Budilaksono.com...Salam Inspiratif, Kepada bapak ibu dibawah ini kami memcoba memperlihatkan pola dalam merancang Pemaduan Sintak Model Pembelajaran Project Based Learning dan Proses Berpikir Ilmiah (Saintifik) pada Mata Pelajaran Fisika Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi pada K13 Revisi 2018
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi perihal pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai belahan dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4. Melaksanakan kiprah spesifik, dengan memakai alat, informasi, dan mekanisme kerja yang lazim dilakukan serta menuntaskan masalah sederhana sesuai dengan bidang kerja.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melaksanakan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempresepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menimbulkan gerak alami, dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melaksanakan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar | IPK | Tujuan (terintegrasi nilai-nilai karakter) | Sintaksis model Project Based Learning | Proses Berfikir Ilmiah (Saintifik) | ||||
Mendesain Perencanaan proyek | Menyusun Jadual | Monitor Peserta didik dan kemajuan proyek | Menguji Hasil | Mengevaluasi Pengalaman | ||||
4.4. Mendemonstrasikan fenomena gelombang dengan peralatan sederhana si | 1. Melakukan Percobaan menggunakn slinki untuk memahami gelombang transversal dan longitudinal | Melalui Prosedur kerja dan diskusi penerima didik mampu: 1. Melakukan praktikum memakai slinki untuk memahami gelombang transversal dan gelombang longitudinal secara teliti, akurat dan kolaborasi | Penentuan Pertanyaan Mendasar Langkah 1. Jelaskan arah getaran dan arah rambat gelombang. Apakah keduanya searah ? Langkah 2. Jelaskan arah getaran dan arah rambat gelombang. Apakah keduanya berlawanan arah ? Langkah 3. Apakah terjadi perpindahan posisi kertas ditempelkan pada slinki? Jika tidak kemudian apa bersama-sama yang merambat pada insiden tersebut ? | · Guru Membagi penerima didik menjadi 6 kelompok seminggu sebelum dilakukan praktik · Setiap kelompok membawa alat slinki, kertas, alat tempel yang diiinstruksi oleh guru · Guru menginstruksikan semua peralatan diletakan diatas meja kelompoknya | Percobaan dilaksanakan pada hari Selasa, awal Nopember 2018 Jadwal kegiatan · Menyiapkan peralatan pada tanggal awal Nopember 2018 pada jam 07.30/ sebelum pelaksanaan kegiata · Masuk 5 menit sebelum pelaksanaan praktik · Memakai baju sekolah lengkap · Peserta didik dalam kelompok memperlihatan peralatan yang harus dibawa kepada guru jam 07.35 · Melaksanakan bolos dan pre test 07.36-07.40 | · Memeriksa kesiapan alat dan materi yag diharapkan · Mengawasi langkah kerja setiap kelompok praktik · Bila langkah kerjanya sesuai mekanisme maka setiap kelompok menerima riwert + dan jikalau salah menerima riwert - | · Setiap kelompok untuk mengolah hasil pengamatan dan guru membimbingnya. · Melaksanakan pre test · Melaksanakan post test Menjawab semua Pertanyaan : langkah 1,langkah 2 dan langkah 3 setelah praktik dilaksankan | Mengevaluasi hasil kerja penerima didik masing-masing kelompok yaitu : Menilai Pembuatan laporan hasil percobaan, menilai hasil diskusi dan presentasi, menilai kemampuan siswa menyimpulkan hasil percobaan |
LANJUTANNYA....
4.4. Mendemonstrasikan fenomena gelombang dengan peralatan sederhana si | 1..Melakukan Percobaan menggunakn slinki untuk memahami gelombang transversal dan longitudinal | | · Setiap kelompok melakukan demontrasi memakai slinki sesuai mekanisme untuk memahami gelombang longitudinal secara telitu, akurat dan kolaborasi | · Melaksanakan proses praktek dari awal sampai akhir jam 7.45-08.00 · Melaksanakan post test jam 08.00-08.10 · Mengumumkan hasil nilai pratikum Jam 08.10-08.15 | · Mengamati kekompakan, kecakapan kelompok dalam proses percobaan | | Mengevaluasi hasil kerja penerima didik masing-masing kelompok yaitu : Menilai Pembuatan laporan hasil percobaan, menilai hasil diskusi dan presentasi, menilai kemampuan siswa menyimpulkan hasil percobaan |
Kompetensi Dasar | IPK | Tujuan (terintegrasi nilai-nilai karakter) | Sintaksis model Project Based Learning | Proses Berfikir Ilmiah (Saintifik) | ||||
Mendesain Perencanaan proyek | Menyusun Jadual | Monitor Peserta didik dan kemajuan proyek | Menguji Hasil | Mengevaluasi Pengalaman | ||||
2. Melakukan percobaan memakai tangki riak/gelas berisi air, pensil dan tali untuk memilih karakteritik sifat-sifat gelombang | 2. Melakukan praktikum mengunakan tangki riak/gelas berisi air, pensil dan tali untuk memilih karakteristik sifat-sifat gelombang secara teliti, akurat dan kolaborasi | Penentuan Pertanyaan Mendasar Sebut dan jelaskan apa saja yang anda aamati pada masing-masing percobaan? Langkah percobaan pensil :gambarlah pensil sebelum dan sehabis gelas dtuang ke dalam air Langkah percobaan tali : Jelaskan apa yang terjadi jikalau tali diikatkan pada tiang dan diujung yang lain tali digerakkan ? Langkah percobaan tangki riak : gambarkan bentuk gelombang dikala menumbuk penghalang ? | · Guru Membagi penerima didik menjadi 6 kelompok seminggu sebelum dilakukan praktik · Setiap kelompok membawa alat tangki riak/gelas berisi air, pensil dan tali gelas berisi air dan pensil yang diiinstruksi oleh guru · Guru menginstruksikan semua peralatan diletakan diatas meja kelompoknya · Setiap kelompok melakukan demontrasi memakai tangki riak/gelas berisi air, pensil dan tali memahami sifat-sifat gelombang secara teliti, akurat dan kolaborasi | Percobaan dilaksanakan pada hari Selasa, awal Nopember 2018 Jadwal kegiatan · Menyiapkan peralatan pada tanggal awal Nopember 2018 pada jam 07.30/ sebelum pelaksanaan kegiatan · Peserta didik melaksanakan praktik setelah percobaan memakai slinki/tali · Peserta didik dalam kelompok memperlihatan peralatan yang harus dibawa kepada guru jam 08.15 · Melaksanakan bolos dan pre test 08.20-08.25 · Melaksanakan proses praktek dari awal sampai akhir jam 08.25-08.45 · Melaksanakan post test jam 08.45-08.55 · Mengumumkan hasil nilai pratikum Jam 08.55-09.00 | · Memeriksa kesiapan alat dan materi yag diharapkan · Mengawasi langkah kerja setiap kelompok praktik · Bila langkah kerjanya sesuai mekanisme maka setiap kelompok menerima riwert + dan jikalau salah menerima riwert – · Mengamati kekompakan, kecakapan kelompok dalam proses percobaan | · Setiap kelompok untuk mengolah hasil pengamatan dan guru membimbingnya. · Melaksanakan post test Menjawab pertanyaan mekanisme kerja dan perlatan yang digunakan (pre test) · Menjawab penentuan pertanyaan fundamental setelah dilakukan percobaan melalui post test | Mengevaluasi hasil kerja penerima didik masing-masing kelompok yaitu : Menilai Pembuatan laporan hasil percobaan, Menilai hasil diskusi dan presentasi, Menilai kemampuan siswa menyimpulkan hasil percobaan | |
Catatan:
Hasil pemaduan model pembelajaran dan proses berpikir ilmiah (saintifik) dan nilai huruf dipakai dalam penyusunan RPP khususnya pada perumusan acara inti pembelajaran.
Sumber http://www.budilaksono.com/
EmoticonEmoticon