Wednesday, April 25, 2018

√ 3 Tahapan Proses Sosialisasi

Sosialisasi merupakan suatu proses sosial yang terjadi kalau seseorang mendapat pembentukan sikap untuk berperilaku yang sesuai dengan sikap kelompoknya. Keberhasilan sosialisasi sangat ditentukan oleh kebudayaan suatu masyarakat. Oleh karenanya, sosialisasi pada masyarakat yang satu berbeda dengan masyarakat yang lain. Contohnya teladan pengasuhan bawah umur di desa akan berbeda dengan teladan pengasuhan bawah umur di perkotaan. Ada tiga tahapan sosialisasi yaitu:
 
Sosialisasi merupakan suatu proses sosial yang terjadi kalau seseorang mendapat pembentu √ 3 Tahapan Proses Sosialisasi
Sosialisasi penting dalam masyarakat
1. Tahap Pertama
Pada tahap pertama, seseorang mulai berguru mengambil peranan orang-orang disekitarnya terutama orang yang paling bersahabat dengan keluarga menyerupai ayah, ibu, saudara atau kakek nenek.
2. Tahap Kedua
Pada tahap kedua, seseorang mengetahui peranan yang harus dijalankannya dan mengetahui peranan yang harus dijalankan orang lain. Bila anak bermain dalam suatu pertandingan sepak bola, ia tidak hanya mengetahui apa yang diperlukan orang lain darinya, namun juga sesuatu yang diperlukan dari teman-temanya yang ikut bermain. Ketika ia bermain sebagai penyerang maka ia akan mengetahui kiprah temannya sebagai bek, gelandang atau penjaga gawang.
3. Tahap Ketiga
Pada tahap ketiga, seseorang dianggap bisa mengambil peranan yang dijalankan orang lain dalam masyarakat luas. Misalnya, seorang anak wanita yang telah memahami peranan yang dijalankan oleh ibunya dan memahami peranan sebagai pengurus OSIS di sekolah.

Sosialisasi intinya merupakan proses berguru mengenai teladan interaksi dalam masyarakat. Dengan begitu ia akan memahami hak dan kewajiban, dan kiprah serta fungsinya masing-masing dalam masyarakat. Tujuan sosialisasi yaitu sebagai berikut:

1. memperlihatkan keterampilan kepada seseorang untuk sanggup hidup bermasyarakat.
2. menyebarkan kemampuan seseorang untuk berkomunikasi secara efektif.
3. menciptakan seseorang bisa mengembalikan fungsi-fungsi organik melalui latihan introspeksi yang tepat.
4. menanamkan nilai-nilai dan dogma kepada seseorang yang mempunyai kiprah pokok dalam masyarakat.
Gambar: disini

Sumber http://www.gurugeografi.id


EmoticonEmoticon