Saturday, December 3, 2016

√ Download Ki Dan Kd Mapel Informatika Kelas 9 Smp/Mts

Download KI dan KD Mapel Informatika Kelas 9 SMP/MTs - Kompetensi Inti ( KI ) dan Kompetensi Dasar ( KD ) mata pelajaran Informatika sudah resmi diterbitkan. Hal ini didasar pada Permendikbud No. 35 dan No. 37 tahun 2019 perihal adanya mapel Informatika yang di implementasikan pada tahun pelajaran 2019/2020 untuk jenjang SMP/MTs dan SMA/MA.

Pengimplementasian mata pelajaran Informatika ditandai dengan adanya surat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam nonor B.20576/Dj.I/Dt.I.I/PP.00/07/2019 tanggal 10 Juli 2019, perihal Implementasi Mapel Informatika Pada MTs dan MA bagi forum Madrasah dan Surat dari Direktorat Jenderal Sekolah Dasar dan Menengah nomor 2001/D3/KP/2019 perihal tindak lanjut Implementasi Mapel Informatikan pada Sekolah Menengah Pertama dan SMA.

Maka dari itu rilislah secara resmi Kompetensi Inti ( KI ) dan Kompetenis Dasar ( KD ) untuk Mata Pelajaran INFORMATIKA pada jenjang SMP/MTs dan SMA/MA. Berbicara menegani KI dan KD pastinya bapak - ibu ada yang membutuhkan file KI dan KD mapel Informatika untuk proses pembelajaran. Maka dari itu akan membagikanya kepada anda, baik berupa tertulis atau file d0wnl0adnya.

Download KI dan KD Mapel Informatika Kelas  √ Download KI dan KD Mapel Informatika Kelas 9 SMP/MTs

Baca Juga :


1. KI dan KD Mapel Informatika Kelas 9 SMP/MTs


Pada kesempatan kali ini  akan membagikan daftar KI dan KD mapel Informatika khusus untuk kelas 8 SMP/MTs. Selain itu juga kami membagikan file KI dan KD mapel Informatika dalam bentuk file PDF. Adapun daftar KI dan KD mapel Informatika yaitu sebagai berikut :

Tujuan kurikulum meliputi empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”.

Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam membuatkan abjad penerima didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata. 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
Teknologi Informasi dan Komunikasi
3.1 Mengenal fitur lanjut browser.

4.1 Membuat laporan kiprah dengan paket office (terpadu).
3.2 Mengenal fitur aplikasi CMS (Content Management System, pengelola konten web, sedapat mungkin yang berupa freeware), dan menggunakan untuk membuat blog.
4.2 Membuat blog untuk menunjang acara siswa, contohnya membuat logbook kegiatan terkait sekolah.


Teknik Komputer
3.3 Memahami fungsi sistem komputer  (hardware dan OS) yang memungkinkannya untuk mendapatkan input, menyimpan, memroses dan mengoutputkan data sesuai dengan spesifikasinya.
4.3.1 Menjelaskan mekanisme di sistem  komputer.
4.3.2 Menjelaskan bagaimana data disimpan dan diproses (unit pengolahan logika dan aritmatika).
Analisis Data
3.4 Memahami bahwa setiap aplikasi menyimpan data sesuai representasinya (word-doc, exceltabel, ppt- slides).

4.4 Mengolah data dengan pengolah angka untuk menghilangkan error, menyatakan hubungan, atau memudahkan untuk diproses komputer.


3.5.1 Memahami pengolahan data menggunakan fitur lanjut aplikasi office.
3.5.2 Mengenal model komputasi umum.
4.5 Merancang algoritma untjuk mengotomasi pengumpulan data dan pengolahan data.
Algoritma dan Pemrograman
3.6 Memahami bahwa sebuah acara sanggup didekomposisi menjadi subprogram.

4.6 Mengimplementasi sebuah acara yang menggunakan atau mengandung sub-program (prosedur, fungsi).
3.7 Memahami dilema komputasi dan mengusulkan solusinya.
4.7.1 Merancang solusi untuk suatu dilema dengan mempertimbangkan beberapa keinginan, dan mengetes acara untuk memenuhi kepentingan.
4.7.1 Jika dimungkinkan, membuat “robot” yang bisa mengerjakan kiprah sederhana dari kit yang disediakan. Catatan : "robot" berupa sistem komputer atau hanya perangkat lunak baik visual ataupun tak ketinggalan.
Dampak Sosial Informatika
3.8 Memahami untung/rugi serta dampak positif/negatif membiarkan informasi menjadi publik, atau private.
4.8 Memilah informasi.

3.9 Memahami dampak jikalau data dibiarkan sanggup diakses publik.
4.9 Mempublikasi informasi publik yang patut.
Berpikir Komputasional (Tematis)
3.10 Computational Thinking untuk dilema komputasi dan otomasi yang lebih kompleks dari
4.10 Menyelesaikan persoalan-persoalan komputasi dan otomasi yang mengandung jejaring, pola, dan
sebelumnya
algoritmik yang lebih kompleks.
Praktik Lintas Bidang (Tematis)
3.11 Cross-Cut Component, Capstone (Integrasi pengetahuan dan keterampilan), Praktek
4.11.1 Fostering computing culture menumbuhkan budaya komputasi lewat berpikir komputasional.
4.11.2 Kolaborasi lewat tematik.
4.11.3 Recognizing and defining computational problems (mengenali dan mendefinisikan problemaproblema lebih kompleks dari sebelumnya yang sanggup diselesaikan dengan model komputasi.
4.11.4 Developing and using abstractions (mengembangkan dan menggunakan abstraksi
4.11.5 Creating computational artefacts: Mengembangkan atau bahkan jikalau bisa membuat artefak/produk TIK atau model komputasi contohnya acara komputer.
4.11.6 Testing and refining computational artefacts : menguji dan memperbaiki/menyempurnakan artefak/produk TIK atau model komputasi.
4.11.7 Communicating about computing (mengkomunikasikan informatika) lewat pengungkapan secara mulut maupun goresan pena perihal produk TIK yang dihasilkan.

2. Download KI dan KD Mapel Informatika Kelas 9 SMP/MTs


Bagi anda yang mebutuhkan file KI dan KD diatas dalam format PDF, silahkan unduh pada link yang sudah kami sediakan dibawah ini.


Silahkan unduh pada link yang sudah kami sediakan, apabila terdapat link yang mengalami rusak atau error segera hubungi kami melalui kolom kontak atau kolom komentar.

Demkianlah informasi tentang Download KI dan KD Mapel Informatika Kelas 9 SMP/MTs. Semoga apa yang kami bagikan ini sanggup bermanfaat bagi anda. Jangan lupa bagikan artikel ini semoga teman - teman dan rekan mengetahuinya. Terima Kasih.

Sumber http://www.emissimpatikazone.com


EmoticonEmoticon