Saturday, June 16, 2018

√ Memahami 6 Jenis Literasi Dasar Dalam Gerakan Literasi Nasional

Memahami 6 Jenis Literasi Dasar Dalam Gerakan Literasi Nasional || Salah satu agenda Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ialah Gerakan Literasi Nasional. Gerakan ini merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 perihal Penumbuhan Budi Pekerti. Gerakan Literasi Nasional bertujuan untuk mengoordinasi beberapa acara literasi yang dikelola oleh unit-unit terkait. Sebagian di antaranya sudah dilakukan sebelum gerakan ini didengungkan.

Salah satu Program yang mendukung Gerakan Literasi Nasional di kalangan dunia pendidikan ialah Gerakan Literasi Sekolah atau GLS. Penguasaan enam literasi dasar yang disepakati oleh World Economic Forum pada tahun 2015 menjadi sangat penting tidak hanya bagi pelajar tetapi juga bagi seluruh masyarakat. Enam literasi dasar tersebut meliputi literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya dan kewargaan. Berikut enam literasi dasar yang tercakup dalam Gerakan Literasi Nasional.

1. Literasi Baca Tulis

Literasi baca tulis adalah kemampuan untuk memahami isi teks tertulis, baik isi yang tersirat maupun tersurat. Selanjutnya, isi teks ini sanggup dipakai untuk menyebarkan potensi diri dan menambah pengetahuan. Ada empat tahap yang dijalani dalam proses berliterasi, yaitu membaca dan menulis bersuara, membaca dan menulis terpandu, membaca dan menulis bersama, serta membaca dan menulis mandiri. Dengan literasi baca tulis, seseorang juga sanggup menuangkan ide-ide serta gagasannya melalui tulisan. Tulisan yang dimaksud harus dalam susunan yang baik dan sanggup dimengerti pembaca. Dengan demikian, ada partisipasi yang sanggup diberikan kepada lingkungan sosial.

2. Literasi Numerasi

Literasi numerasi adalah kemampuan memakai angka-angka dan simbol untuk memecahkan persoalan mudah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Orang yang melek literasi numerasi juga akan bisa menganalisis info yang ditampilkan dalam bentuk grafik, tabel, dan bagan. Kemudian, memakai hasil analisisnya untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Literasi numerasi sangat penting semoga seseorang sanggup memahami dunia yang penuh angka dan data. Selain itu, kecakapan ini sanggup mendorong seseorang untuk bersikap rasional, sistematis, dan kritis dikala menuntaskan masalah.

3. Literasi Sains

Literasi sains adalah kecakapan memahami fenomena alam dan sosial yang terjadi di sekitar. Literasi sains juga berarti kecakapan mengambil keputusan secara ilmiah sehingga hidup sanggup menjadi lebih baik, lebih sehat, dan lebih nyaman. Literasi sains sangat penting dalam menghadapi kala ke-21 yang penuh tantangan. Dengan mempunyai kemampuan ini, seorang individu sanggup berpikir kritis, menuntaskan persoalan dengan kreatif, bekerja sama dengan orang lain, dan berkomunikasi dengan lebih baik.

4. Literasi Finansial

Literasi finansial adalah kecakapan untuk mengaplikasikan pemahaman yang berkaitan dengan finansial, baik dari segi konsep, risiko, keterampilan, dan motivasi. Dengan mempunyai kecakapan ini, seorang individu sanggup menciptakan keputusan yang efektif demi meningkatkan kesejahteraan finansial. Hal ini berlaku, baik untuk individu maupun kelompok sosial.

5. Literasi Digital

Literasi digital adalah kecakapan memakai media digital dengan mengedepankan adat dan tanggung jawab. Tujuannya ialah untuk memperoleh info dan berkomunikasi. Literasi digital sangat penting untuk melatih berpikir kritis, kreatif, dan inovatif. Melalui kemampuan ini, seseorang juga sanggup berkomunikasi dengan lebih lancar, berkolaborasi dengan banyak orang, dan memecahkan persoalan dengan kreatif.

6. Literasi Budaya dan Kewargaan

Literasi ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan pembaca dengan banyak sekali jenis kekayaan budaya di Indonesia. Seorang individu yang paham literasi budaya dan kewargaan juga sanggup mengidentifikasi kekayaan budaya di Indonesia dan menyebutkan kawasan asalnya.

Demikian sajian info mengena 6 Jenis Literasi Dasar yang sanggup disampaikan pada kesempatan ini. Semoga Bermanfaat !!!

Sumber http://www.tozsugianto.com/


EmoticonEmoticon