Wednesday, July 11, 2018

√ Pembelajaran Sains Di Sd


Pembelajaran Sains di SD
A. Pengertian Sains
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau biasa disebut sains merupakan salah satu mata pelajaran pokok dalam kurikulum pendidikan di Indonesia, termasuk pada jenjang sekolah dasar. Secara etimologi, Fisher (1975:5) dalam Mariana dan Praginda (2009: 14) menyatakan kata sains berasal dari bahasa Latin, yaitu scientia yang artinya secara sederhana ialah pengetahuan (knowledge).

Menurut Susanto (2013: 167) Sains ialah perjuangan insan dalam memahami alam semesta melalui pengamatan yang sempurna pada sasaran, serta memakai prosedur, dan dijelaskan dengan daypikir sehingga menghasilkan suatu kesimpulan.
 
Selanjutnya Mariana dan Praginda (2009: 18) menyatakan bahwa sains adalah: “ilmu pengetahuan atau kumpulan konsep, prinsip, hukum, dan teori yang dibuat melalui proses kreatif yang sistematis melalui inkuari yang dilanjutkan dengan proses observasi (empiris) secara terus-menerus; merupakan suatu upaya insan yang mencakup operasi mental, keterampilan, dan seni administrasi memanipulasi dan menghitung, yang sanggup diuji kembali kebenarannya yang dilandasi dengan perilaku keingintahuan (curiousity), keteguhan hati (courage), ketekunan (persistence) yang dilakukan oleh individu untuk menyingkap belakang layar alam semesta”.

Dari pengertian di atas, sanggup disimpulkan bahwa pembelajaran Sains sangat berperan penting dalam memajukan daya pikir insan dalam memecahkan duduk kasus kehidupan, alasannya ialah intinya pelajaran sains ialah ilmu yang mengkaji ihwal gejala-gejala alam dan hubungannya dengan kehidupan manusia. IPA atau sains sebagai mata pelajaran yang menuntut keterampilan proses, produk dan proyek merupakan mata pelajaran yang sangat mempunyai kegunaan bagi kehidupan siswa, sains juga sanggup dijadikan sebagai suatu media bagi siswa untuk mempelajari diri sendiri dan cara menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya.
B. Tujuan Pembelajaran Sains di SD
Pemerintah melalui BSNP (2006) dalam Susanto (2009: 171) merumuskan tujuan pembelajaran sains di SD sebagai berikut:
1). Memperoleh iktikad terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa menurut keberadaan, keindahan, dan keteraturan alam ciptaan-Nya.
2). Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan sanggup diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
3). Mengembangkan rasa ingin tahu, perilaku positif dan keselarasan ihwal adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
4). Mengembangkan keterampilan proses untuk menilik alam sekitar, memecahkan duduk kasus dan menciptakan keputusan.
5). Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan alam.
6). Meningkatkan kesadarn untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.
7). Memperoleh bekal pengetahuan, konsep, keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP.

Namun Fakta dari lapangan dalam proses pembelajaran siswa kurang diberikan kesempatan untuk menyebarkan kemampuan berpikir sehingga siswa kurang aktif dalam belajar. Hal ini terjadi alasannya ialah cara pembelajaran berpikir tidak dipakai secara baik dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Pelaksanaan proses pembelajaran yang berlangsung di kelas hanya diarahkan pada kemampuan siswa untuk menghafal informasi, siswa dipaksa hanya untuk mengingat isu tanpa dituntut untuk memahami isu yang diperoleh untuk menghubungkannya dengan situasi dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam proses pembelajaran IPA masih sering ditemukan pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga keterlibatan siswa selama proses pembelajaran masih kurang. Siswa lebih banyak menunggu sajian guru dari pada mencari dan menemukan pengetahuan sendiri. Siswa hanya mendengarkan, mencatat kemudian hanya mengerjakan soal latihan, pembelajaran menjadi monoton sehingga siswa kurang berinteraksi dan berafiliasi dalam memecahkan masalah. Sehingga tujuan pembelajaran di atas tidak sanggup tercapai secara maksimal. 
#Pembelajaran Sains di SD 

Sumber http://www.rijal09.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)