Tuesday, January 30, 2018

√ Pola Soal Tap Idik4500 Masalah Pembelajaran Ipa Di Sd

CONTOH SOAL TAP IDIK4500 KASUS PEMBELAJARAN IPA DI SD







Kasus Pembelajaran

IPA SD

Pak Sartono mengajar di kelas 6 SD

Setiabakti. Suatu pagi, Pak Sartono masuk kelas dengan membawa sebuah globe.

Perhatian bawah umur tertuju kepada globe tersebut, namun Pak Sartono hanya

meletakkan globe itu di depan kelas. 


Setelah mengucapkan salam dan menanyakan

siapa yang tidak hadir, Pak Sartono memberikan bahwa hari ini, dalam

pelajaran IPA akan dibahas tata surya dengan topik terjadinya siang dan malam.

Pak Sartono juga memberikan bahwa sesudah pelajaran usai, anak-anak

diharapkan sanggup menjelaskan wacana terjadinya siang dan malam. Tanpa memberi

kesempatan bertanya, Pak Sartono melanjutkan pertanyaan.

Sambil bangun di depan kelas, Pak Sartono

menjelaskan terjadinya siang dan malam. Anak-anak melihat ke Pak Sartono dengan

muka penuh tanda tanya. Dengan lancar Pak Sartono menjelaskan bahwa siang dan

matam teoadi alasannya yaitu bumi berputar pada porosnya sendiri. Anak-anak kelihatan

mulai bosan, mereka menyerupai masih menunggu Pak Sartono memakai globe yang

dipajang di depan kelas, namun hingga klarifikasi berakhir, globe itu tidak

pemah disentuh.

Setelah klarifikasi selesai, Pak Sartono

memberi kesempatan kepada bawah umur untuk bertanya. Namun, tidak ada yang

bertanya. Pak Sartono kemudian meminta bawah umur mengeluarkan buku latihan, dan

mcngerjakan soal yang terdiri dari
10

pertanyaan yang ditulis di papan tulis.

Ketika bawah umur bekerja, Pak Sartono

keluar kelas. Anak-anak kelihatan resah alasannya yaitu tidak mengerti bagaimana harus

menjawab soal tersebut. Mereka akhimya membuka buku IPA dan mencoba mencari

jawabannya di sana. Namun, banyak anak yang malas membaca sehingga mereka sama

sekali tidak menjawab. Ketika Pak Sartono masuk kelas dan bertanya apakah

anak-anak sudah selesai mengerjakan soal tersebut, ia menjadi murka karena

temyata hanya 5 orang dari 30 orang anak yang selesai mengerjakan soal

tersebut. Anak yang lima orang tersebut hanya menyalin dari buku IPA, tanpa

meyakini apakah jawabannya benar atau salah, sedangkan bawah umur yang lain

mengatakan tidak sanggup menjawab pertanyaan tersebut alasannya yaitu tidak mengerti. Pak

Sartono terdiam, ia sangat murka dan kecewa, tetapi mencoba menahan amarahnya.

Ia meminta bawah umur beristirahat. Pak Sartono tinggal sendiri di dalam kelas.

Ia mencoba mengingat apa yang terjadi di kelasnya.


Pertanyaan :

1.   ldentifikasi empat insiden penting yang terjadi dalam

kasus pembelajaran yang dikelola oleh Pak Sartono, yang dapat
mengakibatkan timbulnya masalah.


2.  Jika Anda yang menjadi Pak

Sartono, bagaimana cara Anda mengatasi problem gagalnya bawah umur menjawab

pertanyaan Pak Sartono? Susunlah satu rencana perbaikan melalui penelitian

tindakan kelas (PTK). Rencana tersebut meliputi :

a.   Identikasi problem

b.  Analisis Masalah (maksimal 4

butir).

c.   Rumusan Masalah

d.  Tujuan Perbaikan.

e.  Langkah-langkah perbaikan

f.   Untuk langkah-langkah perbaikan,

kembangkan mekanisme pembelajaran yang ditempuh yang meliputi kegialan awal,

kegiatan inti, dan acara penutup.


Rambu Jawaban

1.   Peristiwa penting yang dapat mengakibatkan timbulnya masalah.


1)

Pada

awal pelajaran tidak ada tanya jawab wacana topik yang akan dibahas
.

2)

Topik

yang akan dibahas tidak dikaitkan dengan kehidupan sehar
i-hari.

3)

Tidak

menggunakan alat peraga contohnya globe
,

ketika menjelaskan
hanya

dipajang sa
ja.

4)

Tldak

memberi rujukan atau ilustrasi
.

5)

Tidak

memer
iksa pemahaman siswa setelah

menjelaskan
.

6)   Tidak menawarkan petunjuk yang terperinci ketika siswa diberi latihan

7)

Tldak

melakukan pengelolaan kelas mlsalnya melaksanakan
supervisi saat siswa mengerjakan latihan

2.  Rencana Perbalkan

ldentifikasi

Ma
salah :

a.   Pembelajaran Pak Sartono kurang

berhasil

b.  Hanya 5 dari 30 anak yang

selesai mengeriakan soal, sisanya menyampaikan tidak sanggup menjawab soal

tersebut.


Analisis Masalah

a.   Guru tidak memakai alat

peraga

b.  Penjelasan terlampau abnormal

c.

Tidak

ada tanya jawab, baik pada acara awal, maupun acara
inti

d.  Siswa hanya menjadi pendengar pasif

e.  Topik tidak dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari


f.

Tidak

memeriksa pemahaman siswa

g.  Tldak menawarkan petunjuk

sebelum siswa berlatih

h.  Tidak memantau acara yang

dilakukan siswa dikala berlatih


Rumusan Masalah

Bagaimana

cara meningkatkan pemahaman siswa terhadap topik tata surya datam hal ini

terjadinya siang dan matam melalui :

a.   Penggunaan alat peraga, atau

b.  Diskusi kelompok, atau

c.   Metode demonstrasi, atau

d.  Eksperimen


Tujuan

Perba
ikan

Meningkalkan

kinerja guru
sehingga meningkatkan pemahaman siswa

terhadap topik tata surya melalu
i :


a.   Penggunaan alat peraga, atau

b.  Diskusi kelompok, atau

c.   Metode demonstrasi, atau

d.  Eksperimen


Langkah Kegiatan

Perba
ikan

Kegiatan Awal :

a.

Menyampaikan

tujuan pembelajaran

b.  Menyampaikan acara yang akan dilakukan


c.   Apersepsi : mengajukan pertanyaan, mengaitkan bahan dengan

pela
jaran sebelumnya atau pengalaman

siswa sehari
hari

d.  Memberikan pre-test

Kegiatan Inti :

a.

Dengan

bantuan anak,
guru

mendemonstrasikan terjadinya siang dan ma
lam

dengan memakai globe dan lampu senter
.

b.  Selama peragaan, guru melakukan

tanya jawab (untuk mengonkretkan terjadinya siang dan ma
lam, serta mengaktifkan anak)

Atau

a.   Guru membagi siswa dalam kelompok dan menjelaskan yang

harus dilaksanakan
.

b.  Secara berkelompok, anak-anak

memperagakan terjadinya siang dan ma
lam

dengan memakai bola dan lampu senter yang dibawa oleh masing-masing

kelompok
(untuk memantapkan

pemahaman siswa, atau melatih kerja sama
.

c.   Setiap kelompok memberi laporan

tentang hasil ke
rja kelompoknya

(untuk menyebarkan pengalaman dengan kelompok lain)

Kegiatan

Penutup
:

a.

Memberikan

tes tertulis dan membahas hasil tes dan menawarkan balikan, atau

b.  Siswa dengan bimbingan guru

menyimpulkan bahan yang telah dibahas, atau

c.

Siswa

dengan bimbingan guru menciptakan rangkuman bahan
yang telah dibahas.




Sumber aciknadzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon