Friday, August 18, 2017

√ Pemikiran Penilaian Kinerja Pelayanan Publik

Pedoman Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik √ Pedoman Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik


Pedoman Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik


Penyelenggaraan pelayanan publik hingga dikala ini belum memenuhi cita-cita masyarakat. Berbagai upaya perbaikan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik telah dilakukan oleh pemerintah, namun akibatnya belum maksimal. Sementara itu, masyarakat menuntut hak-hak mereka ketika bekerjasama dengan penyelenggara pelayanan publik semoga menawarkan pelayanan yang prima. Baca juga : Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2015


Dalam rangka memaksimalkan upaya peningkatan kualitas pelayanan publik tersebut, dibutuhkan penilaian kinerja penyelenggaraan pelayanan publik secara periodik. Hal ini sejalan dengan Pasal 7 ayat (3) karakter c Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik yang mengamanatkan penilaian kinerja penyelenggaraan pelayanan publik.


Evaluasi kinerja penyelenggara pelayanan publik mengacu kepada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1 Tahun 2015 wacana Pedoman Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik.


Pedoman Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik tersebut menjadi pola bagi Pembina/Penanggungjawab penyelenggara pelayanan publik guna memperbaiki, dan menyempurnakan layanan yang sesuai dengan aspek-aspek penyelenggaraan pelayanan publik. Baca juga : Survei Kepuasan Masyarakat


Tujuan dilakukan penilaian kinerja penyelenggara pelayanan publik, yaitu:



  1. Mengetahui capaian kinerja penyelenggara pelayanan publik.

  2. Memberikan saran perbaikan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik melalui pemanfaatan hasil evaluasi.

  3. Menjamin kualitas pelaksanaan penilaian kinerja penyelenggara pelayanan publiK mulai dari perencanaan,pelaksanaan, pelaporan.


Dalam aliran penilaian kinerja pelayanan publik, untuk mengukur kualitas pelayanan publik memakai indikator dan subindikator serta bukti, dan metodologi sebagaimana rincian di bawah ini:












































































































































































No.INDIKATORSUB-INDIKATORBUKTIMETODOLOGI
1Standar Pelayanan Standar Pelayanan sudah di tetapkanDasar Hukum (Perda, Permen, SE, SK), Standar Operasional Prosedur (SOP) bagi pelaksanaDesk Evaluation, Kuesioner, Wawancara
Pelaksanaan Standar PelayananIntegrasi, Internalisasi, Diseminasi, DiklatWawancara, Observasi, Mystery Shopping (MS)
Kesinambungan perbaikanPenurunan keluhan, Perbaikan prosesWawancara, Observasi, Mystery Shopping (MS)
2Maklumat PelayananAdanya pernyataan maklumatDasar Hukum (Perda, Permen), Bukti pulikasi (banner, website)Desk evaluation, Kuesioner, Wawancara
Aplikasi pelaksanaan maklumatSesuai janji/hak, Tingkat keluhan pengaduanObservasi, MS, Wawancara
3Hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM)Pelaksanaan survei (pernah dilaksanakan atau tidak. Secara tahunan atau periodik)Surat Tugas, SK, Laporan Hasil SurveiDesk Evaluation, Kuesioner, MS
4Pengelolaan PengaduanKeberadaan petugas pengelolaan pengaduanDasar Hukum (Perda, Permen, SE, SK)Desk evaluation, Kuesioner
Mekanisme pengelolaan pengaduanJuklak/Juknis, SOPDesk Evaluation, Wawancara
Penyelesaian aktualisasi gosip pelayanan publikPembaharuan (updating data dan informasi) penanganan pengaduanSurvei, Observasi
5Sistem Informasi Pelayanan PublikKeberadaan sistem dan prosedur SIPPDasar Hukum (Perda, Permen, SE, SK), Sosial Media (Facebook, Twiteer)Desk evaluation, Kuesioner
Mekanisme SIPPSOP, WebsiteSurvei, Observasi, Wawancara
Akurasi dan aktualisasi gosip pelayanan publikPembaharuan (Updating data dan informasiSurvei,Observasi


Evaluasi kinerja terhadap penyelenggaraan pelayanan publik dilakukan pada 1 (satu) atau beberapa jenis layanan sekaligus dengan tujuan untuk memperoleh citra wacana kondisi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik, kemudian melaksanakan perbaikan peningkatan kualitas pelayanan publik.





Download :


Pedoman Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik



Sumber aciknadzirah.blogspot.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)