Thursday, June 28, 2018

√ 6 Cara Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda

6 Cara Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda_ Tak sanggup dipungkiri semangat jiwa nasionalisme pada sebagian generasi muda mulai sedikit terkikis. Globalisasi didiga menjadi pemicu salah satu semakin memudarnya jiwa nasionalisme pada sebagian generasi muda bangsa. Hal yang justru semakin mengakar dibeberapa pihak atau golongan yakni semangat untuk memperjuangkan kepentingan kelompok, sungguh ironis. kurangnya penanaman jiwa nasionalisme atau semangat nasionalisme pada generasi muda bangsa menciptakan budaya absurd dengan mudahnya menghipnotis contoh pikirnya dan efeknya pada jiwa patriotisme kurang nampak.


Kondisi masyarakat yang dinamis menjadi tantangan tersendiri bagi pihak terkait untuk membentengi generasi muda penerus bangsa dari banyak sekali imbas negatif globalisasi. hal ini nampak dimana persatuan dan kesatuan bangsa tidak sekokoh dulu di zaman pasca proklamasi. untuk menganggulangi hal tersebut diperlukan tindakan yang terkoordinasi semoga semangat nasionalisme atau jiwa nasionalisme pada generasi muda sanggup tertancap dengan kokoh sehingga nilai-nilai kebangsaan menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme pada generasi muda sanggup dilakukan dengan banyak sekali cara, metode yang dipakai sanggup berupa hal yang menarik minat generasi muda untuk melakukannya sehingga tindak muncul perasaan yang gampang bosan dan menjenuhkan. berikut 

6 Cara Menumbuhkann Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda

1. Refleksi sejarah
Salah satu Cara Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda yakni melaksanakan nafak tilas sejarah baik itu dengan melaksanakan perjalanan ke tempat-tempat bersejarah yang menjadi simbol usaha para p0juang bangsa. selain itu sanggup juga dengan mempelajari sejarah melalui buku-buku yang menggambarkan usaha bangsa indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan atau sanggup juga melalui pemutaran film dokumenter yang memperlihatkan betapa gigihnya p0juang bangsa dalam mewujudkan kemerdekaan.

2. Melalui upacara bendera
Sebagian siswa sejatinya belum memahami makna dari pelaksanaan upacar bendera yang dilakukan setiap hari senin. melalui kegiatan upacara bendera sebaiknya memperlihatkan pemahaman wacana tujuan dilakukannya upacara bendera sehingga jiwa nasionalisme siswa semakin besar.

3. Memperkenalkan banyak sekali keragaman budaya bangsa
Dengan memperkenalkan banyak sekali keragaman budaya bangsa serta kekayaan sumber daya alam bangsa menciptakan para generasi muda akan merasa beruntung telah dilahirkan di indonesia sehingga muncul jiwa nasionalisme untuk menjaga keutuhan dan persatuan tanah air indonesia.

4. Melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan
Pendidikan kewarganeraan mengajarkan anak wacana bagaimana menjadi warga negara yang baik, taat terhadap hukum negara dan juga sebagai wadah untuk menumbuhkan semangat patriotisme. jadi seorang guru sanggup menanamkan jiwa nasionalisme pada siswa melalui pembelajaran PKn.

5. Melalui pengenalan tokoh sejarah
Tokoh sejarah juga sanggup menjadi media untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme pada generasi muda bangsa misalkan dengan menceritakan bagaimana usaha tokoh tersebut dalam melawan penjajah dan mempertahankan keutuhan NKRI dari bahaya asing.

6. Memakai dan mengasihi produk hasil produksi dalam negeri
salah satu Hal yang juga bisa menumbuhkan jiwa nasionalisme generasi muda yakni dengan menganjurkan untuk selalu memakai produk dalam negeri, sehingga muncul penghargaan tersendiri untuk tanah airnya.

Demikianlah 6 Cara Menumbuhkann Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda, namun masih banyak bahwasanya cara lain dalam Menumbuhkann Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda tinggal menentukan dan memilah mana yang sempurna dalam Menumbuhkann Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda.

Sumber http://www.rijal09.com


EmoticonEmoticon