Tuesday, June 19, 2018

√ Pengertian Pendidikan Vokasi

Pengertian Pendidikan Vokasi || Menurut kbbi.kemdikbud.go.id vokasi diartikan sebagai pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi atau keahlian. Pendidikan Vokasi adalah sistem pendidikan tinggi yang diarahkan pada penguasaan keahlian terapan tertentu kepada penerima latih dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Peserta latih akan diarahkan untuk menyebarkan keahlian terapan dan menyesuaikan diri pada bidang pekerjaan tertentu serta sanggup membuat peluang kerja.

Pendidikan Vokasi ialah pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, mencakup kegiatan pendidikan Diploma (diploma 1, diploma 2, diploma 3 dan diploma 4) yang setara dengan kegiatan pendidikan akademik strata 1. Lulusan pendidikan vokasi akan mendapat gelar vokasi/gelar jago madya.

Pendidikan Vokasi merupakan pendidikan tinggi yang ditujukan untuk kepentingan mudah melalui kegiatan pendidikan diploma I (D1), diploma II (D2), diploma III (D3), diploma IV (D4) atau sarjana terapan, Magister Terapan dan Doktor Terapan. Lulusan pendidikan vokasi mendapat gelar vokasi, contohnya A.Ma (Ahli Madya), A.Md (Ahli Madya), S.ST. (Sarjana Sains Terapan).

Lembaga yang menyelenggarakan pendidikan tinggi keahlian terapan (vokasi) ialah Universitas yang menyelenggarakan kegiatan diploma, Akademi, Politeknik (seperti Politeknik Banyuwangi), Sekolah Tinggi, Institut dengan waktu studi untuk Program Diploma 1 selama 1 tahun, Diploma 2 selama 2 tahun, Diploma 3 selama 3 tahun, dan Diploma 4 selama 4 tahun. Standar nasional pendidikan vokasi dikembangkan menurut standar kompetensi nasional dan/atau internasional.

Baca Juga;
    Perbedaan Pendidikan Akademik, Profesional dan Vokasi - [klik di sini]
    Perbedaan Pendidikan KEjuruan dan Pendidikan Vokasi - [klik di sini]
    Kelebihan Pendidikan Vokasi - [klik di sini]

Pendidikan Vokasi menganut sistem terbuka (multi-entry-exit system) dan multimakna (berorientasi pada pembudayaan, pemberdayaan, pembentukan watak, dan kepribadian, serta aneka macam kecakapan hidup life skill. Pendidikan vokasi berorientasi pada kecakapan kerja sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan serta sesuai dengan tuntutan kebutuhan lapangan kerja.

Demikian sajian warta mengenai Pengertian Pendidikan Vokasi yang sanggup disampaikan pada kesempatan ini. Semoga Bermanfaat !!!

Sumber http://www.tozsugianto.com/


EmoticonEmoticon