Thursday, November 16, 2017

√ Bentuk Negara Kesatuan Dan Federasi

Apa sih bahwasanya bentuk negara Indonesia itu?. Memang negara ada bentuknya ya?. Istilah yang digunakan para mahir wacana bentuk negara dan bentuk pemerintahan bermacam-macam. Ada yang menyebut Republik atau Monarki. Hans Kelsen membedakan negara menjadi negara heteronoom, autonoo,, totaliter dan liberal. Sementara Mautice Duverger membedakan negara menjadi negara outokratis dan demokratis dan banyak sekali adonan diantaranya. 

Meskipun mahir tata negara punya pandangan berbeda mengenai bentuk negara, tapi selama ini dua bentuk negara yang umum dijumpai dan berkembang ialah negara kesatuan dan negara serikat alias federasi. Negara kesatuan ialah negara yang merdeka, berdaulat dimana diseluruh wilayah negara yang berkuasa hanyalah pemerintah pusar yang mengatur seluruh daerah. Negara kesatuan disebut pula bersusunan tunggal. Ada dua bentuk negara kesatuan yaitu:

a. Negara kesatuan dengan sistem sentralistik yaitu dimana semua urusan rumah rangga neagra diatur oleh pemerintah pusat dan kawasan tinggal melakukan saja.
b. Negara kesatuan dengan sistem otonomi yaitu dimana kawasan diberikan kesempatan untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya.

Di jaman now yang modern ini sangat jarang dijumpai negara kesatuan yang pakai sistem sentralistik guys. Indonesia pernah punya sistem sentralisasi ketika kala orde gres atau ketika Soeharto berkuasa. 

Negara serikat ialah negara yang bersusunan jamak sebab terdiri dari beberapa neagra bagian. Disini urusan negara dibagi dua yaitu urusan limitatif alias terang diberikan pada pemerintah federal dan sisanya diurus negara belahan masing-masing. Indonesia pernah memakai sistem ini ketika menjadi Republik Indonesia Serikat alias RIS. 
Apa sih bahwasanya bentuk negara Indonesia itu √ Bentuk Negara Kesatuan dan Federasi
Negara-negara belahan di Amerika Serikat
Perbandingan antara negara kesatuan dengan negara serikat yaitu:
1. Negara belahan federasi punya kewenangan membentuk undang-undang sendiri dalam batas konstitusi federal tentunya sementara negara kesatuan organisasinya ditetapkan oleh pusat semuanya. Makara jika kau pergi ke Amerika Serikat maka undang-undang tiap wilayahnya dapat berbeda bro. Contohnya di Texas melegalkan senjata api tapi di Oklahoma tidak. 
2. Dalam negara serikat, wewenang membentuk undang-undang pusat untuk mengatur hal-hal tertentu telah terang satu per satu dalam konstitusi federal sedangkan negara kesatuan wewenang pembentuk undang-undang pusat ditetapkan dalam rumusan umum dan wewenang pembentuk undang-undang yang lebih rendah tergantung pada tubuh pembentuk undang-undang pusat itu.

Sumber http://www.gurugeografi.id


EmoticonEmoticon