Thursday, June 28, 2018

√ 6 Cara Mengatasi Kebiasaan Mencontek Pada Siswa

6 Cara Mengatasi Kebiasaan Mencontek Pada Siswa_ Kebiasaan mencontek merupakan salah satu sifat yang tidak terpuji, mencontek merupakan sikap yang biasa dilakukan sebagian siswa saat sedang diberikan kiprah atau saat sedang mengikuti ujian sekolah. kebiasaan mencontek siswa yang dilakukan secara berulang-ulang dikhawatirkan akan besar lengan berkuasa pada abjad seorang siswa saat sampaumur kelak. namun sampaumur ini mencontek bagi sebagian orang tidak lagi menjadi hal yang memalukan bahkan memandang kebiasaan mencontek sebagai perbuatan yang biasa-biasa saja. 
 Cara Mengatasi Kebiasaan Mencontek Pada Siswa √ 6 Cara Mengatasi Kebiasaan Mencontek Pada Siswa6 Dampak Negatif Kebiasaan Mencontek Bagi Siswa

Oleh alasannya yakni itu siswa dihentikan sepenuhnya disalahkan saat mereka mencontek namun gurulah yang mesti mengevaluasi dirinya, perihal bagaimana cara dan metode yang digunakannya selama ini alasannya yakni bisa jadi kebiasaan mencontek siswa muncul akibat guru yang salah atau kurang sempurna dalam mendidik siswanya.

Baca juga
7 Pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa
10 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak
6 Dampak Positif Dan Negatif Internet Bagi Anak

sebelum mempelajari cara mengatasi kebiasaan anak yang sering mencontek sebaiknya seorang guru mesti memahami apa faktor-faktor yang mengakibatkan seorang siswa mencontek, berikut beberapa faktor yang kemungkinan memicu munculnya kebiasaan mencontek pada siswa:

FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN SEORANG SISWA MENCONTEK

1. Tidak percaya diri
sebagian siswa biasanya mencontek karena tidak percaya dengan kemampuan yang dimilikinya sehingga lebih memilih mencontek jawaban orang lain atau temannya. padahal bisa jadi jawabannya yang lebih sempurna namun alasannya yakni krisis kepercayaan diri balasannya menentukan untuk mencontek

2. Malas Belajar
Salah satu penyebab utama seorang siswa mencontek yakni alasannya yakni siswa tersebut malas berguru sehingga tidak bisa/tidak tahu menjawab soal yang diberikan dan balasannya siswa tersebut memilih mencontek biar bisa menuntaskan tugasnya.

3. Kurang memahami pelajaran
Guru yang memaparkan pelajaran dengan tidak maksimal dan terkesan asal-asalan menciptakan pemahaman siswa akan pelajaran tersebut tidak maksimal dan menciptakan siswa tidak sepenuhnya mengerti dengan pelajaran. namun sebagian siswa juga terkadang saat belum memahami pelajaran takut/malu untuk memberikan kepada gurunya efeknya saat diberi ujian siswa tersebut balasannya menyontek.

4. Tidak mau berusaha
Sebagian siswa juga mempunyai tipe yang tidak mau berusaha dan hanya mengandalkan temannya alhasil menyontek yakni hal yang lumrah dilakukannya.

Demikianlah beberapa faktor yang mengakibatkan seorang siswa menyontek, sebagai seorang guru dituntut biar bisa meminimalisir faktor penyebab menyontek yang dilakukan oleh siswa.

Setelah mengetahui faktor yang mengakibatkan siswa mencontek lalu merumuskan solusi biar siswa tidak menyontek sehingga kebiasaan siswa yang suka mencontek menjadi berkurang. adapun cara mengatasi kebiasaan mencontek pada siswa yakni sebagai berikut.

6 Cara Mengatasi Kebiasaan Mencontek Pada Siswa

1. Menanamkan sikap jujur dalam diri siswa
Solusi jitu meminimalisir kebiasaan menyontek pada siswa yakni mengajarkan arti dari nilai-nilai kejujuran, dengan memahami makna kejujuran siswa menjadi enggang untuk menyontek. guru bisa memberi nasihat kepada siswanya bekerjsama lebih baik menerima nilai rendah dari pada harus mencontek alasannya yakni mencontek yakni perbuatan yang tidak terpuji dan sama dengan mencuri.

2. Memuji hasil perjuangan terbaik siswa meskipun belum memenuhi standar
Setiap upaya dan hasil yang diperoleh siswa sebaiknya diapresiasi meskipun masih kurang hal ini untuk menghindarkan perasaan rendah diri siswa dan menjadikan rasa percaya diri siswa. dengan mengapresiasi hasil perjuangan siswa, akan memberi dorongan bagi siswa untuk berguru lebih ulet lagi.

3. Menjelaskan dampak jelek jikalau suka mencontek
Seorang guru harus memberi pemahaman dan nasihat kepada muridnya perihal dampak jelek jikalau suka mencontek, dengan mengetahui dampak jelek jikalau suka mencontek, siswa akan berpikir dua kali untuk mencontek.


4. Menanamkan pada diri siswa bahwa menyontek tidak menuntaskan masalah
Sebagian siswa hanya berpikir bagaimana cara menuntaskan tugasnya tanpa memperdulikan cara yang dilakukan sudah benar atau salah. untuk itu guru sebaiknya menjelaskan bahwa kalau menyontek tidak menuntaskan duduk kasus justru semakin memicu munculnya duduk kasus lain.

5. Rajin berguru dan ulet latihan menjawab soal pelajaran
Belajar yang lebih ulet lagi dan memperbanyak menjawab soal-soal pelajaran sehingga kemampuan intelektual siswa semakin bertambah dengan itu akan sedikit mengurangi frekuensi mencontek seorang siswa.

6. Memberi pelajaran bermakna
Cara guru dalam mendidik dan mengajar siswa merupakan kunci utama aspek sikap, keterampilan dan intelektual siswa. sebaiknya dalam setiap pembelajaran ditanamkan nilai-nilai aktual dan guru harus menjadi rujukan bagi muridnya. mengajar dengan maksimal dan sepenuh hati biar siswa bisa dengan gampang memahami suatu pelajaran.

Demikianlah 6 Cara Mengatasi Kebiasaan Mencontek Pada Siswa Semoga bermanfaat.

Sumber http://www.rijal09.com


EmoticonEmoticon

Template information