Pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelajaran mencakup kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.
1. Kegiatan Pendahuluan
Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
a. menyiapkan akseptor didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan bahan yang akan dipelajari;
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
memberikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan Inti
Pelaksanaan kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD yang dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi akseptor didik untuk berpartisipasi aktif, serta memperlihatkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis akseptor didik.
Kegiatan inti memakai metode yang diubahsuaikan dengan karakteristik akseptor didik dan mata pelajaran, yang sanggup mencakup proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- melibatkan akseptor didik mencari isu yang luas dan dalam ihwal topik/tema bahan yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan berguru dari aneka sumber;
- menggunakan bermacam-macam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber berguru lain;
- memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara akseptor didik dengan guru, lingkungan, dan sumber berguru lainnya;
- melibatkan akseptor didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
- memfasilitasi akseptor didik melaksanakan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
b. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- membiasakan akseptor didik membaca dan menulis yang bermacam-macam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
- memfasilitasi akseptor didik melalui pinjaman tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan gres baik secara ekspresi maupun tertulis;
- memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menuntaskan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
- memfasilitasi akseptor didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
- memfasilitasi akseptor didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
- memfasilitasi akseptor didik menciptakan laporan eksplorasi yang dilakukan baik ekspresi maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
- memfasilitasi akseptor didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
- memfasilitasi akseptor didik melaksanakan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
- memfasilitasi akseptor didik melaksanakan kegiatan yang menumbuhkan pujian dan rasa percaya diri akseptor didik.
c. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- memberikan umpan balik konkret dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan akseptor didik,
- memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan klarifikasi terperinci akseptor didik melalui banyak sekali sumber,
- memfasilitasi akseptor didik melaksanakan refleksi untuk memperoleh pengalaman berguru yang telah dilakukan,
- memfasilitasi akseptor didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
- berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan akseptor didik yang menghadapi kesulitan, dengan memakai bahasa yang baku dan benar;
- membantu menuntaskan masalah;
- memberi teladan semoga akseptor didik sanggup melaksanakan pengecekan hasil eksplorasi;
- memberi isu untuk bereksplorasi lebih jauh;
- memberikan motivasi kepada akseptor didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
- bersama-sama dengan akseptor didik dan/atau sendiri menciptakan rangkuman/simpulan pelajaran;
- melakukan evaluasi dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
- memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, aktivitas pengayaan, layanan konseling dan/atau memperlihatkan kiprah baik kiprah individual maupun kelompok sesuai dengan hasil berguru akseptor didik;
- menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber http://www.terasfisika.com
EmoticonEmoticon