Tuesday, June 12, 2018

√ Inilah 10 Jenis Metode Pembelajaran Pada Kurikulum 2013

Inilah 10 Jenis Metode Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 || Metode mengajar merupakan suatu cara atau upaya seorang guru dalam menciptakan rasa nyaman dan menyenangkan bagi siswanya dalam melakukan proses pembelajaran sehingga mencapai tujuan berguru yang sesuai dengan yang diharapkan. Pembelajaran pada Kurikulum 2013 memfasilitasi penerima didik untuk berperan aktif dan sanggup saling berkolaborasi dengan guru dan sesama penerima didik sehingga harus tercipta pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif. Berikut ini akan dijelaskan 10 jenis metode mengajar yang sanggup di gunakan oleh guru, di antaranya yaitu :

1. Presentasi
Pada metode presentasi, guru atau siswa berbagi isu yang dieroleh melalui sumber kelompok kecil. Bentuk integrasi metode presentasi sanggup dilihat melalui sejumlah sumber daya teknologi yang dipakai sanggup meningkatkan kualitas penyajian informasi. Sebagai pola siswa sanggup memakai aplikasi microsoft power point untuk menampilkan hasil rangkuman, hasil goresan pena teks dan menyajikan video maupun gambar sekaligus dalam satu tampilan presentasi.

2. Demonstrasi
Pada metode demonstrasi, siswa mempelajari pandangan dari suatu keterampilan atau mekanisme yang harus dipelajari. Demonstrasi sanggup diterapkan pada seluruh anggota kelas, kelompok kecil, atau individu yang membutuhkan sedikit klarifikasi perhiasan perihal bagaimana melaksanakan suatu tugas. Bentuk integrasi metode demonstrasi sanggup ditingkatkan melalui penggunaan peralatan teknologi ibarat kamera digital. Kamera video digital sanggup dipakai untuk merekam demonstrasi selama atau sebelum kelas berlangsung.

3. Drill and Practice
Dengan memakai metode Latihan terus menerus dan Praktik dalam acara pembelajaran, Peserta didik dibutuhkan sanggup menuntaskan latihan -latihan untuk menyegarkan atau meningkatkan kapasitas isi pengetahuan dan keterampilan. Strategi dan praktik harus diikuti umpan balik untuk menguatkan balasan benar dan memperbaiki balasan salah yang mungkin dilakukan siswa. Bentuk integrasi dari metode ini dengan penggunaan teknologi yaitu banyak aplikasi komputer yang ditawarkan kepada siswa memperlihatkan kesempatan untuk mengingat kembali dan melaksanakan praktik atas pengetahuan maupun ketrampilannya.

4. Tutorial
Tutorial merupakan metode pembelajaran yang melibatkan siswa berhubungan dengan orang lain yang lebih ahli. Tutorial sanggup di sajikan dalam bentuk perangkat lunak komputer tercetak khusus yang menyajikan konten/isi, mengajukan pertanyaan atau masalah, meminta tanggapan peserta, menganalisis tanggapan, memperlihatkan umpan balik yang sesuai, dan memperlihatkan latihan hingga pelajar memperlihatkan tingkat kemandirian yang telah ditentukan. tutorial melibatkan pertukaran inspirasi dan pendapat di antara siswa atau di antara siswa dan guru.

5. Diskusi
Metode diskusi dalam acara pembelajaran sanggup di jadikan sebagai sebuah taktik pembelajaran. Diskusi akan efektif bila dilakukan dengan cara mengenalkan topik pembicara yang gres atau lebih mendalam hingga konsep dasar. Integrasi antara metode diskusi dengan teknologi yaitu teknologi mendukung diskusi menjadi metode yang dikenal di kelas ibarat dikala ini ibarat metode yang memperluas percakapan di luar kelas.

6. Cooperative Learning
Metode ini yaitu siswa sanggup berguru tidak hanya berdiskusi dilema bahan teks dan menonton media, tapi juga menghasilkan media. Sebagai pola siswa sanggup mendesain dan menghasilkan sebuah podcast, video, atau powerpoint atau prezi presentasi.

7. Problem Based Learning
Menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah, siswa secara aktif akan mencari solusi untuk masalah-masalah terstruktur atau tidak terstruktur yang terletak di dunia nyata. Masalah terstruktur memperlihatkan siswa pemahaman yang terang perihal apa yang mungkin menjadi jawaban atas permasalahan yang ada. Integrasi dari metode ini dengan teknologi adalah banyaknya aplikasi komputer yang menyediakan dan mendukung pembelajaran berbasis masalah.

8. Games / Permainan
Dalam pembelajaran dengan memakai metode Permainan maka guru sanggup menyediakan sebuah lingkungan yang kompetitif dimana siswa mengikuti hukum yang ditentukan dikala mereka berusaha untuk mencapai tujuan yang menantang dan menghadirkan siswa dengan pemahaman yang jelas perihal apa yang mungkin merupakan balasan yang tepat.

9. Simulasi
Metode simulasi mengijinkan siswa untuk berada pada situasi nyata. Integrasi dari metode simulasi dengan teknologi yaitu kemampuan interpersonal dan percobaan laboratorium pada fisika ilmu pengetahuan alam merupakan pola subjek simulasi.

10. Discovery / Penemuan
Metode pembelajaran discovery merupakan suatu Strategi dimana siswa di harapkan sanggup menemukan hasil pembelajaran yang inovatif. Integrasi dari metode discovery dengan teknologi yaitu ada beberapa variasi cara bahwa teknologi instruktusional dan media sanggup membantu mengenalkan discovery maupun inkuiri.

Demikian sajian isu mengenai 10 Jenis Metode Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 yang sanggup disajikan pada kesempatan ini. Semoga Bermanfaat !!!

Sumber http://www.tozsugianto.com/


EmoticonEmoticon