Thursday, May 17, 2018

√ Lesson Plan Peta Dan Pemetaan: Identifikasi Kota Pada Peta

Halo sahabat blogger, kali saya akan sedikit membuatkan perihal menciptakan lesson plan materi peta pemetaan. Pada materi peta pemetaan ini guru geografi sanggup melaksanakan banyak sekali macam variasi pembelajaran biar siswa menjadi aktif. Salah satu acara yang pernah saya lakukan yaitu "mengidentifikasi lokasi ibukota negara dan propinsi pada peta". Kegiatan ini beisa dilakukan secara individu atau kelompok. Jika dilakukan individu, usahakan tiap anak bawa atlas. Baca juga: Tipe-tipe gumuk pasir di dunia

Kegiatan ini dilakukan pada indikator: mengidentifikasi komponen peta dan mengidentifikasi simbol peta. Alat dan materi yang harus ada yaitu peta geografis Indonesia dan benua. Apa yang saya lakukan di kelas?. Berikut ini rincian lesson plan sederhananya:

1. Guru memperlihatkan apersepsi
2. Guru menampilkan gambar peta/membawa peta dunia ke kelas
3. Guru memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk membaca komponen peta 
4. Siswa diminta untuk mengkomunikasikan hasil telaahnya secara random
5. Guru memperlihatkan klarifikasi perihal komponen peta
6. Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok
7. Siswa diminta menuliskan ibukota propinsi/ibukota negara yang berada di wilayah dataran rendah, perbukitan atau dataran tinggi. 
 
 kali saya akan sedikit membuatkan perihal menciptakan lesson plan materi peta pemetaan √ Lesson Plan Peta dan Pemetaan: Identifikasi Kota Pada Peta
Belajar Peta
 kali saya akan sedikit membuatkan perihal menciptakan lesson plan materi peta pemetaan √ Lesson Plan Peta dan Pemetaan: Identifikasi Kota Pada Peta
Belajar peta
Intinya anak harus memahami dulu perihal fungsi warna peta. Warna hijau membuktikan dataran rendah, warna kuning perbukitan, warna cokelat dataran tinggi/pegunungan.

Baca juga:
Teknik apersepsi kelas dunia, mau?
Mekanisme arus katabatik dan anabatik

Sesudah beres, kita sanggup berdiskusi menganalisa perihal lokasi ibukota tersebut. Mengapa kota-kota besar banyak dibangun di dataran rendah, mengapa sedikit yang di kawasan perbukitan. Apa laba dan kerugiannya?. Ini akan menjadi sebuah model saintifik. Dengan memakai peta kita sanggup mencar ilmu komponen peta sekaligus menganalisa lokasi pada peta?. Bagaimana, tertarik untuk melakukannya?.

Sumber http://www.gurugeografi.id


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)