5 Manfaat pembelajaran kooperatif bagi siswa_ Pembelajaran kooperatif banyak menjadi pilihan guru dalam pembelajaran alasannya ialah ada banyak manfaat yang bisa muncul jikalau menerapkan pembelajaran koperatif dalam pembelajaran.
Baca juga
Namun juga tak sanggup dipungkiri bahwa sebagian guru masih banyak yang belum memahami petingnya pembelajaran kooperatif dalam membentuk aksara siswa. jadinya metode komvesional menjadi pilihan yang kadang dipakai guru. oleh alasannya ialah itu dalam artikel ini akan dibahas tuntas perihal manfaat pembelajaran kooperatif bagi siswa.
Baca juga
Namun juga tak sanggup dipungkiri bahwa sebagian guru masih banyak yang belum memahami petingnya pembelajaran kooperatif dalam membentuk aksara siswa. jadinya metode komvesional menjadi pilihan yang kadang dipakai guru. oleh alasannya ialah itu dalam artikel ini akan dibahas tuntas perihal manfaat pembelajaran kooperatif bagi siswa.
Baiklah biar pembaca bisa lebih memahami apa itu pembelajaran kooperatif maka kita akan mengkajinya secara terstruktur mulai dari unsur pembelajaran kooperatif, konsep pembelajaran kooperatif serta manfaat dari pembelajaran kooperatif. sepakat kita mulai dari unsur dalam berguru kooperatif. Terdapat lima unsur penting dalam berguru kooperatif, yaitu menyerupai berikut ini.
1. Saling ketergantungan yang bersifat kasatmata antara siswa
Dalam berguru kooperatif siswa merasa bahwa mereka sedang bekerja sama untuk mencapai satu tujuan dan terikat satu sama lain. Seorang siswa tidak akan sukses kecuali semua anggota kelompoknya juga sukses. Siswa akan merasa bahwa dirinya merupakan bab dari kelompok yang juga mempunyai andil terhadap suksesnya kelompok.
2. Interaksi antara siswa yang semakin meningkat
Belajar kooperatif akan meningkatkan interaksi antara siswa. Hal ini, terjadi dalam hal seorang siswa akan membantu siswa lain untuk sukses sebagai anggota kelompok. Saling menunjukkan dukungan ini akan berlangsung secara alamiah alasannya ialah kegagalan seseorang dalam kelompok mensugesti suksesnya kelompok. Untuk mengatasi problem ini, siswa yang membutuhkan dukungan akan mendapat dari sobat sekelompoknya. Interaksi yang terjadi dalam berguru kooperatif ialah dalam hal tukar menukar inspirasi mengenai problem yang sedang dipelajari bersama.
3. Tanggung jawab individual
Tanggung jawab individual dalam berguru kelompok sanggup berupa tanggung
jawab siswa dalam hal (a) membantu siswa yang membutuhkan dukungan dan (b) siswa tidak sanggup hanya sekedar “membonceng” pada hasil kerja teman
jawab siswa dalam hal (a) membantu siswa yang membutuhkan dukungan dan (b) siswa tidak sanggup hanya sekedar “membonceng” pada hasil kerja sobat sekelompoknya.
4. Keterampilan interpersonal dan kelompok kecil
Dalam berguru kooperatif, selain dituntut untuk mempelajari bahan yang diberikan seorang siswa dituntut untuk berguru bagaimana berinteraksi dengan siswa lain dalam kelompoknya. Bagaimana siswa bersikap sebagai anggota kelompok dan memberikan inspirasi dalam kelompok akan menuntut keterampilan khusus.
5. Proses kelompok
Belajar kooperatif tidak akan berlangsung tanpa proses kelompok. Proses kelompok terjadi jikalau anggota kelompok mendiskusikan bagaimana mereka akan mencapai tujuan dengan baik dan menciptakan relasi kerja yang baik.
berikutnya kita akan mengulas sedikit perihal konsep pembelajaran kooperatif. Konsep utama dari berguru kooperatif berdasarkan Slavin (1995: 5) ialah sebagai berikut.
1. Penghargaan kelompok, yang akan diberikan jikalau kelompok mencapai kriteria yang ditentukan.
2. Tanggung jawab individual, bermakna bahwa suksesnya kelompok tergantung pada berguru individual semua anggota kelompok. Tanggung jawab ini terfokus dalam perjuangan untuk membantu yang lain dan memastikan setiap anggota kelompok telah siap menghadapi penilaian tanpa dukungan yang lain.
3. Kesempatan yang sama untuk sukses, bermakna bahwa siswa telah membantu kelompok dengan cara meningkatkan berguru mereka sendiri. Hal ini memastikan bahwa siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah sama-sama tertantang untuk melaksanakan yang terbaik dan bahwa bantuan semua anggota kelompok sangat bernilai.
Nagh yang terakhir kita akan mengulas manfaat pembelajaran kooperatif bagi siswa, berikut pemaparan singkat dari 5 Manfaat Pembelajaran Kooperatif Bagi Siswa
1. mengembangkan tingkah laris kooperatif
belajar kooperatif sanggup menyebarkan tingkah laris kooperatif dan relasi yang lebih baik antar siswa, dan sanggup menyebarkan kemampuan akademis siswa. Siswa berguru lebih banyak dari sobat mereka dalam berguru kooperatif dari pada dari guru
2. memacu terbentuknya inspirasi baru
interaksi yang terjadi dalam berguru kooperatif sanggup memacu terbentuknya inspirasi gres dan memperkaya perkembangan intelektual siswa
3. memperbaiki relasi antara siswa
efektif untuk memperbaiki relasi antar suku dan etnis dalam kelas multibudaya dan memperbaiki relasi antara siswa normal dan siswa penyandang cacat
4. peningkatan prestasi akademik
memaksimalkan berguru siswa untuk peningkatan prestasi akademik dan pemahaman baik secara individu maupun secara kelompok.
5. mengembangkan solidaritas sosial
belajar kooperatif sanggup menyebarkan solidaritas sosial di kalangan siswa. Dengan berguru kooperatif, diperlukan kelak akan muncul generasi gres yang mempunyai prestasi akademik yang cemerlang dan mempunyai solidaritas sosial yang kuat.
Demikianlah sedikit pemaparan tentang unsur pembelajaran kooperatif, konsep pembelajaran kooperatif serta 5 manfaat dari pembelajaran kooperatif bagi siswa semoga artikel ini bermanfaat.
Sumber http://www.rijal09.com
EmoticonEmoticon