Thursday, June 21, 2018

√ Pengertian Majas, Beserta Jenis Dan Rujukan Dalam Penulisanya

 Beserta Jenis dan Contoh dalam penulisanya  √ Pengertian Majas, Beserta Jenis dan Contoh dalam penulisanya
Pengertian Majas

Pengertian Majas, Beserta Jenis dan Contoh dalam penulisanya – Rekan-rekan dicariguru.com tentunya kita sebagai seorang pendidik sudah tidak absurd lagi dengan majas, majas atau gaya bahasa mempunyai pengertian pemanfaatan khasanah bahasa, penggunaan ragam bahasa tertentu untuk memperoleh nuansa bahasa tertentu yang menciptakan sebuah karya sastra semakin hidup dalam memberikan pikiran dan perasaan, baik secara verbal maupun tertulis sehingga tercipta katat- kata gres yang lebih gampang untuk dipakai dan dipahami.


Jenis – Jenis Majas

Majas dibagi menjadi 4, yaitu


A. Majas Perbandingan


Majas perbandingan yaitu gaya bahasa dalam membandingkan dua unsur atau lebih yang memilikmi kesamaan tingkat. Macam- macam majas perbandingan:


1. Majas Asosiasi (perumpamaan)

Penertian majas asosiasi ialah majas untuk menggambarikan seseorang dengan suatu benda majas asosiasi ini biasanya ditandai dengan kata penghubung seperti, bak, layaknya, ibarat, dan bagai berikut rujukan penulisanya :

Contoh:

Wajahnya berkilau kolam mutiara.

Perasaannya mirip kapas putih


2. Majas Metafora

Pengertian majas metafora ialah majas untuk membandinggkan dua benda yang berbeda alasannya yaitu mempunyai kesamaan sifat berikut rujukan penulisanya :

Contoh:

a. Rumah pak lurah dilahap sijago merah.

b. Aldi yaitu bintang kelas XI IPA


3. Majas personifikasi

Majas personifikasi yaitu majas yang dipakai untuk menggambarkan benda mati yang seakan-akan mempunyai sifat layaknya insan berikut rujukan penulisanya :

Contoh:

Tanpa hadirmu disini, dinginnya malam selalu menyelimuti tubuhku.


4. Majas simbolik

Pengertian majas simbolik yaitu majas untuk menggambarkan insan dengan benda-benda mati berikut rujukan penulisanya :

Contoh:

Akhirnya masalah itu dibawa ke meja hijau.


5. Majas sinekdok

Pengertian majas sinekdoke ialah majas yang dipakai untuk menyatakan suatu bab untuk menggantikan keseluruhan atau menyatakan keseluruhan untuk suatu bagian. Adapun majas sinekdoke sendiri dibagi menjadi 2 yaitu:


a. Majas sinekdoke pars pro toto

Majas sinekdoke pars pro toto merupakan majas yang dipakai untux menyatakan suatu bab untuk keseluruhan. Contohnya yaitu: Sampai kini , belum juga kelihatan batang hidung adi.entah kemana anak itu.


b. Majas sinekdoke totem pro parte

Majas sinekdoke totem pro parte merupakan majas yang menyebutkan keseluruhan untuk suatu bagian. Contohnya yaitu: Sekolah Menengan Atas TARUNA memenangkan olimpiade sains 2017


B. Majas Pertentangan


1. Majas Hiperbola

Pengertian majas hiperbola ialah majas yang dipakai untuk menyatakan ungkapan dengan cara berlebihan berikut rujukan penulisanya :

Contoh:

Senyuman ani meluluhlantakkan hatiku


2. Majas Litotes

Majas litotes yaitu Majas yang dipakai untuk mengungkapkan pernyataan merendah berikut rujukan penulisanya :

Contoh:

Silahkan singgah di gubuk kami.


C. Majas Sindiran


Majas sindiran hanya ada satu yaitu majas ironi. Majas ini dipakai untuk mengungkapkan hal yang bertentangan atau bermaksud untuk menyindir seseorang berikut rujukan penulisanya :

Contoh:

Rapi sekali kamarmu ini mirip kapal pecah


D. Majas penegasan


1. Pleonasme

Majas pleonasmme yaitu majas memakai kata-kata yang berlebihan yang berfungsi untuk menegaskan suatu hal berikut rujukan penulisanya :

Contoh:

Ia masuk ke dalam ruangan tersebut dengan wajah semringah.


2. Repetisi

Majas repetisi yaitu majas yang mengulang kata-kata dalam sebuah kalimat sehingga diras kurang efektif berikut rujukan penulisanya :

Contoh:

Dia orangnya, Dia pelakunya, ia pencurinya, ia yang mencopet dompetku tadi dipasar.


3. Retorika

Majas retorika dalah majas yang memperlihatkan penegasan dalam bentuk kalimat tanya dan tidak memerlukan tanggapan berikut rujukan penulisanya :

Contoh:

kenapa selalu mirip itu kau dalam setiap menerima masalah?


4. Klimaks

Majas titik puncak yaitu majas yang mengurutkan sesuatu dari tingkatan rendah ke tinggi berikut rujukan penulisanya :

Contoh:

Bayi, anak kecil, remaja, orang dewasa, sampai orang renta seharusnya mempunyai asuransi kesehatan.


5. Antiklimaks

Majas antiklimaks yaitu majas untuk menegaskan sesuatu dengan mengurutkan suatu tingkatan dari tinggi ke rendah berikut rujukan penulisanya :

Contoh:

Masyarakat perkotaan, perdesaan, sampai yang tinggi di dusun seharusnya sadar akan kearifan lokalnya masing-masing.


Demikian klarifikasi perihal Pengertian Majas, Beserta Jenis dan Contoh dalam penulisanya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan sedikit referensi perihal majas.kami sangat sadar bahwa artikel ini masih banyak terdapat kekurangan. Kami sangat bahagia apabila anda berkenan memperlihatkan kritik dan saran supaya kami lebih baik lagi dan berguru menjadi yang terbaik. Terimakasih




Sumber aciknadzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon