Monday, February 5, 2018

√ Solstice, Ekuinoks Titik Balik Matahari

Solstice Titik Balik Matahari


Rotasi Bumi pada titik balik matahari di bulan Juni terjadi bila Hemisfer Utara Bumi miring ke arah matahari dan Hemisfer Selatan Bumi miring menjauhi Matahari. Di Hemisfer Utara disebut Titik Balik Musim Panas. Titik Balik Juni biasanya pada 21 Juni.


Titik Balik Desember terjadi ketika Hemisfer Selatan Bumi condong ke arah Matahari dan Hemisfer Utara condong menjauhi Matahari. Di Hemisfer Utara disebut Titik Balik Musim Dingin. Titik Balik Desember biasa terjadi pada 21 Desember.


 


Siang Hari Terpanjang dan Terpendek


Jika Kutub Utara lebih bersahabat ke Matahari, Kutub Utara dan negara-negara di cuilan utara Bumi akan mengalami demam isu panas dan akan ada 1 hari mereka mengalami siang hari terpanjang.


 


Karenan penyebab pastinya tak diketahui, pengaruhnya (hingga ada hari yang panjang maupun pendek) dikenal di banyak budaya kuno. Banyak budaya pra-Kristen, ibarat iktikad Druid, Jermanik, dan Norman memperingati peristiwa-peristiwa sebagai hari besar.


Saat budaya-budaya ibarat itu musnah, Kristen mengambil alih beberapa perayaan itu, yang lalu digunakan untuk para santo mereka. Tanggal Natal dalam iktikad Kristen dan Kristen hanya 3 hari dari titik balik Desember.


Kini, banyak orang memperingati titik balik sebagai hari libur.


 


Solstice titik balik matahari demam isu dingin


Titik balik matahari demam isu dingin adalah keadaan di mana sinar matahari secara sedikit demi sedikit bermigrasi ke selatan. Ketinggian matahari di atas cakrawala di siang hari yaitu 47 derajat lebih rendah ketimbang enam bulan sebelumnya. Fenomena ini juga mengambarkan matahari tampil di siang hari di ketinggian terendah, di atas cakrawala.


Fenomena ini biasanya terjadi di 21-22 Desember setiap tahun. Fenomena ini juga mengatakan bahwa wilayah bumi cuilan selatan akan mengalami siang yang lebih panjang, lantaran matahari akan terbenam lebih lambat. Sedangkan di belahan bumi cuilan utara, wilayah tersebut akan mengalami siang terpendek dan malam terpanjang.


Sebagian besar kebudayaan mempunyai perayaan titik balik matahari demam isu dingin. Misalnya di Persia, titik balik matahari ini menandai kelahiran Mithras, Raja Matahari. Sementara pada 25 Desember diadakan bazar Romawi glamor yang dinamakan Saturnalia. Saturnalia dirayakan di sekitar waktu demam isu dingin. Selain itu, pada 275 Masehi, Kaisar Romawi Aurelian memperingati hari raya yang bertepatan dengan fenomena tersebut, Die Natalis Invicti Solis.


 


Solstice titik balik matahari demam isu panas


Titik balik matahari demam isu panas merupakan sebuah fenomena yang terjadi di saat kutub utara bumi miring ke arah matahari sedangkan kutub selatan menjauhi matahari. Di cuilan utara akan mengalami musim panas, sedangkan cuilan selatan akan mengalami musim dingin. Pada ketika terjadinya fenomena ini, bumi mempunyai kemiringan hingga 23,7 derajat.


Istilah ini dikenal lantaran keberadaan Matahari di titik paling utara menandai berlangsungnya siang yang panjang di belahan Utara atau malam terpendek sepanjang tahun. Pada ketika itu, Matahari tidak akan terbit sempurna di timur tetapi agak lebih ke utara dari arah timur dan akan terbenam juga lebih ke utara dari arah barat. Tapi bagi masyarakat belahan Selatan, keberadaan Matahari di atas khatulistiwa merupakan titik balik demam isu dingin yang menandai peralihan demam isu gugur ke demam isu masbodoh dan mereka akan mengalami hari terpanjang sepanjang tahun.


Di ketika fenomena ini terjadi, kutub utara tidak akan mengalami matahari tenggelam, sedangkan kutub selatan tidak akan mengalami matahari terbit.


Rotasi Bumi pada titik balik matahari di bulan Juni terjadi bila Hemisfer Utara Bumi mirin √ Solstice, Ekuinoks Titik Balik Matahari

Penerangan Bumi oleh Matahari pada hari titik balik matahari demam isu panas di belahan bumi utara. Sumber foto: CC BY-SA 2.0Link – Wikimedia


 


Ekuinoks Titik Balik Matahari


Ekuinoks terjadi dua kali setahun (sekitar 20 Maret dan 22 September) ketika sumbu Bumi tidak terinklinasi terhadap Matahari, dan sentra Matahari berada di bidang yang sama dengan khatulistiwa Bumi. Istilah ekuinoks dapat pula digunakan untuk arti yang lebih luas, yaitu tanggal ketika insiden semacam ini terjadi.


Nama “ekuinoks” berasal dari bahasa Latin aequus (yang berarti sama) dan nox (yang bermakna malam), lantaran selama ekuinoks, panjang siang dan malam sama.


 


Ekuinoks titik balik matahari demam isu semi


Ekuinoks vernal (bahasa Inggris: vernal equinox) atau titik Musim Semi Matahari menandai dimulainya demam isu semi astronomis. Titik ini tejadi sekitar tanggal 20 Maret di belahan bumi utara dan 23 September di belahan bumi selatan.


 


Ekuinoks titik balik matahari musim gugur


Hari pertama demam isu gugur dan awal dari periode malam yang panjang di Kutub. Di belahan bumi utara: 22 September (Matahari melintasi Khatulistiwa yang bergerak ke selatan). Di belahan bumi cuilan selatan: 20 Maret (Matahari melintasi Khatulistiwa yang bergerak ke utara).


 


Kenapa Musim Bisa Berbeda-beda?


Jawabannya sanggup ditemukan dalam cara Bumi bergerak dalam kaitannya dengan Matahari.


Klik disini untuk mengetahui lebih lanjut wacana “Kenapa Musim Bisa Berbeda-beda”


 


Tanggal Ekuinoks dans Solstice


Ekuinoks demam isu Semi / Bunga (21 Maret)


Hemisfera Utara = demam isu Bunga

Hemisfera Selatan = demam isu Luruh

Siang = 12 jam

malam = 12 jam

matahari tegak di atas kepala = garisan Khatulistiwa


Solstice demam isu Panas (21 Juni)


Hemisfer Utara = demam isu Panas

Hemisfer Selatan = demam isu Sejuk

Siang= 24 jam

Malam= 24 jam

Matahari tegak di atas kepala = garisan Sartan


Ekuinoks demam isu Luruh / Gugur (23 September)


Hemisfera Utara = demam isu Luruh

Hemisfera Selatan = demam isu Bunga

Siang = 12 jam

malam = 12 jam

matahari tegak di atas kepala = garisan Khatulistiwa


Solstice demam isu Dingin (22 Desember)


Hemisfera Utara = demam isu Sejuk

Hemisfera Selatan = demam isu Panas

Siang = 24 jam

malam = 24 jam

matahari tegak di atas kepala = garisan Jadi


 


Berapa derajatkah kemiringan bumi dan fungsi untuk apa ?


Sudut kemiringan bumi 23,5º terhadap garis tegak lurus. Kemiringan bumi mempunyai kegunaan bagi tempat kutub bumi baik kutub utara dan kutub selatan dalam hal memperoleh sinar Matahari.


Selama Bumi mengelilingi Matahari dalam waktu 365¼ hari atau 1 tahun. 6 bulan lamanya kutub utara menerima sinar Matahari dan enam bulan berikutnya kutub selatan yang menerima cahaya Matahari. Seandainya sudut kemiringan bumi 90º terhadap garis datar.


Maka kutub – kutub bumi akan gelap selamanya. Perlu diketahui: matahari di kutub utara tidak pernah terbenam selama 6 bulan demikian juga di kutub selatan.


 


Contoh perayaan budaya wacana solstice titik balik matahari demam isu dingin


Festival Dongzhi Titik Balik Matahari Musim Dingin di China


Adalah salah satu bazar paling penting yang dirayakan masyarakat Tionghoa dan bangsa Asia Timur lainnya pada ketika panjang hari paling pendek dalam setahun atau sekitar tanggal 22 Desember.


Pada ketika perayaang Dongzhi, matahari berada pada posisi 23,5° Lintang Selatan dan bergerak menuju utara. Itulah sebabnya hari pelaksaan Dongzhi (menurut observasi langit) sedikit berebeda setiap tahunnya. Pada tahun 2010 terjadi pada tanggal 22 Desember, tahun 2011 pada tanggal 22 Desember, dan tahun 2013 pada tanggal 21 Desember. Dongzhi biasanya jatuh pada tanggal 21 bila tahun tersebut berada di bawah dampak shio Tikus, Naga dan Monyet.


 


Sembahyang La-jiu


Bulan ke-12 penanggalan Imlek dinamakan la-yue dan sembahyang khusus pada bulan itu disebut la-jiu ntuk menghormati ilahi pertanian Shennong. Kucing dan harimau juga dianggap membantu mengamankan pertanian: kucing menangkap tikus dan harimau memangsa babi hutan yang merupakan hama pertanian.


Setelah sembahyang, masyarakat melanjutkan bazar dengan perjamuan makan besar-besaran. Sekarang ini la-ji tidak lagi dilakukan, sebagai gantinya diadakan sembahyang Dongzhi pada tanggal 22 Desember. Pada masa Dinasti Zhou, orang-orang saling memberi selamat dikarenakan telah berhasil melewati demam isu masbodoh yang paling masbodoh dan sinar matahari menguat kembali.


 



Bacaan Lainnya



 



Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai


Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar kalau Anda mengunduh aplikasi kita!


Siapa bilang mau pandai harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan isu yang menciptakan Anda menjadi lebih smart!



 



Sumber bacaan: Athropolis



                         


Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”

Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya








Sumber aciknadzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon