Thursday, November 30, 2017

√ Perbedaan Kuliah Umum Dan Seminar

Perbedaan Kuliah Umum dan Seminar_ Sebagai manusia akademisi, kita terkadang menemukan suatu istilah yang masih belum lazim kita dengarkan, sehingga memunculkan rasa ingin tahu wacana hal tersebut. Rasa ingin tau lantas menciptakan kita berupaya untuk mencari tahu wacana hal tersebut.

 kita terkadang menemukan suatu istilah yang masih belum lazim kita dengarkan √ Perbedaan Kuliah Umum dan Seminar


Dalam artikel ini penulis akan mengulas wacana perbedaan kuliah umum dan seminar, istilah tersebut cukup lekat dengan dunia pendidikan, jadi sebagai manusia akademisi maka tidak ada salahnya kita memcoba mencari tahu wacana kedua hal tersebut.

Perbedaan Kuliah Umum dan Seminar

Apa sih kuliah umum itu?
Sedikit flashback, saya akan sedikit bercerita wacana pengalaman penulis mengikuti kuliah umum. Penulis pertama kali mengikuti kuliah umum pada ketika menjadi mahasiswa gres pascasarjana (S2). Dalam kegitan perkuliahan tersebut diikuti oleh ribuan mahasiswa S2 dan mahasiswa S3. Mahasiswa yang hadir kala itu berasal dari aneka macam jurusan atau aktivitas studi. Kegiatan kulihah umum tersebut berlangsung sekitar 1-2 jam.

Baca juga: 9 Tips Cara Agar Sukses Kuliah Sambil Kerja

Pertamanya saya juga galau dengan istilah kuliah umum tersebut namun sehabis saya mengikuti dan mengalami sendiri kegiatan kuliah umum tersebut kesannya saya mengerti kalau kuliah umum itu ialah kegiatan perkuliahan yang dilakukan tanpa membatasi aktivitas studi yang bisa ikut, singkatnya kuliah umum ialah kegiatan perkuliahan yang bisa dihadiri oleh aneka macam displin ilmu (program studi).

Orang/pemateri yang menunjukkan kuliah umum antara lain ialah pesohor, pengusaha, ahli, ilmuwan, guru besar, penemu, pejabat pemerintah, pejabat negara, presiden, baik dari dalam negeri maupun dalam negeri.

Apa itu Seminar?
Selanjutnya ialah seminar, dalam dunia pendidikan khususnya dijenjang perguruan tinggi kadang kita mendengar istilah seminar proposal, seminar skripsi, seminar makalah.

semianr sendiri ialah suatu kegiatan pertemuan untuk membahas problem yang dilakukan secara ilmiah. Dalam seminar biasanya ada pembicara atau beberapa pembicara yang bertugas untuk memberikan bahan dihadapan audiens (peserta).

Hal yang diseminarkan bisa berupa makalah, skripsi, penelitian dan lain-lain. Seminar biasanya dipandu oleh seorang moderator. Tugas sorang moderator adalahs sebagai fasilitatot, perantara antara pemateri dengan audiens.

Nagh bagaimana? apakah kalian sudah bisa memahami perbedaan antara kuliah umum dan seminar, semoga saja goresan pena ini bermanfaat bagi anda. kalau anda merasa goresan pena ini bermanfaat maka silahkan anda bagikan.

Saat ini penulis berprofesi sebagai tenaga pengajar disalah satu perguruan tinggi, jadi kalau anda punya pertanyaan seputar dunia perkuliahan bisa bertanya kepada saya dan saya akan berusaha meberikan balasan semampu saya. Demikianlah artikel tentang Perbedaan Kuliah Umum dan Seminar. see you next time
Sumber http://www.rijal09.com


EmoticonEmoticon