Monday, June 18, 2018

√ 10 Cara Membangun Motivasi Berguru Akseptor Didik

10 Cara Membangun Motivasi Belajar Peserta Didik_ Menurut Sardiman, A.M.(2006) motivasi mencar ilmu adalah: kekuatan , dorongan, kebutuhan, semangat, tekanan atau prosedur psikologis yang mendorong seseorang atau sekelompok untuk mencapai prestasi tertentu sesuai dengan apa yang dikehendakinya. Motivasi paling tidak memat tiga unsur esensial, yakni: (1) faktor pendorong atau pembangkit motif, baik internal maupun eksternal, (2) Tujuan yang ingin dicapai,(3)Strategi yang dibutuhkan oleh individu atau untuk mencapai tujuan tersebut.

Dalam Amrin (2009) mengungkapkan, “  motivasi yaitu keadaan dan kesiapan dalamdiri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan tertentu.” motivasi sendiri terdiri atas dua macam, yaitu motivasi internal dan motivasi eksternal. Motivasi internal yaitu motivasi yang tiba dari dalam diri individu. Motivasi internal intinya didorong oleh kebutuhan (need) . Jenis motivasi ini timbul dari dalam individu sendiri tanpa ada paksaan dorongan orang lain, tetapi atas dasar kemauan sendiri, penerima didik selalu memperhatikan bahan pelajaran yang diberikan alasannya yaitu didalam diri penerima didiktersebut ada motivasi,yaitu motivasi internal.
 

Baca juga
10 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak
9 Cara Menjadi Guru Yang Menyenangkan Bagi Siswa 
Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa 

Peserta didik yang demikian biasnya denga kesadaran sendiri memperhatikan klarifikasi guru. Rasa ingin tahunya lebih banyakterhadap bahan pelajaran yang berikan. Berbagai gangguan yang ada disekitarnya tidak sanggup mempengaruhinya, untuk membangun motivasi internal, guru dituntut bisa membuat kebutuhan mencar ilmu didalam diri penerima didik.

Sedangkan motivasi eksternal yaitu motivasi yang timbul adanya dorongan dari luar individu. Jenis motivasi ini timbul sebagaiakibat imbas dari luar individu alasannya yaitu tidak ada motivasi didalam dirinya, maka motivasi eksternal yang merupakan dorongan dari luar dirinya mutlak n diperlukan, apakah alasannya yaitu adanya permintaan , suruhan, atau paksaan dari orang lain sehingga dengan keadaan demikian penerima didik mau melaksanakan sesuatu atau belajar. Disini kiprah guru yaitu membangkitkan motivasi penerima didik sehingga ia mau melaksanakan belajar.

Menurut Sukadi (2006) hal-hal yang mendorong motivasi eksternl penerima didik untuk mencar ilmu sebagai berikut: (1) membuat persaingan (kompetisi), (2) Menciptakan tujuan antara atau sasaran (pace making),(3)Memberi kesempatan untuk berhasil, (4) Mengadakan penilaian, dan(5) Menghargai penerima didik.

Ada beberapa taktik yang bisa dipakai oleh guru untuk menumbuhkan motivasi mencar ilmu penerima didik,sebagai berikut:
 

10 Cara Membangun Motivasi Belajar Peserta Didik

1. Tampil dengan prima
Tampil dengan prima pada ketika memulai pelaksanaan pembelajaran merupakan sebuah sugesti yang bisa mensugesti motivasi mencar ilmu siswa untuk semangat dan termotivasi untuk belajar

2. Menjelaskan tujuan mencar ilmu ke penerima didik. 

Pada permulaan mencar ilmu mengajar seharusnya terlebih dahulu seorang guru menjelaskan mengenai Tujuan Instruksional Khusus yang akan dicapainya kepada siswa. Makin terperinci tujuan maka makin besar pula motivasi dalam belajar.

3. Hadiah. 

Berikan hadiah untukpeserta didik yang berprestasi. Hal ini akan memacu semangat mereka untu bisa mencar ilmu lebih ulet lagi. Disamping itu, penerima didik yang belum berprestasi akan termotivasi ntuk bisa mengejar penerima didik yang berprestasi.

4. Saingan / kompetis. 

Guru berusaha mengadakan persaingan diantara penerima didiknya untuk meningkatkan prestasi belajarnaya, berusaha memperbaiki hasil prestsi yang telah dicapai sebelumnya.

5. Pujian. 

Sudah sepantasnya penerima didik yang berprestasi untuk diberikan penghargaan atau pujian. Tentunya kebanggaan yang bersifat membangun.

6. Hukuman.
 

Hukuman diberikan kepada penerima didik yang berbuat kesalahan ketika proses mencar ilmu mengajar. Hukuman ini diberikan dengan haapan semoga penerima didik tersebut mau merubah diri dan berusaha memacu motivasi belajarnya.

7. Membangkitkan dorongan
 

kepada anak didik untuk mencar ilmu Strateginya yaitu menunjukkan perhatian maksimal ke penerima didik.

8. Membentuk kebiasaan mencar ilmu yang baik

Belajar yang baik merupakan salah satu cara membangun motivasi mencar ilmu siswa, kebiasaan mencar ilmu yang baik seperi fokus, displin dll

9.
Membantu kesulitan mencar ilmu anak
Membantu kesulitan mencar ilmu anak didik secara individual maupuin kelompok

10.
Menggunakan metode yang bervariasi
Menggunakan metode yang bervariasi, dan memakai media yang baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Berdasarkan uraian di atas sanggup disimpulkan bahwa motivasi mencar ilmu segala hal yang sanggup menyebabkan seseorang untuk melaksanakan acara belajar, baik itu berupa kebutuhan maupun yang berupa harapan yang timbul dari setiap individu. Demikianlah Cara Membangun Motivasi Belajar Peserta Didik, semoga bermanfaat

Sumber http://www.rijal09.com


EmoticonEmoticon