Monday, February 5, 2018

√ Download Anutan Penulisan Soal Sd/Mi, Smp/ Mts, Sma/ Ma Dan Smk/ Mak




Download Pedoman Penulisan Soal Pedoman Penulisan Soal SD/MI, SMP/ MTs, SMA/ MA dan SMK/ MAK_ Penilaian terhadap hasil mencar ilmu penerima didik merupakan salah satu acara rutin
dalam dunia pendidikan. Penilaian hasil mencar ilmu dilakukan antara lain untuk mendiagnosa
kekuatan dan kelemahan penerima didik, memonitor perkembangan mencar ilmu penerima didik,
menilai ketercapaian kurikulum, memberi nilai penerima didik dan menentukan efektivitas
pembelajaran. Untuk tujuan-tujuan tersebut sanggup dipakai banyak sekali bentuk dan
instrumen penilaian. Namun tes tertulis hingga ketika ini masih merupakan instrumen yang
secara umum dikuasai dipakai dalam menilai hasil mencar ilmu penerima didik.

Tes tertulis secara umum sanggup dibedakan menjadi tes dengan pilihan jawaban
(non-constructed response test), penerima didik hanya menentukan dari balasan yang
disediakan, dan tes tanpa pilihan balasan (constructed response test), penerima didik harus
mengkonstruksikan jawabannya. Tes dengan pilihan balasan sering dikritik karena
dipandang tidak sanggup mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking
skill).

Hal ini tidaklah benar, soal tes dengan pilihan balasan sanggup mengukur kemampuan
berpikir tingkat tinggi, hanya penyusunannya memang tidak mudah. Di sisi lain tes tanpa
pilihan balasan (constructed response test) yang sering dipandang sesuai untuk mengukur
kemampuan berpikir tingkat tinggi, jikalau tidak disusun dengan cermat bisa jadi hanya
mengukur berpikir tingkat rendah. Kedua bentuk tes tersebut potensial untuk mengukur
berpikir tingkat rendah dan tingkat tinggi, tergantung kejelian dalam penulisan soal.

Oleh alasannya yaitu penulisan soal merupakan proses penentu kualitas tes maka penulisan
soal perlu dilakukan secara sungguh-sungguh. Buku panduan penulisan soal ini merupakan
upaya untuk membantu penulis soal menghasilkan soal yang berkualitas, termasuk soal
yang mengukur berpikir tingkat tinggi. Kaedah penulisan soal, contoh-contoh yang
diberikan diperlukan sanggup memperlihatkan ilustrasi bagaimana kedua bentuk tes baik tes
dengan pilihan dan tes tanpa pilihan tersebut sanggup dipakai untuk menilai hasil belajar
penerima didik dan memberi informasi yang valid.

Perlu disampaikan bahwa fokus panduan ini ialah penulisan soal tes tertulis
khususnya tes berbentuk pilihan ganda dan tes uraian. Oleh alasannya yaitu itu bentuk penilaian
lain menyerupai portofolio, tes lisan, projek tidak dibahas, namun bukan berarti bentuk
evaluasi tersebut tidak penting.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pusat Penilaian Pendidikan dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap guru atau praktisi Pendidikan dalam hal penulisan soal, telah dibentuk Pedoman Penulisan Soal yang terbagi menjadi Pedoman Penulisan Soal SD/MI, Pedoman Penulisan Soal SMP/MTs, Pedoman Penulisan Soal SMA/MA dan SMK/MAK. Kunjungi link berikut untuk mend0wnl0ad pedoman:

Download:
Pedoman Penulisan Soal SD/MI 
Pedoman Penulisan Soal SMP/ MTs (Link Eror)
Pedoman Penulisan Soal SMA/ MA dan SMK/ MAK
Sumber http://www.rijal09.com


EmoticonEmoticon