Monday, November 11, 2019

√ Makalah Model Pembelajaran Make A Match



Teknik metode pembelajaran make a match atau mencari pasangan dikembangkan oleh Lorna Curran (1994). Model Pembelajaran make a match ini artinya model pembelajaran mencari pasangan. Setiap siswa menerima sebuah kartu (bisa soal atau jawaban), kemudian secepatnya mencari pasangan yang sesuai dengan kartu yang beliau pegang. sebelum batas waktunya, siswa yang sanggup mencocokkan kartunya diberi poin. Suasana pembelajaran dalam model pembelajaran Make a Match akan riuh, tetapi sangat asik dan menyenangkan[1].
Metode make a match ini termasuk dalam model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif didasarkan atas falsafah homo homini socius, falsafah ini menekankan bahwa insan ialah mahluk sosial (Lie, 2003:27). Sedangkan berdasarkan Ibrahim (2000:2) model pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang membantu siswa mempelajari isi akademik dan kekerabatan sosial. Ciri khusus pembelajaran kooperatif meliputi lima unsur yang harus diterapkan, yang meliputi; saling ketergantungan positif, tanggung jawab perseorangan, tatap muka, komunikasi antar anggota dan penilaian proses kelompok (Lie, 2003:30).
Model pembelajaran kooperatif bukanlah hal yang sama sekali gres bagi guru. Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang mengutamakan adanya kelompok-kelompok. Setiap siswa yang ada dalam kelompok memiliki tingkat kemampuan yang berbeda-beda (tinggi, sedang dan rendah) dan bila memungkinkan anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku yang berbeda serta memperhatikan kesetaraan jender. Model pembelajaran kooperatif mengutamakan kolaborasi dalam menuntaskan permasalahan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.
Oleh alasannya ialah itu, guna meningkatkan partisipasi dan keaktifan siswa dalam kelas, guru menerapkan metode pembelajaran make a match. Metode make a match atau mencari pasangan merupakan salah satu alternatif yang sanggup diterapkan kepada siswa. 

Lebih lengkap unduh di : model pembelajaran make a match


aciknadzirah.blogspot.com/search?q=metode-make-match (diunduh pada 29 oktober 2015, pukul 20.37 WIB)

Sumber http://umin-abdilah.blogspot.com


EmoticonEmoticon