Metode Tanya Jawab dalam Pembelajaran || Metode TanyaJawab yaitu cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa, namun sanggup pula dari siswa kepada guru.
Hal ini sejalan dengan pendapat yang mengartikan bahwa metode tanya jawab yaitu cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada murid, tetapi sanggup pula dari siswa kepada guru.
Sumber http://www.tozsugianto.com/Hal ini sejalan dengan pendapat yang mengartikan bahwa metode tanya jawab yaitu cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada murid, tetapi sanggup pula dari siswa kepada guru.
Lebih lanjut dijelaskan pula bahwa metode tanya jawab ini sanggup dijadikan sebagai pendorong dan membuka jalan pikiran bagi siswa untuk mengadakan penelusuran lebih lanjut (dalam rangka belajar) kepada aneka macam sumber berguru ibarat buku, majalah, surat kabar, kamus, ensiklopedia, laboratorium, alam, masyarakat, video dan lain sebagainya.
Dengan tanya jawab memungkinkan terjadinya komunikasi eksklusif yang bersifat two way traffic sebab pada dikala yang sama terjadi obrolan antara guru dan siswa. Guru bertanya siswa menjawab atau siswa bertanya guru menjawab. Dalam komunikasi ini terlihat adanya hubungan timbal balik secara eksklusif antara guru.
Beberapa hal yang penting diperhatikan dalam Metode Tanya Jawab ini antara lain:
Tujuan
Ada beberapa tujuan yang akan dicapai dari metode tanya jawa, di antaranya:
Pada dasarnya ada dua pertanyaan yang perlu diajukan, yakni pertanya-an ingatan dan pertanyaan pikiran:
Tujuan
Ada beberapa tujuan yang akan dicapai dari metode tanya jawa, di antaranya:
- Untuk mengetahui hingga sejauh mana materi pelajaran yang telah dikuasai oleh siswa.
- Untuk merangsang siswa berfikir.
- Memberi kesempatan pada siswa untuk mengajukan kasus yang belum dipahami.
Pada dasarnya ada dua pertanyaan yang perlu diajukan, yakni pertanya-an ingatan dan pertanyaan pikiran:
- Pertanyaan ingatan, dimaksudkan untuk mengetahui hingga sejauh mana pengetahuan sudah tertanam pada siswa. Biasanya pertanyaan berpangkal kepada apa, kapan, di mana, berapa, dan yag sejenisnya.
- Pertanyaan pikiran, dimaksudkan untuk mengetahui hingga sejauh mana cara berpikir anak dalam menanggapi suatu persoalan.
Biasanya pertanyaan ini dimulai dengan kata mengapa, bagaimana.
Tehnik Mengajukan Pertanyaan.
Berhasil tidaknya metode tanya jawab, sangat bergantung kepada tehnik guru dalam mengajukan pertanyaanya. Metode Tanya Jawab biasanya dipergunakan apabila:
Tehnik Mengajukan Pertanyaan.
Berhasil tidaknya metode tanya jawab, sangat bergantung kepada tehnik guru dalam mengajukan pertanyaanya. Metode Tanya Jawab biasanya dipergunakan apabila:
- Bermaksud mengulang materi pelajaran.
- Ingin membangkitkan siswa relajar.
- Tidak terlalu banyak siswa.
- Sebagai selingan metode ceramah.
Silahkan Baca Juga; Metode Pembelajaran Lainnya - [klik di sini]
Demikian hidangan warta mengenai Metode Tanya Jawab dalam Pembelajaran yang sanggup disampaikan pada kesempatan ini.
Demikian hidangan warta mengenai Metode Tanya Jawab dalam Pembelajaran yang sanggup disampaikan pada kesempatan ini.
Semoga Bermanfaat !!!

EmoticonEmoticon