Sunday, June 17, 2018

√ 10 Kelebihan Desain Gres Uang Rupiah Yang Sulit Dipalsukan

10 Kelebihan Desain Baru Uang Rupiah Yang Sulit Dipalsukan_Desain gres uang rupiah yang  diluncurkan oleh bank indonesia pada tanggal 19 Desember 2016 ialah salah satu langkah antisipatif  yang dilakukan oleh pemerintah sebab begitu maraknya pemalsuan uang rupiah yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Desain gres uang rupiah yang diluncurkan oleh bank indonesia diklaim sulit untuk dipalsukan hal tersebut dituturkan oleh Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia.
 Kelebihan Desain Baru Uang Rupiah Yang Sulit Dipalsukan √ 10 Kelebihan Desain Baru Uang Rupiah Yang Sulit Dipalsukan
Source: Malesbanget.com
Peluncuran desain gres uang rupiah kertas yang akan diterbitkan terdiri dari nilai nominal Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000. Sementara rupiah logam terdiri atas pecahan Rp 1.000, Rp 500, Rp 200, dan Rp 100.

Pembaharuan desain uang rupiah memang bukan hal gres sebab beberapa periode sebelumnya telah dilakukan beberapa perubahan desain rupiah namun masih mempunyai beberapa kekurangan sehingga masih dapat dipalsukan , jadi pada desain gres uang rupiah kali ini apa saja kelebihannya sehingga sulit dipalsukan? berikut ulasan singkat Kelebihan Desain Baru Uang Rupiah Yang Sulit Dipalsukan.

Walaupun peluncuran uang rupiah gres justru menjadikan kontroversi di masyarakat dan menjadi blunder bagi pemerintah namun teknologi yang ada pada uang rupiah gres ini diklaim sebagai salah satu mata uang dengan teknologi paling canggih di dunia. Apa saja kelebihan uang rupiah gres sehingga membuatnya diklaim sebagai mata uang dengan teknologi paling canggih berikut ulasannya

"10 Kelebihan Desain Baru Uang Rupiah Yang Sulit Dipalsukan"


kelebihan uang rupiah gres pada tingkat level pengamanan yang terdiri dari 3 level pengamanan yakni 

1. Level 1 (terbuka/covered) 
dimana unsur pengaman dapat dideteksi tanpa derma alat alias dengan mata telanjang. Biasanya kita mengenal dengan istilah 3D (Dilihat, Diraba, dan Diterawang).

2. Level 2 (semi tertutup/semi covered)
dimana unsur pengaman dapat dideteksi menggunakan alat yang sederhana, menyerupai beling pembesar (lup) dan lampu ultraviolet (UV).

3. Level 3 (tertutup/covered) 
dimana unsur pengaman hanya dapat dideteksi menggunakan mesin sortasi yang dimiliki oleh Bank Sentral atau peralatan laboratorium/forensik.

Selain itu beberapa kelebihan lain uang rupiah gres yang membuatnya sulit untuk dipalsukan yakni 

4. color shifting
Dari sisi color shifting, apabila dilihat dari sudut pandang yang berbeda, akan terjadi perubahan warna secara kontras. Dari sisi rainbow feature, apabila dilihat dari sudut pandang tertentu akan muncul gambar tersembunyi multi warna berupa angka nominal

5. 
latent image
Dari sisi latent image, apabila dilihat dari sudut tertentu akan muncul gambar tersembunyi berupa teks BI pada penggalan depan dan angka nominal pada penggalan belakang. 

6. 
ultra violet feature
Sementara dari sisi ultra violet feature (level 2), dilakukan penguatan desain UV feature yang memendar menjadi dua warna di bawah sinar UV. 

7.rectoverso
Dari sisi rectoverso, apabila diterawang akan terbentuk gambar saling isi berupa logo BI.

 8. 
fitur instruksi tuna netra 
Tak hanya itu, desain uang tahun emisi (TE) 2016 dilakukan dengan penyempurnaan fitur instruksi tuna netra (blind code) dengan melaksanakan perubahan desain pada bentuk instruksi tuna netra berupa dampak rabaan (tactile effect) untuk membantu membedakan antar pecahan dengan lebih mudah.

9. Total 17 Pengaman
Bank Indonesia telah bekerja keras membantu pihak kepolisian dalam memberantas peredaran uang palsu dengan menunjukkan pengamanan di uang yang gres ini setidaknya berjumlah sampai 17 pengaman. Fitur pengamanan tersebut tentu beberapa dapat diketahui masyarakat umum, dan sisanya hanya diketahui BI.

10. Mewakili semangat kebhinekaan 
Kelebihan terakhir dari uang rupiah gres yaitu uang rupiah gres tersebut diklaim mewakili semangat nasionalisme dan kebhinekaan yang ada di Indonesia.

Demikianlah 10 Kelebihan Desain Baru Uang Rupiah Yang Sulit Dipalsukan, dibutuhkan penemuan gres dari pemerintah tersebut dapat meminimalisir pemalsuan uang rupiah. Namun pastinya pemerintah akan terus berinovasi dalam menemukan formula yang paling jitu biar desain rupiah yang diciptakan tak dapat lagi dipalsukan. 
Sumber: Detik.com & tonfeb

Sumber http://www.rijal09.com


EmoticonEmoticon