Pelayanan publik bagi warga Kota Surabaya tampaknya menjadi prioritas dalam penyelenggaraan pemerintahan Pemkot Surabaya. Sebelumnya Pemerintah Kota Surabaya telah membuka Pusat Informasi Pelayanan Terpadu secara online kali ini Pemkot Surabaya buka kios pelayanan publik bagi seluruh warganya.Dengan adanya Kios Pelayanan Publik ini melengkapi beberapa sistem pelayanan publik yang telah diresmikan sebelumnya.
Kios Pelayanan Publik dilengkapi dengan layar touchscreen, keyboard, scanner dan printer untuk mempercepat proses pelayanan. Pada Kios Pelayanan Publik ini juga terdapat pilihan bahasa yang terdiri dari bahasa jawa dan bahasa Madura demi memudahkan pemahaman warga. Melalui kios tersebut, warga Surabaya sanggup melaksanakan layanan publik secara online sehingga tak perlu mendatangi loket dinas terkait. Baca juga : Inovasi Pelayanan Publik E-Samsat.
Walikota Surabaya, Tri Rismaharini saat me-launching Kios Pelayanan Publik mengatakan, penemuan terbaru Pemkot Surabaya ini terdiri dari tiga sajian utama dengan peruntukan yang berbeda. Tiga sajian tersebut ialah Surabaya Single Window (SSW) khusus untuk perizinan, kemudian e-Health untuk layanan kesehatan dan e-Lampid (layanan sertifikat kelahiran-kematian-pindah-datang) untuk manajemen kependudukan.
“Ini teman-teman (SKPD Pemkot Surabaya) yang ciptakan. Kita buat kreasi sendiri dan ternyata bisa. Ini akan sangat memudahkan warga Surabaya. Saya kira, di Indonesia, kita yang pertama kali,†tegas Walikota Tri Rismaharini di Balai Kota Surabaya, Senin (10/11).
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, Antiek Sugiharti menambahkan, kios pelayanan publik sanggup diakses di ratusan titik di wilayah Surabaya menyerupai di kantor kelurahan , kantor kecamatan, Puskesmas dan kantor SKPD Pemkot. Total ada 203 kios pelayanan yang akan kita berikan ke seluruh kelurahan, kecamatan dan beberapa Puskesmas. Warga sanggup daftar layanan kesehatan dan Lampid serta perizinan.â€Warga yang mempunyai jaringan internet, sanggup susukan di rumah, jikalau yang tidak punya, sanggup memanfaatkan kios layanan ini,†ujar Antiek Sugioharti.
Dengan sebuah anjungan dengan aneka macam pelayanan publik ini merupakan salah satu upaya Pemkot Surabaya untuk mempercepat proses pelayanan publik dalam rangka penyelenggaraan good governance dan menunjukkan fasilitas bagi masyarakat Pemerintah Kota surabaya dalam mendapat informasi pelayanan publik.
Sumber aciknadzirah.blogspot.com
EmoticonEmoticon