PERGANTIAN KURIKULUM KTSP MENJADI KURIKULUM 2013
Perubahan-perubahan atau penyempurnaan kurikulum yang terjadi di Indonesia semenjak berjulukan Rentjana Pembelajaran 1947 hingga Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun 2006 selalu dibarengi dengan argumen-argumen ilmiah, pendekatan-pendekatan mutakhir, lengkap dan tidak terbantahkan. Tiga aspek yang menjadi landasan pengembangan kurikulum secara terang terangkum dalam isi materi uji kurikulum yaitu :
1. Landasan 2013 Filosofis Kurikulum 2013: UU No. 20/2003 perihal system Pendidikan Nasional pada pasal 1 butir menyatakan bahwa “Pendidikan yaitu perjuangan sadar dan bersiklus untuk mewujudkan suasana berguru dan proses pembelajaran agar akseptor didik secara aktif membuatkan potensi dirinya untuk mempunyai spiritual keagamaan, Pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, adat mulia, dan keterampilan yang diharapkan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara”.
2. Landasan yuridis dan Empiris Kurikulum 2013: Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 menetapkan bahwa perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan penilaiannya memakai pendekatan evaluasi otentik.
3. Aspek Konseptual: Pada kurikulum tahun 2013 untuk tingkat SD pembelajaran seluruhnya memakai pendekatan pembelajaran dengan tema tematik, dengan dasar pertimbangan bahwa perkembanagan pada anak khususnya usia SD masih bersifat holistic.
#PERGANTIAN KURIKULUM KTSP MENJADI KURIKULUM 2013
Sumber http://www.rijal09.com
EmoticonEmoticon