Download KI dan KD Mapel Informatika Kelas 8 SMP/MTs - Kompetensi Inti ( KI ) dan Kompetensi Dasar ( KD ) mata pelajaran Informatika sudah resmi diterbitkan. Hal ini didasar pada Permendikbud No. 35 dan No. 37 tahun 2019 wacana adanya mapel Informatika yang di implementasikan pada tahun pelajaran 2019/2020 untuk jenjang SMP/MTs dan SMA/MA.
Pengimplementasian mata pelajaran Informatika ditandai dengan adanya surat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam nonor B.20576/Dj.I/Dt.I.I/PP.00/07/2019 tanggal 10 Juli 2019, wacana Implementasi Mapel Informatika Pada MTs dan MA bagi forum Madrasah dan Surat dari Direktorat Jenderal Sekolah Dasar dan Menengah nomor 2001/D3/KP/2019 wacana tindak lanjut Implementasi Mapel Informatikan pada Sekolah Menengah Pertama dan SMA.
Baca Juga :
- Download KI dan KD Mapel Informatika Kelas 9 SMP/MTs
- Download KI dan KD Mapel Informatika Kelas 7 SMP/MTs
1. KI dan KD Mapel Informatika Kelas 8 SMP/MTs
Pada kesempatan kali ini akan membagikan daftar KI dan KD mapel Informatika khusus untuk kelas 8 SMP/MTs. Selain itu juga kami membagikan file KI dan KD mapel Informatika dalam bentuk file PDF. Adapun daftar KI dan KD mapel Informatika yakni sebagai berikut :
Tujuan kurikulum meliputi empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati anutan agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam berbagi huruf penerima didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar | Kompetensi Inti 4 (Keterampilan) |
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata. | 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
Kompetensi Dasar | Kompetensi Dasar |
Jaringan Komputer/Internet | |
3.1.1 Mengenal Internet dan jaringan lokal, serta komunikasi data via HP (teknologi komunikasi). 3.1.2 Mengenal konektifitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, broadband). 3.1.3 Mengenal enkripsi sebagai salah satu cara untuk memproteksi data, merahasiakan, dan membatasi jalan masuk terhadap yang tak berhak. | 4.1 Melakukan koneksi perangkat ke jaringan lokal maupun internet. |
Algoritma dan Pemrograman | |
3.2 Memahami bahwa bagaimana insan berinteraksi dengan komputer melalui algoritma, dan bahwa algoritma dirancang untuk mengeneralisasi solusi aneka macam situasi. | 4.2.1 Membuat robot yang bisa menggambar atau menulis dengan agenda sederhana. 4.2.2 Mendefinisikan variabel, menyimpan data dan mengubahnya. 4.2.3 Memakai isyarat kondisional |
Dampak Sosial Informatika | |
3.3.1 Mengenal lebih dalam perkembangan komputer dan teknologi yang mengubah kehidupan sehari-hari. 3.3.2 Mengenal media umum dan dampaknya. | 4.3 Memakai media umum dengan baik dan berguna, dengan memperhatikan privasi dan hak orang lain. |
Berpikir Komputasional (Tematis) | |
3.4 Computational Thinking untuk duduk masalah komputasi yang lebih kompleks dari sebelumnya | 4.4 Menyelesaikan persoalan-persoalan komputasi yang mengandung jejaring, pola, dan algoritmik. |
Praktik Lintas Bidang (Tematis) | |
3.5 (*) | 4.5.1 Menumbuhkan budaya informatika dan TIK lewat berpikir komputasional (Fostering computing culture). 4.5.2 Kolaborasi lewat tematik. 4.5.3 Recognizing and defining computational problems (mengenali dan mendefinisikan problemaproblema yang sanggup diselesaikan dengan model komputasi. 4.5.4 Developing and using abstractions (mengembangkan dan memakai abstraksi 4.5.5 Creating computational artefacts: Mengembangkan atau bahkan kalau bisa membuat artefak/produk TIK atau model komputasi contohnya agenda komputer. 4.5.6 Testing and refining computational artefacts : menguji dan memperbaiki/menyempurnakan |
artefak/produk TIK atau model komputasi. 4.5.7 Communicating about computing Mengkomunikasikan wacana informatika lewat pengungkapan secara verbal pengalaman berpikir komputasional dan penggunaan TIK. |
Baca Juga :
- Download KI dan KD Mapel Informatika Kelas 9 SMP/MTs
- Download KI dan KD Mapel Informatika Kelas 7 SMP/MTs
EmoticonEmoticon