Sunday, June 17, 2018

√ Sebaran Tempat Rawan Musibah Indonesia

Bencana atau disaster merupakan suatu kejadian yang mengancam kehidupan mahluk hidup disekitarnya. Bencana sanggup dibagi menjadi musibah dan peristiwa sosial. Bencana alam merupakan peristiwa yang disebabkan oleh fenomena alam. Indonesia merupakan negara dengan tingkat kerentanan musibah yang tinggi. Setiap tahun banyak sekali musibah sering terjadi baik ketika ekspresi dominan hujan maupun kemarau. 

Berikut ini sebaran kawasan rawan musibah di Indonesia: Baca juga: cara menghitung azimuth dan back azimuth

Gempa Bumi
Gempa bumi yang paling membahayakan ialah gempa tektonik atau lantaran pergeseran lempeng tektonik. Gempa tektonik banyak terjadi di kawasan zona subduksi atau patahan. Daerah tersebut ialah Aceh, Padang, Nias, Jambi, Bengkulu, Lampung. Tasikmalaya, Jogjakarta, Sulawesi, Maluku dan Papua. Baca juga: Jenis pengikisan sungai

Erupsi
Erupsi ialah kejadian meletusnya gunung api. Daerah-daerah yang berada disekitar gunung api aktif termasuk zona rawan peristiwa ini ibarat Gunung Sinabung, Merapi, Tangkubanperahu, Lokon, Kelud, Semeru, Bromo dan Soputan.

Longsor
Longsor ialah pergerakan tanah di kawasan yang curam. Semua kawasan yang berada di lereng bukit mempunyai potensi longsor misalnya di Banjarnegara, Wonosobo, Ponorogo, Ciwidey dan Purworejo. Longsor sering terjadi di Indonesia lantaran curah hujan yang tinggi.
merupakan suatu kejadian yang mengancam kehidupan mahluk hidup disekitarnya √ Sebaran Daerah Rawan Bencana Alam Indonesia
Longsor paling banyak menelan korban jiwa
Banjir
Banjir banyak terjadi ketika ekspresi dominan hujan tiba. Biasanya banjir terjadi di kawasan dataran rendah atau kawasan yang dialiri sungai ibarat Jakarta, Bandung dan Bekasi. Banjir juga sanggup diakibatkan oleh pasang maritim (banjir rob) ibarat di kawasan Semarang.
Tsunami
Tsunami dipicu dari adanya gempa runtuhan di dasar maritim atau erupsi gunung api di laut. Daerah yang menghadap samudera luas berpotensi terkena tsunami ibarat pantai barat Sumatera, pantai selatan Jawa, Bali dan Nusa Tenggara.

Kekeringan
Kekeringan disebabkan oleh ekspresi dominan kemarau panjang atau lantaran anomali cuaca ibarat El Nino. Daerah rawan kekeringan di Indonesia diantaranya Gunung Kidul, Pacitan, Sulawesi Tengah dan Lombok. Baca juga: Jenis-jenis tanah longsor di Indonesia

Kebakaran lahan
Kebakaran lahan banyak terjadi di kawasan yang banyak hutan gambut ibarat Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Riau, Sumatera Selatan dan Jambu.

Gas Beracun
Gas beracun berasal dari tanda-tanda post vulkanik ibarat di Kawah Domas, Ijen dan Dieng. Gas beracun ini tidak berasa dan berbau sehingga agak sulit dideteksi oleh manusia. Baca juga: Faktor penyebab peristiwa kekeringan

Angin Puting Beliung
Angin puting beliung terjadinya lantaran adanya sentra tekanan rendah di suatu wilayah. Bebrapa kawasan yang pernah diterjang angin puting beliung diantaranya Sukabumi, Banten, Jawa Timur dan Sumatera potongan barat. Baca juga: mau tahu black hole itu ibarat apa?

Gambar: metrotvnews.com

Sumber http://www.gurugeografi.id


EmoticonEmoticon