Friday, April 20, 2018

√ Geografi Negara Perancis

Perancis merupakan salah satu negara terkenal di dunia khususnya di Eropa. Negeri yang terkenal akan mode dan Menara Eiffel ini menjadi salah satu negara destinasi wisata dunia. Perancis terletak di Eropa Barat dan mempunyai wilayah yang teresebar di seluaurh dunia sebagai koloninya. Perancis merupakan negara terbesar kedua di Eropa dengan kondisi geografis rata-rata dataran rendah dengan beberapa perbukitan dan pegunungan di beberapa titik. Berikut profil singkat Perancis:

OFFICIAL NAME: French Republic
FORM OF GOVERNMENT: Republic
CAPITAL: Paris
POPULATION: 66,259,012
OFFICIAL LANGUAGES: French
MONEY: Euro
AREA: 210,026 square miles (543,965 square kilometers)
MAJOR MOUNTAIN RANGES: Alps, Pyrenees, Massif Central
MAJOR RIVERS: Seine, Rhine, and Rhô

Perancis merupakan salah satu negara terkenal di dunia khususnya di Eropa √ Geografi Negara Perancis
Peta Perancis via google map
Perancis telah usang menjadi pintu gerbang antara wilayah utara dan selatan negara tersebut. Batas geografis Perancis antara lain Jerman dan Belgia di utara, Samudera Atlantik di utara, Pegunungan Pirenia dan Spanyol di selatan, Swiss, Italia dan Laut Mediterania di timur. 

Dataran subur luas mendominasi sebagian besar wilayah utara dan barat, mengakibatkan Perancis sebagai sentra pertanian Eropa. Dataran tinggi dan gunung api purba menempati wilayah selatan Perancis.
Perancis merupakan salah satu negara terkenal di dunia khususnya di Eropa √ Geografi Negara Perancis
Perkebunan anggur di Perancis
Perancis merupakan salah satu negara tertua di Bumi dan negara paling bermacam-macam secara etnik di Eropa. Pengaruh histori ini menciptakan Perancis mempunyai kualitas tinggi di banyak sekali aspek budaya mulai dari masakan, anggur, politik filsafat, musik, seni, film, fashion, sastra sampai olahraga. Anggur Wine Perancis terkenal mempunyai kualitas terbaik di dunia.

Kondisi cuaca dan iklim di Perancis sangat bervariasi namun sebagian besar bertipe isu terkini hambar yang sejuk dan isu terkini panas yang hangat. Sementara wilayah di Mediterania mempunyai isu terkini hambar yang ringan dan isu terkini panas yang panas.
Perancis merupakan salah satu negara terkenal di dunia khususnya di Eropa √ Geografi Negara Perancis
Sudut kota Paris
Daratan Perancis dialiri oleh puluhan sungai. Sungai terpanjang di Perancis yaitu Liore dengan panjang 1.020 km. Sungai lainnya yang penting antara lain Garonne, Lot, Rhine, Rhone dan Seine.

Kota-kota penting di Perancis diantaranya Paris, Marseille, Bordeoux, Monaco, Lyon dan Nantes. Tokoh-tokoh terkenal dari Perancis diantaranya Napoleon Bonaparte, Montesquie dan Zinedine Zidane. Baca juga: Geografi Yerusalem

Gambar: disini, disini
Sumber http://www.gurugeografi.id


EmoticonEmoticon