Wednesday, February 7, 2018

√ Asas Kewarganegaraan Di Indonesia

Semua warga yang sah dan berdaulat memiliki
hak memilih kewarganegaraannya. Apakah kau besar hati mempunyai kewarganegaraan Indonesia?. Untuk memahami lebih jelas, berikut ini asas kewarganegaraan yang berlaku di Indonesia"

1. Asas Kewarganegaraan Menurut Kelahiran
Penentuan sebuah kewarganegaraan berdasarkan kelahiran terbagi menjadi dua yaitu:
a. Asas Ius Soli
Merupakan asas yang tetapkan seseorang mempunyai kewarganegaraan berdasarkan daerah orang tersebut dilahirkan. Contoh: di negara Inggris menganut asas Ius Soli. Andrew yang berkewarganegaraan B melahirkan anak di Inggris. Secara otomatis anaknya menjadi warga negara Inggris.

b. Asas Ius Sangunis
Merupakan asas yang tetapkan seseorang mempunyai kewarganegaraan berdasarkan kewarganegaraan orang tuanya (keturunan). Contoh: Negara Tiongkok menganut asas Ius Sanguinis. Tongseng berkewarganegaraan Tiongkok melahirkan anak di negara X sehingga anak tersebut mempunyai kewarganegaraan Tiongkok.
 
Semua warga yang sah dan berdaulat mempunyai √ Asas Kewarganegaraan di Indonesia
Asas kewarganegaraan Indonesia apa?
2. Asas Kewarganegaraan Menurut Perkawinan
a. Asas Persamaan Hukum
Asas persamaan aturan yakni asas yang mempunyai definisi bahwa suami isteri merupakan keluarga yang mempunyai ikatan kesatuan yang dihentikan terpecah Keluarga merupakan inti dari masyarakat sehingga status kewarganegaraan suami isteri harus sama.
b.Asas Persamaan Derajat
Asas persamaan derajar merupakan asas yang mempunyai definsi bahwa dalam suatu perkawinan tidak mengakibatkan salah satu pihak tunduk secara aturan terhadap yang lain. Keduanya punya hak yang sama untuk memilih status kewarganegaraan sendiri. Dengan begitu mereka tetap mempunyai kewarganegaraan masing-masing sebagaimana sebelum terjadi perkawinan.

Status kewarganegaraan yang berbeda pada setiap negara sanggup mengakibatkan dilema bagi kewarganegaraan seseorang. Masalah tersebut adalah:
a. Bipatride
Merupakan seseorang yang punya kewarganegaraan ganda. Contohnya: seorang anak lahir di AS yang mengaut asas ius soli dan merupakan anak dari orang renta yang berkewarganegaraan Tiongkok yang menganut asas ius sangunis. Maka anak itu mempunyai dua kewarganegaraan AS dan Tiongkok.

b. Apatride
Merupakan seseorang yang tidak mempunyai kewarganegaraan: Contohnya: seorang anak lahir di Tiongkok yang menganut asas ius sanguinis, dengan orang renta berkewarganegaraan AS. Maka anak tersebut tidak punya kewarganegaraan dari Tiongkok alasannya yakni bukan keturunan Tiongkok dan tidak berkewargangegaraan AS alasannya yakni tidak lahir di AS. 

Untuk mengatasi dilema bipatride dan apatride tadi maka dalam suatu negara memakai sistem berikut:
a. Stelsel Pasif, artinya seseorang yang secara otomatis menjadi warga negara tanpa harus melaksanakan tindakan aturan tertentu. Makara seseorang sanggup memakai hak untuk mempunyai status menjadi warga negara.
b. Stelsel Aktif, artinya untuk mempunyai status kewarganegaraan, seseorang harus melaksanakan tindakan aturan tertentu secara aktif. Makara seseorang sanggup memakai hak opsi untuk mempunyai status sebagai warga negara.
Gambar: disini

Sumber http://www.gurugeografi.id


EmoticonEmoticon