Presentasi Nara Sumber Dirjen GTK
File Slide Presentasi mengenai Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2018 yaitu milik Dr. Sudayat, M.Pd. Beliau yaitu Pakar Kurikulum dari UPI sekaligus Nara Sumber K13 dari Dirjen GTK.
Jadi file Slide Presentasi mengenai Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2018 berdasarkan saya sangat valid dan sangat elok isinya.
SLIDE 1:
KENDALA
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
DI LAPANGAN
SLIDE 2:
- Guru kesulitan dalam pemetaan KD Pengetahuan dan keterampilan
SLIDE 3:
PEMETAAN KD PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN | |||||||||||||||||||||||||
Satuan Pendidikan | SDK Santa Ursula | ||||||||||||||||||||||||
Kelas/Semester | I/1 | ||||||||||||||||||||||||
Tahun Pelajaran | 2017/2018 | ||||||||||||||||||||||||
NO | MUATAN PELAJARAN | KOMPETENSI DASAR | TEMA 1 | TEMA 2 | TEMA 3 | TEMA 4 | TEMA 5 | ||||||||||||||||||
MATERI POKOK | Sub Tema | Sub Tema | Sub Tema | Sub Tema | Sub Tema | ||||||||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||||||
1 | Matematika | 3.1 | menjelaskan makna bilangan cacah hingga dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek | bilangan cacah hingga dengan 99 | v | v | |||||||||||||||||||
4.1 | menyajikan bilnangan cacah hingga dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan. | v | v | ||||||||||||||||||||||
3.4 | menjelaskan dan melaksanakan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah hingga dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan. | penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah hingga dengan 99 | v | v | |||||||||||||||||||||
4.4 | menyelesaikan duduk kasus kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah hingga dengan 99. | v | v | ||||||||||||||||||||||
4.2 | menuliskan lambang bilangan hingga dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan inspirasi nilai tempat. | ||||||||||||||||||||||||
2 | PPKN | 3.1 | mengenal symbol sila-sila pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” | symbol-symbol sila pancasila | v | v | |||||||||||||||||||
4.1 | menceritakan symbol-symbol sila Pancasila pada lambang lambang garuda sila pancasila | v | v |
|
SLIDE 4:
PEMETAAN KD PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN | |||||||||||||||||||||||||
Satuan Pendidikan | SDK Santa Ursula | ||||||||||||||||||||||||
Kelas/Semester | I/1 | ||||||||||||||||||||||||
Tahun Pelajaran | 2017/2018 | ||||||||||||||||||||||||
NO | MUATAN PELAJARAN | KOMPETENSI DASAR | TEMA 1 | TEMA 2 | TEMA 3 | TEMA 4 | TEMA 5 | ||||||||||||||||||
MATERI POKOK | Sub Tema | Sub Tema | Sub Tema | Sub Tema | Sub Tema | ||||||||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||||||
3 | B. Indonesia | 3.1 | menjelaskan acara persiapan membaca permulaan(cara duduk masuk akal dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku,gerakan mata dari kiri ke kanan,memilih kawasan dan cahaya yang terang,dan budbahasa membaca buku) dengan cara yang benar. | membaca permulaan | v | v | |||||||||||||||||||
4.1 | mempraktikkan acara persiapan membaca permulaan (duduk masuk akal dan baik, jarak antara mata dan buku,jarak memegang buku, cara membalik halamn buku,gerakan mata dari kiri ke kanan,memilih kawasan dengan cahaya yang terang) dengan benar. | v | v | ||||||||||||||||||||||
3.2 | mengemukakan acara persiapan menulis permulaan,cara duduk,cara memegang pensil,cara menggerakkan pensil,cara meletakkan buku,jarak antara mata dan buku,pemilihan kawasan dengan cahaya yang terang) yang benar secara lisan. | menulis permulaan | v | v | |||||||||||||||||||||
4.2 | mempraktikkan acara persiapan menulis permulaan (cara duduk,cara memegang pensil,cara meletakkan buku,jarak antara mata dan buku,gerakan tangan atas-bawah,kiri-kanan,latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara /pasir/meja,melemaskan jari dengan mewarnai,menjiplak,menggambar,membuat garis tegak,miring,lurus dan lengkung,menjiplak banyak sekali bentuk gambar,lingkaran,dan bentuk abjad di kawasan bercahaya terang | v | v |
SLIDE 6:
PEMETAAN KD PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN DALAM SATU SEMESTER | |||||||||||||||||||||||||
SATUAN PENDIDIKAN | SDK Santa Ursula | ||||||||||||||||||||||||
KELAS/SEMESTER | I/1 | ||||||||||||||||||||||||
TAHUN PELAJARAN | 2017/2018 | ||||||||||||||||||||||||
MATA PELAJARAN | PJOK | ||||||||||||||||||||||||
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | JULI | AGUS | SEPT | OKT | NOV | Keterangan | |||||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||||||
1 | 3.1 | Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep badan ,ruang,usaha,dan keterhubungan dalam banyak sekali permaianan sederhan dan tradisional bentuk | Gerak dasar Lokomotor | V | V | ||||||||||||||||||||
4.1 | meperaktekan gerakan dasar lokomotor sesuai dengan konsep badan ,ruang,usaha,dan keterhubungan dalam banyak sekali permaianan sederhan dan tradisional bentuk | V | V | ||||||||||||||||||||||
2 | 3.2 | Memahami gerak dasar nonlokomotor sesuai dengan konsep badan ,ruang,usaha,dan keterhubungan dalam banyak sekali permaianan sederhan dan tradisional bentuk | gerak dasar non lokomotor | V | V | ||||||||||||||||||||
4.2 | memperaktekan gerak dasar nonlokomotor sesuai dengan konsep badan ,ruang,usaha,dan keterhubungan dalam permaianan sederhan dan tradisional banyak sekali bentuk | V | V |
SLIDE 7:
- Guru kesulitan dalam menentukan KKM Pengetahuan dan keterampilan
dst….
Download
Untuk Download silakan klik GAMBAR DOWNLOAD di bawah ini:
Sumber aciknadzirah.blogspot.com
EmoticonEmoticon