A. PENGERTIAN STATEGI PEMBELAJARAN BERMAIN JAWABAN
Strategi pembelajaran merupakan bidang garapan yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Trianto (2009: 140), mengemukakan bahwa: “strategi pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk memecahkan problem tertentu menyerupai tingkah laris atau tindakan yang digunakan oleh guru biar pembelajarannya berhasil, terarah dan menyenangkan”. Pengertian tersebut lebih mengarah pada perbuatan yang diamati walaupun pengertian tersebut sanggup pula meliputi tindkan kognitif yang tidak teramati. Strategi pembelajaran, sifatnya sangat personal, berbeda dari satu individu ke individu lainnya, alasannya yakni merupakan proses mental yang tidak tampak. Bermain merupakan seluruh aktifitas anak termasuk bekerja kesenangannya dan merupakan metode bagaimana mereka mengenal dunia. Bermain tidak sekedar mengisi waktu akan tetapi merupakan kebutuhan anak.
Menurut Suryasiwa (2011: 23) strategi pembelajaran bermain tanggapan yakni “strategi untuk menjelajahi dunia, dari apa yang tidak dikenali hingga apa yang diketahui, dan dari apa yang tidak diperbuat hingga bisa melakukan”. Bermain merupakan kegiatan yang sangat penting bagi anak menyerupai halnya kebutuhan terhadap makanan bergizi dan kesehatan untuk pertumbuhannya.
B. Karakteristik taktik pembelajaran bermain jawaban
Strategi pembelajaran bermain jawaban berdasarkan Suryasiwa (2011: 6) memiliki limamacam karakteristik utama, yaitu suara, gerak, gambar, garis, dan tulisan. Media bermain tanggapan termasuk dalam kategori media yang terdiri atas panduan gerak dan suara. Sesuai dengan pembagian terstruktur mengenai tersebut, permainan tanggapan merupakan kelompok media pembelajaran matematika maupun bahasa yang hanya sesuai untuk dilaksanakan dalam satu kelas. Media ini merupakan media yang hampir tidak memerlukan hardware atau perangkat yang keras, akan tetapi memerlukan acara yang harus dilakukan oleh siswa dan kreatifitas guru.
Dengan jalan bermain itu, sanggup diperoleh suatu kegembiraan atau kepuasan, di balik kegembiraan dan kepuasan, sesungguhnya siswa memperoleh sejumlah keterampilan. Di dalam setiap permainan, terdapat suatu tantangan yang harus dihadapi. Tantangan itu adakala berupa problem yang harus dipecahkan , kadang berupa rintangan yang harus diatasi, kadang pula berupa kompetisi yang harus dimenangkan.
Untuk memperoleh pengalaman dan keterampilan dalam bidang matematika dan kebahasaan, sanggup ditempuh melalui aneka macam permainan. Permainan yang berfungsi untuk melatih keterampilan di bidang kebahasaan itulah dinamakan permainan bahasa, dan untuk melatih daya pikir dan ingatan siswa dinamakan permainan jawaban. Dalam kehidupan sehari-hari, permainan semcam itu sudah sering dilakukan.
C. Tujuan taktik pembelajaran bermain jawaban
Menurut Suryasiwa (2011) dikala menerapkan taktik pembelajaran bermain jawaban, anak berimajinasi dan mengeluarkan ide-ide yang tersimpan di dalam dirinya. Anak mengekspresikan pengetahuan yang beliau miliki wacana dunia dan kemudian juga sekaligus bisa mendapat pengetahuan baru, dan semua dilakukan dengan cara yang menggembirakan hatinya. Tidak hanya pengetahuan wacana dunia yang ada dalam pikiran anak yang terekspresikan lewat bermain, akan tetapi juga hal-hal yang beliau rasakan, ketakutan dan kegembiraannya. Orangtua akan sanggup semakin menganal anak dengan mengamati dikala anak bermain.
D. Kelebihan dan kekuran taktik pembelajaran bermain jawaban
Setiap model atau taktik pembelajaran memiliki kelebuhan dan kekurangan, termasuk dengan taktik bermain jawaban. Menurut Suryasiwa (2011: 10) kelebihan dan kekurangan dan strategipembelajaran bermain tanggapan sebagai berikut. Kelebihan taktik bermain tanggapan yakni sebagai berikut :
1) Permainan tanggapan merupakan salah satu media pembelajaran yang berkadar CBSA tinggi, 2) Dapat mengurangi kebosanan siswa dalam proses pembelajaran di kelas 3) dengan adanya kmpetisi antar siswa, sanggup menumbuhkan semangat siswa untuk lebih maju, 4) permainan tanggapan sanggup membina hubungan kelompok dan menyebarkan kompetensi sosial siswa, 5) bahan yang dikomunikasikan akan mengesankan di hati siswa sehingga pengalaman keterampilan yang dilatihkan sukar dilupakan.
Adapun kekurangan dalam pelaksanaan taktik pembelajaran bermain jawaban, diantaranya yakni sebagai berikut : 1) Pelaksanaan permainan tanggapan biasanya diikuti gelak tawa dan sorak sorai siswa, sehingga sanggup mengganggu pelaksanaan pembelajaran di kelas yang lain, 2) tidak semua bahan sanggup dikominikasikan melalui permainan jawaban, 3) permainan tanggapan pada umumnya belum dianggap sebagai acara pembelajaran matematika, melainkan hanya sebagai selingan saja.
Kekurangan dari taktik pembelajaran bermain tanggapan sanggup diminimalisir dengan memahami langkah-langkah pembelajarannya, dan sebelum menerapkan taktik tersebut, maka segala sesuatunya harus dipersiapkan terlebih dahulujauh hari sebelum pelaksanaannya.
E. Langkah-langkah taktik pembelajaran bermain jawaban
Strategi pembelajaran merupakan bidang garapan yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Trianto (2009: 140), mengemukakan bahwa: “strategi pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk memecahkan problem tertentu menyerupai tingkah laris atau tindakan yang digunakan oleh guru biar pembelajarannya berhasil, terarah dan menyenangkan”. Pengertian tersebut lebih mengarah pada perbuatan yang diamati walaupun pengertian tersebut sanggup pula meliputi tindkan kognitif yang tidak teramati. Strategi pembelajaran, sifatnya sangat personal, berbeda dari satu individu ke individu lainnya, alasannya yakni merupakan proses mental yang tidak tampak. Bermain merupakan seluruh aktifitas anak termasuk bekerja kesenangannya dan merupakan metode bagaimana mereka mengenal dunia. Bermain tidak sekedar mengisi waktu akan tetapi merupakan kebutuhan anak.
Menurut Suryasiwa (2011: 23) strategi pembelajaran bermain tanggapan yakni “strategi untuk menjelajahi dunia, dari apa yang tidak dikenali hingga apa yang diketahui, dan dari apa yang tidak diperbuat hingga bisa melakukan”. Bermain merupakan kegiatan yang sangat penting bagi anak menyerupai halnya kebutuhan terhadap makanan bergizi dan kesehatan untuk pertumbuhannya.
B. Karakteristik taktik pembelajaran bermain jawaban
Strategi pembelajaran bermain jawaban berdasarkan Suryasiwa (2011: 6) memiliki limamacam karakteristik utama, yaitu suara, gerak, gambar, garis, dan tulisan. Media bermain tanggapan termasuk dalam kategori media yang terdiri atas panduan gerak dan suara. Sesuai dengan pembagian terstruktur mengenai tersebut, permainan tanggapan merupakan kelompok media pembelajaran matematika maupun bahasa yang hanya sesuai untuk dilaksanakan dalam satu kelas. Media ini merupakan media yang hampir tidak memerlukan hardware atau perangkat yang keras, akan tetapi memerlukan acara yang harus dilakukan oleh siswa dan kreatifitas guru.
Dengan jalan bermain itu, sanggup diperoleh suatu kegembiraan atau kepuasan, di balik kegembiraan dan kepuasan, sesungguhnya siswa memperoleh sejumlah keterampilan. Di dalam setiap permainan, terdapat suatu tantangan yang harus dihadapi. Tantangan itu adakala berupa problem yang harus dipecahkan , kadang berupa rintangan yang harus diatasi, kadang pula berupa kompetisi yang harus dimenangkan.
Untuk memperoleh pengalaman dan keterampilan dalam bidang matematika dan kebahasaan, sanggup ditempuh melalui aneka macam permainan. Permainan yang berfungsi untuk melatih keterampilan di bidang kebahasaan itulah dinamakan permainan bahasa, dan untuk melatih daya pikir dan ingatan siswa dinamakan permainan jawaban. Dalam kehidupan sehari-hari, permainan semcam itu sudah sering dilakukan.
C. Tujuan taktik pembelajaran bermain jawaban
Menurut Suryasiwa (2011) dikala menerapkan taktik pembelajaran bermain jawaban, anak berimajinasi dan mengeluarkan ide-ide yang tersimpan di dalam dirinya. Anak mengekspresikan pengetahuan yang beliau miliki wacana dunia dan kemudian juga sekaligus bisa mendapat pengetahuan baru, dan semua dilakukan dengan cara yang menggembirakan hatinya. Tidak hanya pengetahuan wacana dunia yang ada dalam pikiran anak yang terekspresikan lewat bermain, akan tetapi juga hal-hal yang beliau rasakan, ketakutan dan kegembiraannya. Orangtua akan sanggup semakin menganal anak dengan mengamati dikala anak bermain.
D. Kelebihan dan kekuran taktik pembelajaran bermain jawaban
Setiap model atau taktik pembelajaran memiliki kelebuhan dan kekurangan, termasuk dengan taktik bermain jawaban. Menurut Suryasiwa (2011: 10) kelebihan dan kekurangan dan strategipembelajaran bermain tanggapan sebagai berikut. Kelebihan taktik bermain tanggapan yakni sebagai berikut :
1) Permainan tanggapan merupakan salah satu media pembelajaran yang berkadar CBSA tinggi, 2) Dapat mengurangi kebosanan siswa dalam proses pembelajaran di kelas 3) dengan adanya kmpetisi antar siswa, sanggup menumbuhkan semangat siswa untuk lebih maju, 4) permainan tanggapan sanggup membina hubungan kelompok dan menyebarkan kompetensi sosial siswa, 5) bahan yang dikomunikasikan akan mengesankan di hati siswa sehingga pengalaman keterampilan yang dilatihkan sukar dilupakan.
Adapun kekurangan dalam pelaksanaan taktik pembelajaran bermain jawaban, diantaranya yakni sebagai berikut : 1) Pelaksanaan permainan tanggapan biasanya diikuti gelak tawa dan sorak sorai siswa, sehingga sanggup mengganggu pelaksanaan pembelajaran di kelas yang lain, 2) tidak semua bahan sanggup dikominikasikan melalui permainan jawaban, 3) permainan tanggapan pada umumnya belum dianggap sebagai acara pembelajaran matematika, melainkan hanya sebagai selingan saja.
Kekurangan dari taktik pembelajaran bermain tanggapan sanggup diminimalisir dengan memahami langkah-langkah pembelajarannya, dan sebelum menerapkan taktik tersebut, maka segala sesuatunya harus dipersiapkan terlebih dahulujauh hari sebelum pelaksanaannya.
E. Langkah-langkah taktik pembelajaran bermain jawaban
Menurut Hisyam (2008: 84), bagi seorang guru sebelum menerapkan langkah-langkah taktik pembelajaran bermain tanggapan harus mempersiapkan beberapa hal, sebagai berikut:
1) Buatlah sejumlah pertanyaan yang memerlukan tanggapan ringkasan, dan masing-masing ditulis pada selembar kertas, 2) Tulis sejumlah kemungkinan tanggapan dari pertanyaan nomor 1. Jumlah tanggapan harus lebih banyak dari jumlah pertanyaan. Misalnya jumlah pertanyaan adalah 5, maka jumlah tanggapan antara 7 hingga 10, 4) masukkan jawaban-jawaban tadi ke dalam kantong-kantong kertas. 5) Tempelkan kotak-kotak kertasbyang berisi tanggapan tadi pada selembar kertas karton, kemudian pasang di depan kelas.
Hal-hal tersebut di atas merupakan suatu pedoman yang harus diperhatikan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran, biar proses pembelajaran terealisasi dengan baik dan lancar. Setelah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan, maka hal selanjutnya yang perlu diperhatikan yakni langkah-langkah pelaksanaannya. Adapun langkah-langkah pembelajaran bermain tanggapan berdasarkan Hisyam (2008: 85), sebagai berikut:
1) Buatlah sejumlah pertanyaan yang memerlukan tanggapan ringkasan, dan masing-masing ditulis pada selembar kertas, 2) Tulis sejumlah kemungkinan tanggapan dari pertanyaan nomor 1. Jumlah tanggapan harus lebih banyak dari jumlah pertanyaan. Misalnya jumlah pertanyaan adalah 5, maka jumlah tanggapan antara 7 hingga 10, 4) masukkan jawaban-jawaban tadi ke dalam kantong-kantong kertas. 5) Tempelkan kotak-kotak kertasbyang berisi tanggapan tadi pada selembar kertas karton, kemudian pasang di depan kelas.
Hal-hal tersebut di atas merupakan suatu pedoman yang harus diperhatikan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran, biar proses pembelajaran terealisasi dengan baik dan lancar. Setelah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan, maka hal selanjutnya yang perlu diperhatikan yakni langkah-langkah pelaksanaannya. Adapun langkah-langkah pembelajaran bermain tanggapan berdasarkan Hisyam (2008: 85), sebagai berikut:
1) Bagi kelas menjadi beberapa kelompok, kelompok diubahsuaikan dengan jumlah akseptor didik. Uasahakan masing-masing kelompok tidak lebih dari 6 orang, 2) Masing-masing kelompok diberikan beberapa pertanyaan, jumlah pertanyaan harus sama untuk semua kelompok, 3) Minta masing-masing kelompok untuk mendiskusikan tanggapan dan mencari kira-kira di kotak yang mana tanggapan tersebut berada, 4) Mulai permainan dengan meminta salah satu kelompok untuk menjawab sesuai dengan kartu tanggapan yang diambil dari kotak, 5) Langkah no.4 diulang untuk kelompok yang lain hingga pertanyaan habis, 6) guru menunjukkan penjelasan jawaban.
PENGERTIAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERMAIN JAWABAN
PENGERTIAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERMAIN JAWABAN
Sumber http://www.rijal09.com
EmoticonEmoticon