Tuesday, June 19, 2018

√ Fosil Tengkorak Insan Jawa Pada Zaman Purbakala

Fosil Tengkorak Kepala Jawa Menimbulkan Pertanyaan Tentang Silsilah Manusia


Para ilmuwan telah mengungkap misteri dikala hominid (sebuah keluarga taksonomi dari primata, mengikutkan 4 genera yang masih hidup: simpanse dan bonobo, gorila, insan dan orangutan) awal pertama kali meninggalkan Afrika, ke mana mereka pergi, berapa banyak spesies hominid di sana; dan bagaimana mereka bekerjasama dengan insan modern, selama lebih dari satu abad.


Tengkorak yang gres saja ditemukan di Indonesia menambahkan sepotong gosip berharga pada catatan fosil, namun para ilmuwan berbeda ihwal letaknya di silsilah keluarga manusia.


Tengkorak tersebut, yang oleh para ilmuwan disebut Sambungmacan 4 (Sm 4), ditemukan di tempat Sambungmacan, Jawa Tengah, Indonesia. Ini yaitu Homo erectus jantan berumur separuh baya atau sedikit lebih muda yang mungkin menderita dan sembuh dari luka di kepala. Dua tengkorak parsial dan fragmen tibia sebelumnya ditemukan di tempat tersebut.


Para ilmuwan menyimpulkan bahwa populasi “Manusia Jawa” menjadi semakin terisolasi dari populasi Homo erectus Asia lainnya dan memperlihatkan bantuan minimal pada keturunan insan modern.


 


Fosil Tengkorak Kepala Jawa Menimbulkan Pertanyaan Tentang Silsilah Manusia √ Fosil Tengkorak Manusia Jawa Pada Zaman Purbakala

Replika tengkorak “Manusia Jawa”





Homo Erectus Adalah


Jenis insan yang telah punah dari genus Homo. Dalam bahasa Latin, berarti “manusia yang bangkit tegak”.


Jenis insan purba lainnya: Meganthropus (Manusia Besar), Pithecanthropus (Manusia Kera Berjalan Tegak), Homo erectus, Homo antecessor, Homo heidelbergensis, Neanderthal.


 


Fosil Manusia Jawa Homo Erectus Paleoj4vanicus 1891


Manusia Jawa (Homo erectus paleoj4vanicus) yaitu jenis homo erectus yang pertama kali ditemukan. Yang berusia sekitar 500 000 tahun yang lalu. Pada awal penemuan, makhluk menyerupai insan ini diberi nama ilmiah Pithecanthropus erectus oleh Eugène Dubois, pemimpin tim yang berhasil menemukan fosil tengkoraknya di Trinil pada tahun 1891. Nama Pithecanthropus erectus sendiri berasal dari akar bahasa Yunani dan latin dan mempunyai arti manusia-kera yang sanggup berdiri.


 


Fosil Tengkorak Kepala Jawa Menimbulkan Pertanyaan Tentang Silsilah Manusia √ Fosil Tengkorak Manusia Jawa Pada Zaman Purbakala

Ilustrasi tengkorak “Manusia Jawa”. 1922 rekonstruksi tengkorak Manusia Jawa, alasannya yaitu Trinil 2 hanya merupakan tengkorak, Dubois yang percaya bahwa insan Jawa sedang berpindah antara monyet dan manusia, menarik rekonstruksi dengan rahang menyerupai monyet tapi otak lebih besar dari kera.





Bacaan Lainnya






Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai


Respons “ohh begitu ya…” akan sering terdengar, jikalau Anda memasang aplikasiHP kita!


Siapa bilang mau pandai harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan gosip yang menciptakan Anda menjadi lebih smart!



 


Sumber bacaan: BritannicaNational GeographicUNESCOTalk Origins



             


Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”

Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


 








Sumber aciknadzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon