Monday, June 18, 2018

√ Terbentuknya Angin Passat Dan Anti Passat

Angin yakni udara yang bergerak dari kawasan bertekanan maksimum ke kawasan bertenakan minimum. Ada banyak tipe angin di dunia ini mulai dari angin yang bersifat global dan angin yang bersifat lokal. Kali aku akan bahas sedikit perihal angin passat dan angin antipassat. Kedua angin ini merupakan tipe angin global yang berhembus bergantian dalam satu tahun.

Angin passat yakni angin yang bertiup sepanjang tahun dari wilayah subtropis ke kawasan ekuator. Angin passat terbagi menjadi angin passat timur maritim yang berhembus di bagian bumi utara dan angin passat tenggara yang berhembus di bagian bumi selatan.

Di kawasan tropis, kedua angin passat bertemu. Lokasi pertemuan angin passat ini disebut dengan Daerah Konvergensi Antar Tropik atau DKAT. DKAT merupakan suatu zona sentra tekanan rendah dengan suhu tinggi dibandingkan kawasan di sekitarnya. Lokasi DKAT ini bergerak setiap 14 hari ke utara dan selatan bolak balik mengikuti matahari. Baca juga: Mengenal lebih jauh DKAT.
Angin yakni udara yang bergerak dari kawasan bertekanan maksimum ke kawasan bertenakan mini √ Terbentuknya Angin Passat dan Anti Passat
Sirkulasi Angin Global
DKAT dicirikan dengan suhu yang selalu tinggi sehingga massa udara akan memuai dan naiks ecara vertikal (konvektif). Hal ini menyebabkan kawasan DKAT bebas dari gangguan angin angin kencang sehingga disebut doldrum atau kawasan tenang. 

Angin anti passat yakni angin yang mengalir turun dari kawasan tropis ke wilayah subtropis. Di bagian bumi utara disebut anti passat barat daya dan di bagian bumi selatan disebut anti passat barat laut. Angin anti passat bersifat kering dan menjadi faktor terbentuknya gurun di dunia ibarat Gurun Sahara dan Gurun Australia. Angin global ini terbentuk alasannya adanya rotasi bumi yang menyebabkan terjadinya dampak Coriolis. Baca juga: Sirkulasi Atmosfer

Gambar: gotbooks.miracosta.edu

Sumber http://www.gurugeografi.id


EmoticonEmoticon