Halo sobat blogger semuanya, bagaimana kabar hari ini?. Semoga semakin bersemangat menggapai sukses. Kali ini saya akan membagikan tutorial sederhana cara menciptakan ketidakhadiran otomatis di MS Excel 2010.
Berbicara absen, tentu kita sudah biasa bukan?. Apalagi seorang guru yang setiap hari mengabsen siswanya di kelas. Jika selama ini kita biasa memakai bolos manual yang repot dan mesti merekap di simpulan tahun maka tutorial ini sanggup membantu anda. Saya berikan cara menciptakan ketidakhadiran yang otomatis terekap jadi anda tidak harus pusing-pusing ngitung lagi, buang-buang waktu bukan?. Langsung saja ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:
1. Buka MS Excel 2010 maka akan muncul tampilan kolom-kolom kotak persegi bukan?.
2. Buat judul nya dengan cara pilih INSERT kemudian WORD ART.
3. Setelah itu pada sel A9 atau terserah deh mulainya
Berbicara absen, tentu kita sudah biasa bukan?. Apalagi seorang guru yang setiap hari mengabsen siswanya di kelas. Jika selama ini kita biasa memakai bolos manual yang repot dan mesti merekap di simpulan tahun maka tutorial ini sanggup membantu anda. Saya berikan cara menciptakan ketidakhadiran yang otomatis terekap jadi anda tidak harus pusing-pusing ngitung lagi, buang-buang waktu bukan?. Langsung saja ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:
1. Buka MS Excel 2010 maka akan muncul tampilan kolom-kolom kotak persegi bukan?.
2. Buat judul nya dengan cara pilih INSERT kemudian WORD ART.
![]() |
Tutorial bolos otomatis Excel 2010 |
- sel A9 ketik NOMOR
- sel B9 ketik NAMA SISWA
- sel C9 ketik NIS
- sel D9 ketik PERTEMUAN (saya contohkan untuk 35 pertemuan), jadi anda ketik angka 1 di D9 dan angka 2 di E9, kemudian blok kemudian Tarik sehingga nanti akan otomatis angkanya nambah sesuai harapan jumlah pertemuan.
4. Untuk mengatur lebar kolom: blok dua kolom pertemuan 1 dan 2 kemudian klik kanan dan pilih COLUMN WIDTH, saya jadikan angka 2.0. Hasilnya kaya di bawah ini.
- sel B9 ketik NAMA SISWA
- sel C9 ketik NIS
- sel D9 ketik PERTEMUAN (saya contohkan untuk 35 pertemuan), jadi anda ketik angka 1 di D9 dan angka 2 di E9, kemudian blok kemudian Tarik sehingga nanti akan otomatis angkanya nambah sesuai harapan jumlah pertemuan.
4. Untuk mengatur lebar kolom: blok dua kolom pertemuan 1 dan 2 kemudian klik kanan dan pilih COLUMN WIDTH, saya jadikan angka 2.0. Hasilnya kaya di bawah ini.
![]() |
Tutorial bolos otomatis Excel 2010 |
5. Kolom AM hingga AR isikan dengan keterangan menyerupai di bawah ini.
![]() |
Tutorial bolos otomatis Excel 2010 |
6. Di kolom NOMOR, block satu baris ke bawah kemudian pilh MERGER DAN CENTER, lakukan pada kolom PERTEMUAN dan CATATAN. Kamu niscaya paham bukan maksud saya.
7. Setelah itu isi nama siswa atau karyawan.
8. Setelah semua siap, NOMOR, PERTEMUAN, NAMA SISWA DLL diisi maka selanjutnya ialah memakai CONDITIONAL FORMATTING untuk otomatisasi kehadiran. Makara misal, kalau kita isi aksara
- "a" maka otomatis kolom berwarna merah
- "i" maka otomatis kolom berwarna oranye
- "s" maka otomatis kolom berwarna hijau
- "h" maka otomatis kolom berwarna biru
9. Sudah siap!, bloka semua area yang akan difungsikan CONDITIONAL FORMATTING, kemudian pilih Ikon CONDITONAL FORMATTING di Toolbar. Lihat gambar di bawah ini:
![]() |
Tutorial bolos otomatis Excel 2010 |
11. Kemudian pilih FORMAT ONLY CELS THAT CONTAIN, CELS VALUE pilih SPECIFIC TEXT, kemudian di teks kosong sebelah kanan ketik aksara "a", tanpa tanda petik.
12. Klik FORMAT kemudian tab fill dan pilih warna menjadi merah kemudian OK.
13. Ulangi langkah dari no 9 untuk kondisi "i" (izin), "h" (hadir) dan "s" (sakit). Warna sesuaikan terserha selera aja. Ingat ya jangan lupa di Blok dulu area pertemuannya menyerupai gambar di atas.
![]() |
Tutorial bolos otomatis Excel 2010 |
![]() |
Tutorial bolos otomatis Excel 2010 |
![]() |
Tutorial bolos otomatis Excel 2010 |
![]() |
Tutorial bolos otomatis Excel 2010 |
15. Langkah selanjutnya ialah menciptakan rekap otomatisnya:
- klik kolom ALPHA dan ketik =COUNTIF (D7:AL7, "a") kemudian ENTER
- klik kolom IZIN dan ketik =COUNTIF (D7:AL7, "i") kemudian ENTER
- klik kolom SAKIT dan ketik =COUNTIF (D7:AL7, "s") kemudian ENTER
- klik kolom HADIR dan ketik =COUNTIF (D7:AL7, "h") kemudian ENTER
Ingat kolomnya sesuaikan dengan yang anda buat, kalau saya mulainya di D7. Kemudan drag kolom yang sudah ada rumus tadi ke bawah, jadi anda tidak perlu lagi nulis rumus di semua kolom.
![]() |
Tutorial bolos otomatis Excel 2010 |
16. Langkah pamungkas agar lebih kece, pakai persentase. Klik kolom %, kemudian tulis = AP7/35*100.
- AP7 alasannya kolom kehadiran bolos siswa pertama ada di sana
- 35 ialah jumlah pertemuan, silahkan atur sesuai selera atau kenyataannya
- Kolom tanggal di bawah diisi agar gak lupa pertemuan 1 tanggal berapa, kedua tanggal berapa dan seterusnya
- Materi isi dengan bahan KD/Indikator pelajaran yang dipelajari pas pertemuan tersebut.
![]() |
Tutorial bolos otomatis Excel 2010 |
17. Selamat anda sudah punya bolos otomatis dan siap digunakan. Daripada nulis manual cape dan harus rekap itung-itung lagi di akhir. Mendingan gunakan teknologi yang sudah sangat memudahkan kerjaan kita. Kalau butuh hard copy, ya tinggal print aja bukan!. Selamat mencoba.
Baca juga:
Mindset beriklan di facebook agar gak nyesel dan boncos
Download PPT geografi interaktif gratis
Baca juga:
Mindset beriklan di facebook agar gak nyesel dan boncos
Download PPT geografi interaktif gratis
"BE A SMART TEACHER AND HI-TECH OK" |
Sumber http://www.gurugeografi.id
EmoticonEmoticon