Monday, September 17, 2018

√ Download Panduan Taktik Literasi Dalam Pembelajaran Sd

Download Panduan Strategi Literasi dalam Pembelajaran SD || Literasi, di awal, dimaknai ‘keberaksaraan’ dan selanjutnya dimaknai ‘melek’ atau ‘keterpahaman’. Pada langkah awal, ‘melek baca’ dan ‘tulis’ ditekankan alasannya yakni kedua keterampilan berbahasa ini merupakan dasar bagi pengembangan melek dalam banyak sekali hal atau disebut “multiliterasi”. Dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah (GLS), literasi merupakan kemampuan mengakses, memahami, dan memakai sesuatu secara cerdas melalui banyak sekali aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/berbicara.

Peta jalan Gerakan Literasi Nasional Kemendikbud (2017) mendefinisikan literasi sebagai:
  1. suatu rangkaian kecakapan membaca, menulis, dan berbicara, kecakapan berhitung, dan kecakapan dalam mengakses dan memakai informasi;
  2. sebagai praktik sosial yang penerapannya dipengaruhi oleh konteks;
  3. sebagai proses pembelajaran dengan kegiatan membaca dan menulis sebagai medium untuk merenungkan, menyelidik, menanyakan, dan mengkritisi ilmu dan gagasan yang dipelajari; dan
  4. sebagai pemanfaatan teks yang bervariasi berdasarkan subjek, genre,dan tingkat kompleksitas bahasa.
Baca Juga;
    Memahami Pengertian Literasi Digital - [klik di sini]
    Gerakan Literasi Digital di Sekolah - [klik di sini]

Agar bisa bertahan di kurun 21, masyarakat harus menguasai enam literasi dasar, yaitu literasi baca-tulis, literasi berhitung, literasi sains, literasi teknologi warta dan komunikasi, literasi keuangan, serta literasi budaya dan kewarganegaraan. Tiga literasi lainnya yang perlu dikuasai yakni literasi kesehatan, literasi keselamatan (jalan, mitigasi bencana), dan literasi kriminal (bagi siswa SD disebut “sekolah aman”). Literasi gestur pun perlu dipelajari untuk mendukung keterpahaman makna teks dan konteks dalam masyarakat multikultural dan konteks khusus para disabilitas.

Komunitas sekolah akan terus berproses untuk menjadi individu ataupun se kolah yang literat. Untuk itu, implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pun merupakan sebuah proses biar siswa menjadi literat, warga sekolah menjadi literat, yang akibatnya literat menjadi kultur atau budaya yang dimiliki individu atau sekolah tersebut.

Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di sekolah (SD, SMP, SMA/SMK) dilaksanakan melalui tiga tahap, (1) tahap pembiasaan, (2) tahap pengembangan, dan (3) tahap pembelajaran. Sehubungan dengan Tahap ke-3, Implementasi GLS dalam Pembelajaran, berikut disajikan Panduan Strategi Literasi dalam Pembelajaran SD.

DOWNLOAD File Lengkap;
Panduan Strategi Literasi dalam Pembelajaran SD - [klik disini]
Panduan Strategi Literasi dalam Pemelajaran SMP - [klik di sini]
Panduan Strategi Literasi dalam Pemelajaran SMA - [klik di sini]
Panduan Strategi Literasi dalam Pemelajaran SMK - [klik di sini]

Demikian sajian warta mengenai Panduan Strategi Literasidalam Pembelajaran SD yang sanggup disampaikan pada kesempatan ini. Semoga sajian berikut bermanfaat ...

Sumber http://www.tozsugianto.com/


EmoticonEmoticon