Friday, February 9, 2018

√ Langkah-Langkah Pembelajaran Discovery Learning

Kegiatan pembelajaran dalam kurikulum
2013 sanggup dilakukan dengan memakai pendekatan berbasis keilmuan ialah pembelajaran yang mengadopsi langkah-langkah sains dalam membangun pengetahuan melalui metode ilmiah diantaranya model discovery learning, project based learning, duduk kasus based learning, inquiry learning dan lainnya.

Pendekatan ini menekankan pada proses pencarian pengetahuan, berkenaan dengan materi pembelajaran melalui pengalaman berguru mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengomunikasikan. Dengan pendekatan sains ini diperlukan siswa mempunyai curiosity atau impian untuk menemukan sesuatu. Inilah yang memicu lahirnya karya-karya kreatif di masa kini. Siswa tidak lagi harus menuruti apa yang guru sampaikan di kelas ketika pembelajaran. Kali ini saya akan berikan dulu gambaran teladan langkah pembelajaran model discovery learning. Baca juga: Lesson plan praktik  interpretasi citra

Berikut ini beberapa langkah pembelajaran saintifik Discovery Learning kurikulum 2013
 sanggup dilakukan dengan memakai pendekatan berbasis keilmuan ialah pembelajaran yang m √ Langkah-Langkah Pembelajaran Discovery Learning
Langkah pembelajaran discovery learning

1. Stimulation (Stimulus)
Menyajikan materi kajian di awal, teladan berupa potensi kawasan setempat yang berkaitan dengan konsep geografi.
2. Problem Statement (Identifikasi Masalah)
Mengidentifikasi potensi kawasan satu per satu.
3. Data Collecting (Mengumpulkan data)
Mencari dan mengumpulkan data perihal potensi kawasan setempat dari sumber lain (internet, observasi atau majalah dll).
4. Data Processing (Mengolah data)
Upaya mengolah potensi kawasan setempat melalui banyak sekali sumber referensi/waawncara pakar ahli.
5. Verification (Memverivikasi)
Membandingkan hasil diskusi antar kelompok untuk mendapat warta dan solusi terbaik dalam memajukan potensi daerah
6. Generalization (Menyimpulkan)
Menyimpulkan hasil diskusi dari kajian potensi kawasan setempat.

Jadi model discovery learning di atas menciptakan siswa menemukan hal gres terhadap suatu fenomena dan bagaimana tindak lanjut kedepannya. Dalam hal ini kajian yang dibahas tentnag potensi daerah. Tentu setiap kawasan punya potensi masing-masing dan harus dicari untuk menemukan gambaran pengembangan ke depannya. Di tamat sesi, siswa sanggup diminta menciptakan poster atau power point atau kliping yang memuat materi tersebut. Untuk teladan model pembelajaran lainnya silahkan cek di artikel berikut: Model pembelajaran duduk kasus based learning

Sumber http://www.gurugeografi.id


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)