengolahan lahan pertanian dengan sebaik-baiknya dengan memakai beberapa macam sarana (panca perjuangan tani).
|
2. | Ekstensifikasi | Ekstensifikasi pertanian yaitu perjuangan memperluas lahan pertanian dengan cara membuka lahan pertanian baru. |
3. | Diversifikasi | Diversifikasi pertanian yaitu perjuangan memperbanyak aktivitas pertanian dan jenis tumbuhan pada suatu lahan pertanian. Misalnya seorang petani di samping bertani juga beternak ayam, atau bertani sambil memelihara ikan di kolam. |
4. | Rehabilitasi | Rehabilitasi pertanian yaitu perjuangan menyuburkan kembali tanah dan memperbarui cara-cara bertani serta mengganti tumbuhan renta dengan tumbuhan muda (peremajaan tanaman) atau mengganti jenis tumbuhan usang dengan jenis tumbuhan gres yang lebih produktif. |
5. | Mekanisasi | Mekanisasi pertanian yaitu pengolahan tanah dengan memakai mesin-mesin lantaran lahan pertanian luas sehingga tenaga insan dan binatang kurang memadai. |
Perkebunan yaitu aktivitas penanaman lahan dengan tumbuhan keras dengan umur lebih dari enam bulan. Tanaman perkebunan meliputi tumbuhan musiman dan tumbuhan tahunan.
Tanaman musiman berumur pendek, contohnya tumbuhan tebu, tembakau, dan rosella.
Tanaman tahunan berumur panjang, contohnya tumbuhan kelapa sawit, kopi, cengkih, teh, karet, cendana, lada, dan kayu putih.
Hasil perkebunan di Indonesia menjadi komoditas unggulan ekspor.
2. Peternakan
Peternakan adalah aktivitas perjuangan kecerdikan daya binatang yang diambil hasilnya.
Hasil peternakan terdiri atas daging, telur, susu, kulit, dan bulu. Jenis peternakan sanggup dibedakan sebagai berikut.
a. Peternakan binatang kecil, contohnya kelinci, kambing, domba, dan biri-biri.
b. Peternakan binatang besar, contohnya sapi, kerbau, dan kuda.
c. Peternakan unggas, contohnya ayam, itik, burung, dan puyuh.
Kegiatan peternakan sanggup dilakukan dalam skala kecil ataupun besar. Usaha peternakan skala kecil dilakukan oleh penduduk.
Peternakan skala besar biasanya dikembangkan oleh pihak swasta (pengusaha) dan pemerintah. Apa kiprah pemerintah dalam meningkatkan mutu peternakan di Indonesia?
Upaya yang dilakukan pemerintah antara lain memperlihatkan pemberian bibit unggul, menyediakan pakan ternak bermutu, dan memperlihatkan penyuluhan kepada peternak.
3. Perikanan
Perhatikan perjuangan perikanan di daerah sekitarmu!
Di sekitarmu mungkin terdapat kecerdikan daya ikan di kolam. Inilah salah satu referensi perjuangan perikanan.
Secara umum, perjuangan perikanan dibedakan menjadi perikanan darat dan perikanan laut.
a. Perikanan darat, yaitu perjuangan memiara dan menangkap ikan di perairan darat. Perikanan darat terdiri atas perikanan air tawar dan perikanan air payau. Perikanan air tawar dilakukan di sungai, danau, rawa, waduk atau bendungan, empang, sawah, dan kolam. Jenis ikan yang dibudidayakan yaitu lele, nila, mujair, guramih, dan mas. Perikanan air payau dilakukan di tambak di pinggir pantai. Jenis ikan yang dibudidayakan yaitu bandeng.
b. Perikanan air laut, yaitu perjuangan menangkap ikan di pantai atau laut. Di Indonesia, perjuangan penangkapan ikan di bahari dilakukan nelayan tradisional. Saat demam isu ikan, nelayan akan memperoleh banyak hasil tangkapan. Laut juga menghasilkan udang, kerang, rumput laut, mutiara, dan garam. Selain untuk keperluan penduduk, hasil tangkapan ditujukan untuk ekspor.
4. Pertambangan
Dilihat dari kondisi geologisnya, wilayah Indonesia mengandung banyak barang tambang.
Potensi barang tambang yang melimpah hendaknya dimanfaatkan bagi kemakmuran masyarakat.
Barang tambang sanggup dibedakan sebagai berikut.
a. Barang tambang mineral logam, contohnya emas, perak, tembaga, timah, bauksit, dan nikel.
b. Barang tambang mineral nonlogam, contohnya belerang, gypsum, marmer, dan kerikil gamping.
c. Barang tambang sumber energi, contohnya minyak bumi, kerikil bara, dan gas alam.
Barang tambang di Indonesia termasuk sumber daya vital.
Pemanfaatannya ditujukan bagi kemakmuran masyarakat Indonesia. Jika dieksploitasi terus-menerus, ketersediaan barang tambang akan cepat habis.
Oleh lantaran itu, pemanfaatan barang tambang dilakukan dengan bijak dan memperhatikan kelestariannya.
Contoh perusahaan yang mengeksploitasi barang tambang di Indonesia antara lain PT. Pertamina, PT. Aneka Tambang, PT. Freeport Indonesia, dan PT. Chevron Pacific Indonesia.
5. Kehutanan
Dahulu hutan Indonesia bagaikan hamparan karpet hijau dilihat dari udara. Hutan Indonesia berperan penting sebagai paru-paru dunia. Hutan juga berfungsi sebagai tempat berkembangnya banyak sekali fauna.
Dari segi lingkungan, hutan menjadi daerah resapan air hujan. Sayangnya, ketika ini luas hutan Indonesia semakin sempit.
Tidak lagi terlihat “hamparan karpet hijau” dari udara ketika melintasi wilayah Indonesia. Ini tidak lepas dari alih fungsi lahan hutan untuk daerah permukiman dan perkebunan.
Apa akhir dari menyempitnya daerah hutan Indonesia?
Kondisi ini sanggup menjadikan tragedi banjir bandang ataupun tanah longsor. Untuk meminimalisasi terjadinya bencana, daerah hutan perlu dihijaukan kembali.
Pembalakan liar harus dicegah biar hutan tidak semakin rusak. Jika hutan Indonesia kembali hijau, hasil hutan kembali melimpah.
Hasil hutan Indonesia antara lain kayu jati, meranti, ulin damar, dan rotan.
6. Perdagangan
Perdagangan yaitu aktivitas membeli barang dagang dan menjualnya kembali kepada konsumen.
Kegiatan perdagangan muncul ketika kemampuan insan atau suatu negara menyediakan barang kebutuhan bersifat terbatas.
Akhirnya, terjadi saling ketergantungan dalam memenuhi barang kebutuhan.
Melalui aktivitas perdagangan, pedagang akan memperoleh laba dari selisih harga jual dan harga beli.
Kegiatan perdagangan tidak hanya meliputi satu daerah atau satu negara. Akan tetapi, aktivitas perdagangan sanggup dilakukan antarnegara.
Secara ekonomi, aktivitas perdagangan antarnegara ditandai dengan ekspor impor.
Ekspor adalah perjuangan menjual barang dari dalam negeri ke pasar luar negeri.
Impor yaitu perjuangan memasukkan barang dari negara lain ke pasar dalam negeri.
7. Perindustrian
Perindustrian yaitu aktivitas mengubah materi mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi.
Bahan mentah diperoleh dari melimpahnya sumber daya alam. Usaha industri sanggup dilakukan secara perorangan atau kelompok.
Usaha industri sanggup dikelompokkan industri rumah tangga (home industry), industri sedang, dan industri besar.
Contoh industri di Indonesia yaitu industri masakan dan minuman, kosmetik, obat-obatan, garmen, serta elektronik.
Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Halaman 24, 28, 29, 30, 32
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci balasan tematik kelas 5 tema 2 subtema 1 pembelajaran 3 ini sanggup memperlihatkan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Halaman 24, 28, 29, 30, 32 dengan alamat link aciknadzirah.blogspot.com/search?q=jawaban-buku-tema-1-kelas-5.
Sumber http://www.sanjayaops.com
EmoticonEmoticon