Saturday, April 21, 2018

√ 10 Cara Mengatasi Anak Yang Lambat Memahami Pelajaran

10 Cara Mengatasi Anak Yang Lambat Memahami Pelajaran_ Karakteristik anak atau siswa dalam berguru memang sangat bervariasi, misalkan saja dalam hal kemampuan untuk memahami pelajaran. Bisa dipastikan bahwa di dalam suatu kelas biasanya akan ditemukan abjad anak yang cepat dalam memahami pelajaran namun ada juga anak yang lambat dalam memahami pelajaran.

 Cara Mengatasi Anak Yang Lambat Memahami Pelajaran √ 10 Cara Mengatasi Anak Yang Lambat Memahami Pelajaran

Kadang kesalahan yang biasa dilakukan oleh guru yakni menerapkan metode pembelajaran yang sama terhadap anak yang mempunyai kemampuan yang cukup tinggi dalam memahami suatu pembelajaran dengan anak yang lambat dalam memahami pelajaran.

Alhasil anak yang lambat dalam memahami pelajaran akan sulit mengimbangi kemampuan anak yang mempunyai intelegensi tinggi dan cepat dalam memahami suatu pembelajaran. Hal tersebut bisa dilihat melalui hasil tes baik dalam bentuk kiprah individu kerja kelompok atau hasil ulangan, dimana anak yang lambat memahami pelajaran biasanya selalu menerima nilai rendah ketimbang anak yang mempunyai kemampuan yang cukup tinggi dalam memahami pelajaran.

Guru yang kurang memahami cara memperlakukan anak berdasarkan tingkat intelegensinya juga kadang menyalahkan anak yang lambat memahami pelajaran, padahal salah satu penyebab anak tersebut lambat memahami pelajaran yakni cara guru yang kurang sempurna dalam memperlakukan anak.

Akhirnya siswa yang lambat memahami pelajaran dicap sebagai anak yang terbelakang padahal jikalau ditangani dengan sempurna bisa jadi anak tersebut bisa berprestasi. Dengan sugesti atau mindset pikiran yang ditanamkan oleh orang sekitarnya baik itu oleh guru, sobat dll bahwa beliau anak yang terbelakang dan lambang paham pelajaran, atau hasilnya anak tersebut menjadi benar benar terbelakang di kelas.

Kondisi mirip ini semestinya bisa diminimalisir oleh seorang guru, alasannya yakni fungsi guru bukan hanya sekedar mengajar siswa akan tetapi juga berperan sebagai motivator, mediator, konstruktor dan bukan hanya itu guru juga dituntut biar bisa memposisikan diri dalam banyak sekali kondisi dan keadaan dalam mendidik anak.

Anak-anak ibaratkan pisau yang terbuat dari banyak sekali jenis logam, ada logam yang hanya perlu diasah beberapa kali kemudian bisa tajam namun ada jenis logam yang memang butuh diasah berkali-kali untuk bisa tajam. Maka mirip itulah citra anak yang lambat dalam memahami pelajaran bukannya anak tersebut tidak bisa namun anak tersebut butuh waktu yang lebih usang biar bisa memahami pelajaran.

Sering kali kita mendengar guru yang bertanya ihwal bagaimana cara Mengatasi Anak yang lambat dalam memahami pelajaran! Dan tak jarang dari para guru telah mencoba beberapa cara Mengatasi Anak yang lambat dalam memahami pelajaran namun belum sepenuhnya berhasil.

Oleh alasannya yakni itu dalam artikel ini kita akan sedikit mengulas ihwal bagaimana cara Mengatasi Anak yang lambat dalam memahami pelajaran. Adapun cara Mengatasi Anak yang lambat dalam memahami pelajaran yakni sebagai berikut:

10 Cara Mengatasi Anak Yang Lambat Memahami Pelajaran

1. Memahami karakteristik anak 
Sebelum menerapkan suatu metode dalam mengatasi anak yang lambat dalam memahami pelajaran, terlebih dahulu guru harus tahu bagaimana abjad anak tersebut. Misalkan apakah Anak tersebut bandel atau malas, hiperaktif, pendiam, penyendiri dan lain-lain.

Hal tersebut bertujuan biar metode/teknik yang dipakai dalam menangani anak yang lambat memahami pelajaran bisa sempurna dan sesuai sehingga upaya dalam menangani anak yang lambat memahami suatu pelajaran bisa maksimal.

2. Menerapkan metode tertentu kepada anak yang lambat memahami pelajaran.
Setelah mengetahui abjad anak langkah selanjutnya yakni memilikan metode pembelajaran yang bisa mengatasi problem anak yang lambat memahami pelajaran, metode tersebut cukup diterapkan pada anak yang terkait.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif metode yang dipakai dalam mengatasi anak tersebut selain itu anak yang mengalami kesulitan berguru memang harus diperlakukan istimewa dari anak yang lain.

Dalam menerapkan suatu metode dalam menangani anak yang mengalami kesulitan belajar, butuh waktu dan proses, bukan hanya 1 kali uji coba metode namun diperlukan beberapa kali uji coba. Hal ini untuk menghindarkan persepsi yang kelitu bahwa suatu metode tidak tepat, padahal bukannya tidak tepat, hanya saja anak membutuhkan waktu untuk beradapatasi dengan metode gres yang guru terapkan.

3. Memilikan kawasan duduk yang tepat.
Langkah lainnya dalam mengatasi anak yang lambat memahami pelajaran yakni dengan menawarkan posisi atau kawasan duduk yang membuatnya bisa lebih terang mendengar klarifikasi guru, sebaiknya anak yang lambat memahami pelajaran diberikan kawasan duduk diposisi paling depan.

Hal tersebut bertujuan biar guru gampang mengontrol siswa yang terkait, dan siswa akan lebih fokus dalam mendapatkan pelajaran. Dengan begitu info atau materi pelajaran yang dipaparkan oleh guru bisa lebih gampang untuk ditangkap dan dipahami oleh anak yang mengalami kesulitan belajar.

4. Teman sebangku yang cerdas dan penolong 
Metode lain dalam mengatasi anak yang lambat memahami pelajaran yakni memilikan sobat sebangku yang cerdas dan mempunyai jiwa sosial. Sehingga ketika anak yang lambat dalam memahami pelajaran tidak paham suatu hal kemudian bisa bertanya kepada sobat sebangku.

Selain itu ketika beliau duduk berdekatan dengan anak yang mempunyai motivasi tinggi dalam belajar, anak tersebut usang kelamaan juga akan tertular oleh semangat berguru yang dimiliki sobat sebangkunya.

Dan sebaliknya hindarkan anak yang lambat memahami pelajaran duduk sebangku  dengan anak lain yang mempunyai prestasi akdemik yang rendah pula, apalagi jikalau abjad anak tersebut juga malas, tidak mau berusaha dan cenderung tidak komunikatif

5. Memberikan kiprah tambahan 
Cara yang bisa guru lakukan dalam meningkatkan pemahaman siswa yang lambat dalam memahami pelajaran yakni dengan menawarkan kiprah tambahan. Tugas suplemen tersebut bisa berupa PR dalam bentuk teks atau kiprah membaca dll.

Tujuannya yakni biar anak bisa mengejar ketertinggalan dari siswa lain yang mempunyai tingkat pemahaman yang cukup baik. Namun dalam menawarkan kiprah suplemen usahakan sewajarnya saja atau proposrsional.

Jangan memberi kiprah suplemen yang justru akan menyebabkan siswa terbebani sehingga anak tersebut merasa tidak menikmati waktu pulang sekolah untuk bermain dan bersosilalisasi dengan orang bau tanah dan teman-temannya hanya alasannya yakni sibuk mengerjakan kiprah suplemen dari gurunya.

6. Meminta bimbingan guru BK
Langkah lainnya dalam mengatasi anak yang lambat memahami pelajaran yakni dengan meminta pemberian kepada guru BK biar menangani anak tersebut. Karena mirip yang kita ketahui kiprah guru BK yakni menganalisa faktor atau penyebab munculnya suatu problem berguru yang dialami penerima didik.

Dan guru BK memang dibekali dengan ilmu yang membahas ihwal bagaimana cara Mengatasi siswa yang bermasalah baik dalam aspek psikologis atau dalam aspek aplikatif, sehingga dengan melaksanakan konsultasi dengan guru BK anda sebagai guru maupun orang bau tanah bisa mengetahui penyabab anak anda mengalami kesulitan belajar.

7. Konsultasi dengan orang bau tanah anak atau siswa 
Cara lain dalam mengetahui penyebab seorang anak lambat dalam memahami pelajaran yakni dengan konsultasi eksklusif dengan orang bau tanah siswa. Baik menanyakan bagaimana sikap anak ketika berada di rumah, kebiasaan anak atau kekerabatan emosional antara orang bau tanah dan anak.  Selain itu guru juga bisa menawarkan isyarat kepada orang bau tanah anak bagaimana sebaiknya mendidik anak dengan baik dan benar.

Karena biasanya problem berguru yang ditampakkan oleh anak di sekolah berasal dari lingkungan keluarga misalkan kondisi keluarga anak yang tidak harmonis, ekonomi keluarga yang rendah, perhatian orang bau tanah yang minim dll sehingga berdampak pada sikap dan tingkah laris anak di sekolah.

8. Memotivasi anak untuk bersungguh-sungguh belajar
Motivasi yakni salah satu instrumen yang bisa membangkitkan motivasi berguru seorang anak, dengan motivasi berguru yang tinggi anak yang dulunya kurang pandai bisa menjadi lebih cerdas dalam pelajaran.

Karena itu sebagai guru maupun orang bau tanah alangkah bijaknya jikalau anak yang mengalami kesulitan berguru senantias diberi ransangan.motivasi biar menjadi lebih ulet lagi belajar. MIsalnya saja anada mengatkan "kamu niscaya bisa", "Kalau sobat kau bisa melakukannya maka kau juga niscaya bisa" dan sebagainya. Tinggal anda sebagai guru dan orang bau tanah yang harus pandai-pandai dalam memberi motivasi bagi anak tersebut.

9. Hindarkan eksekusi atau perkataan yang bisa lebih menciptakan anak tersebut semakin rendah diri
Hal yang terasa tidak adil adil yakni ketika anak yang mendapatkan nilai lebih baik, sikap guru dan orang bau tanah biasa-biasa saja. Namun ketika seorang anak menerima nilai/prestasi yang buruk, maka mereka dihukum, dihardik dan mendapatkan kata-kata yang justru semakin menciptakan mentalnya semakin down.

Cara tersebut sungguh sangat tidak baik, guru dan orang bau tanah yang seharusnya menjadi motivator, mediator, katalisator dan inspirator jangan justru menjadi sosok atau pribadi yang bisa menciptakan anak semakin rendah diri. Maka bijaklah dalam mengatasi/menangani anak yang lambat memahami pelajaran.

Karena bukan mustahil jikalau cara/metode/teknik yang anda gunakan telah sempurna dalam mangani anak yang mengalami kelsulitan belajar, justru anak tersebut akan menjadi berprestasi dan sukes menciptakan anda terperangah.

10 Mendidik dengan hati
Jika hingga ketika ini anak yang anda didik dengan banyak sekali cara/metode/teknik masih kurang berhasil dan cenderung berjalan ditempat, maka jangan eksklusif menyalahkan anak tersebut namun sebagai guru maupun orang bau tanah sebaiknya anda terlebih dahulu melaksanakan instrosfeksi diri.

Bisa jadi anak yang mengalami kesulitan berguru mengalami hal tersebut alasannya yakni cara anda dalam mengajar yang kurang baik. Mendidik dengan hati dan penuh kelembutan, kasih sayang bisa menjadi jalan sehingga anak didk yang anda didik lebih tergugah hatinya untuk lebih memperhatikan pelajaran dan lebih ulet belajar.

Demikianlah 10 cara Mengatasi Anak yang lambat dalam memahami pelajaran yang bisa guru coba praktekkan dalam mengatasi penerima didik yang lambat dalam memahami pelajaran di sekolah. Kuncinya dalam mengatasi anak yang lambat memahami pelajaran yakni sabar dan konsisten dan terus berupaya mendidik anak tersebut dengan sepenuh hati. Dan pada hasilnya anak yang selama ini kita anggap lambat memahami pelajaran justru menjadi anak yang berprestasi dan membanggakan sekolah. Wassalam semoga bermanfaat.
Sumber http://www.rijal09.com


EmoticonEmoticon