Saturday, October 26, 2019

√ Media Pembelajaran Bahasa Arab


Latar Belakang
Pembelajaran bahasa pada umumnya sangatlah penting, baik bahasa Indonesia maupun bahasa asing, dan asalah satunya pembelajaran bahasa arab.Setiap orang niscaya mempunyai IQ yang berbeda-beda, oleh karana diharuskan oleh seorang guru mempunyai kemampuan untuk membaca kategori apakah yang pantas digunakan oleh setiap murid. tak hanya dengan  memahami kategori pembelajaran namun, pembelajaran bahasa juga sangat besar lengan berkuasa pada metode yang digunakan dan mengaplikasiakan .dan apa sajakah yang termasuk di dalamnya.

Oleh karana iru disini kita membhas banyak sekali media pembalajaran khususnya media E-learning
Rumusan Masalah
Berdasakan uraian di atas, maka rumusan duduk kasus sebagai berikut:
1)      Apa pengertian dengan media e-learning ?
2)      Apa saja ragam media e-learning?
3)      Bagaimana aplikasi e-learning dalam pembelajaran ?

Tujuan Masalah
1)      Mengetahui apa itu media e-learning
2)      Mengetahui ragam media e-learning
3)      Mengetahhui cara mengaplikasikan media e-learning terhadap pengajaran kita terhadap murid.









A.    Pengertian e-learning
e-learning yaitu merupakan proses acara penerapan pembelajaran berbasis web (web-based lerning), pembalajaran berbasis computer ,kelas virtual, atau kelas digital .materi- materi  dalam acara pembelajaran elektronik tersebut banyak dihantarkan melalui media internet ,tape,video atau audio .[1]      
Pembelajaran bahasa yaitu sebuah proses yang kompleks dengan banyak sekali fenomena yang pelik sehingga sehingga tidak mengherankan bila hal ini bisa mempunyai arti yang berbeda bagi setiap orang (Ellis, 1994). Factor – factor utama yang berkaitan erat dengan pemerolehan bahasa abnormal yaitu bahasa pembelajar,factor eksternal pemebelajar, faktor internal pembelajar, dan pembelajar sebahgai individu.[2]pembelajaran ini di pengaruhi oleh beberapa factor .faktor-faktor utama yang berkaitan erat dengan pemorelahan bahasa abnormal asing yaitu bahasa pembelajaran ,factor eksternal pembelajaran , factor internal pembelajaran dan pembelajaran sebagai individu.
B.     Ragam e-learning
Dalam media e-learning terdapat bermacam-macam metode kita untuk memberikan pembelajaran kita terhadap murid, diantaranya:
a)      Pembelajaran eksklusif (synchronous learning)
Dalam pembelajaran eksklusif , proses berguru mengajar berlangsung dalam waktu yang sama (real time) walau pun pengajar dan para siswanya secara fisisk berada pada daerah yang berbeda satu sama lain.contohnya penggunaan pembelajaran melalui chatting. Melalui akomodasi ini pengguna sanggup seakan akan berada dalam suatu ruangan berintraksi hangat dan akrab.fasilitas ini sangat popular akhir-akhir ini .pemanfaaatan akomodasi chat online dalam bidang bahasa sanggup melatih praktek lisan.
b)      Pembelajarn tidak eksklusif (ansyncronus learning)
Dalam pembelajaran ini tidak eksklusif , proses mengajar dan berguru berlangsung dengan adanya jeda waktu (waktu yang berbeda) prngajaran berbeda karna ada ditempat berpisah. Karekteristik dari pembelajaran ini yaitu harus mempersiapakan terlebih dahulu bahan pembelajaran sebelum proses berguru mengajar berlangsung. Contoh pembelajaran tidak eksklusif yaitu pemanfaatan akomodasi e-mail dan mailing list.
c)      Pembelajaran melalui e-mail (surat elektronik)
E-mail oleh para pengguna computer di Indonesia juga disebut dengan suarat elektronik, merupakan akomodasi yang paling sederhana,paling gampang penggunaanya dan penggunaan secara luas.
e-mail merupakan merupakan akomodasi yang memungkinkan dua orang atau lebih melaksanakan komunikasi yang bersifat tidak singkron. atau bersifat langsung.tapi justru karekteristik menyerupai itulah yang mengakibatkan e-mail menjadi sarana komunikasi paling murah.
d)     Telementoring dan e-coaching
Teknologi yaitu pemanfaatan teknologi internet dan web untuk memperlihatkan bimbingan dan pembinaan jarak jauh .dalam konteks ini,tool menyerupai telekonfrensi  (video,audio,computer) atau telepon dipergunakan memandu dan membimbing perkembangan penerima didik.dalam menguasai pengetahuan,keterampilan atau perilaku yang harus dikuasai.
c.  aplikasi e- learning dalam pengajaran bahasa arab
e- learning sendiri merupakan salah satu saran model pembelajaran yang berbasias teknologi , e- lerning merupakan bentuk penemuan dalam pembelajaran yang sanggup memudahkan bagi pengguna. Belajar dengan pengaplikasian model e-learning di harapkan bisa menunjang kualitas dari mutu pembelajarn di sekolah sekolah .sebab fenomena yang terjadi di bebrapa sekolah tanah air cenderung masih memakai metode konvesional yang bersifat manual .[3] adapun aplikasi e-learning pada ketika ini dilakukan oleh para pelajar yang telah di banyak digunakan oleh para ,mahasiswa, pelajar, dosen yaitu sebagai berikut
a.       Adanya mata pelajaran di sekolah yang memakai media e-learung menyerupai pelajaran TIK, dalam pembelajaran ini kita sanggup memakai computer cara bagaimana memakai computer , gunanya untuk menambah kemampuan kita bukan hanya di akademik melainkan diteknologi juga bisa, dan untuk mempermudah murid atau pelajar untuk mengerjakan tugas- kiprah yang diberikan.
b.      Penggunaan internet ,zaman kini dengan banyak sekali kecanggihan di internet kita sanggup berguru banyak sekali ilmu pengetahuan. Khususnya media pembelajaran bahasa arab .sekarang banyak sekali aplikasi aplikasi wacana percakapan, kamus online , bahakan kursus bahasa arab memakai media ini dengan mengunggah aplikasi .
c.       Dalam media pengajaran bahasa arab kita sanggup mengaplikasikan media video, percakapan, mendengar dengam memakai internet, computer tv,baik di aplikasikan eksklusif didepan murid maupun tidak langsung.
Dalam hal ini e- learning muncul seiring di manfaatkannya alat alat elektronik dalam kehidupan insan , terurtama yang berbasis computer sebagai alat untuk memberikan pembelajaran, mendapat informasi. Pembelajaran e-learning focus utamanya dalah pelajar,pelajar berdikari pada waktu tertentu dan bertanggung jawab untukpembelajaranya .suasana pembelajaran e-learning akan memaksa pelajaar memaiankan kiprah lebih aktif dalam pembelajaranya.pelajar menciptakan perancangan dan mencari bahan dengan perjuangan dan inisiatif sendiri.



DAFTAR PUSTAKA
-          Hamid Abdul,baharuddin uril,mustofa bisri.2008.media pengajaran bahasa arab.Malang:UIN-Malang press
-          Rusman.2013.belajar dan pembelajaran berbasias computer.Bandung:Alfabeta






[1]  Rusman,belajar dan pembelajaran berbasisi computer, 2013.h.291
[2] Abdul Hamid,dkk,pembelajaran bahasa arab ,pendekatan metode strategis ,materi,dan media, malang,2008.h.215
[3]

Malas untuk Copy Pastenya ? Download file word dibawah ini




Sumber http://umin-abdilah.blogspot.com


EmoticonEmoticon