Tuesday, June 12, 2018

√ Kelebihan Penggunaan Media Powerpoint Dalam Pembelajaran

Kelebihan penggunaan media powerpoint dalam pembelajaran _Saat ini, banyak sekali kegiatan aplikasi telah tersedia untuk mendukung pembuatan materi asuh atau pembuatan media yang berbasis multimedia terutama materi asuh atau media multimedia interaktif salah satunya ialah media presentasi berupa Microsoft office power point. Sebenarnya, hampir semua jenis media intinya dibentuk untuk disajikan atau dipresentasikan kepada sasaran. Yang membedakan antara media presentasi dengan media pada umumnya ialah bahwa pada media presentasi pesan/materi yang akan disampaikan dikemas dalam sebuah kegiatan komputer dan disajikan melalui perangkat alat saji (proyektor). Pesan/ materi yang dikemas bisa  berupa teks, gambar, animasi dan video yang dikombinasi dalam satu kesatuan yang utuh.

Pada dasarnya media presentasi yang memakai kegiatan komputer ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari media transparansi yang disajikan melalui OHP. Berbeda dengan transparansi OHP tidak bisa menampilkan unsur audio visual, maka media presentasi dengan kegiatan komputer ini, kita bisa menampilkan unsur audio-visual dalam pembelajaran. Berkat  keefektifannya dalam menyajikan pesan, maka  ketika ini media presentasi banyak diaplikasikan untuk keperluan pendidikan dan pembelajaran.  Tentu saja ini bukan berarti bahwa media presentasi merupakan media yang paling cocok untuk semua materi dan topik pembelajaran.


Kelebihan dan kelemahan media presentasi
 

Kelebihan media presentasi
a. Dapat menyajikan teks, gambar, foto, animasi, audio dan video sehingga lebih menarik
b. Dapat menjangkau kelompok banyak
c. Tempo dan cara penyajian bisa disesuaikan
d. Penyajiannya masih bisa bertatap muka
e. Dapat dipakai secara berulang-ulang

Kelemahan media presentasi

a. Ketergantungan arus listrik sangat tinggi
b. Media pendukungnya harganya relatif mahal alasannya ialah harus ada komputer dan LCD
c. Penggunaan media ini sangat tergantung pada penyaji materi.
d. Masih sangat terbatas guru yang bisa menciptakan media presentasi

Program Power Point salah satu software yang dirancang khusus untuk bisa menampilkan kegiatan multimedia dengan menarik, gampang dalam pembuatan, gampang dalam penggunaan dan relatif murah, alasannya ialah tidak membutuhkan materi baku selain alat untuk penyimpanan data (data storage).

Microsoft Power Point 2003 merupakan kegiatan aplikasi presentasi yang sangat terkenal dan paling banyak dipakai ketika ini untuk banyak sekali kepentingan presentasi, baik pembelajaran, presentasi produk, meeting, seminar, lokakarya dan sebagainya. Dengan memakai power point 2003 kita sanggup menciptakan presentasi secara professional dan dan kalau perlu hasil presentasi sanggup dengan gampang ditempatkan diserver web sebagai halaman web untuk diakses sebagai materi pembelajaran atau informasi lainnya. Microsoft Power Point 2003 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya. Program ini menjadi lebih gampang untuk menciptakan dan menggunakannya dengan fasilitas integrasi ke internet menjadi lebih gampang dan cepat. Selain itu kegiatan Power Point 2003 ini sanggup diintegrasikan dengan Microsoft yang lainnya ibarat Word, Excel, Acces dan sebagainya.
 

Manfaat kegiatan Power Point
Microsoft Power Point ialah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional dan juga mudah. Microsoft Power Point akan membantu sebuah gagasan menjadi lebih menarik dan terang tujuannya kalau dipresentasikan alasannya ialah Microsoft Power Point akan membantu dalam pembuatan slide, outline presentasi, menampilkan slide yang dinamis, termasuk clip art yang menarik, yang gampang ditampilkan di layar monitor komputer.

Manfaat kegiatan Power Point
a. Materi pembelajaran akan menjadi lebih menarik.
b. Penyampaian pembelajaran akan lebih efektif dan efisien.
c. Materi pembelajaran disampaikan secara utuh, ringkas, dan cepat melalui pointer-pointer materi.

Dilihat dari kaidah pembelajaran, meningkatkan kadar hasil berguru yang tinggi, sangat ditunjang oleh penggunaan media pembelajaran. Melalui media potensi indera penerima didik sanggup diakomodasi sehingga kadar hasil berguru akan meningkat. Demikianlah Kelebihan penggunaan media powerpoint dalam pembelajaran

Sumber http://www.rijal09.com


EmoticonEmoticon