Pedoman Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik
Penyelenggaraan pelayanan publik hingga dikala ini belum memenuhi cita-cita masyarakat. Berbagai upaya perbaikan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik telah dilakukan oleh pemerintah, namun akibatnya belum maksimal. Sementara itu, masyarakat menuntut hak-hak mereka ketika bekerjasama dengan penyelenggara pelayanan publik semoga menawarkan pelayanan yang prima. Baca juga : Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2015
Dalam rangka memaksimalkan upaya peningkatan kualitas pelayanan publik tersebut, dibutuhkan penilaian kinerja penyelenggaraan pelayanan publik secara periodik. Hal ini sejalan dengan Pasal 7 ayat (3) karakter c Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik yang mengamanatkan penilaian kinerja penyelenggaraan pelayanan publik.
Evaluasi kinerja penyelenggara pelayanan publik mengacu kepada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1 Tahun 2015 wacana Pedoman Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik.
Pedoman Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik tersebut menjadi pola bagi Pembina/Penanggungjawab penyelenggara pelayanan publik guna memperbaiki, dan menyempurnakan layanan yang sesuai dengan aspek-aspek penyelenggaraan pelayanan publik. Baca juga : Survei Kepuasan Masyarakat
Tujuan dilakukan penilaian kinerja penyelenggara pelayanan publik, yaitu:
- Mengetahui capaian kinerja penyelenggara pelayanan publik.
- Memberikan saran perbaikan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik melalui pemanfaatan hasil evaluasi.
- Menjamin kualitas pelaksanaan penilaian kinerja penyelenggara pelayanan publiK mulai dari perencanaan,pelaksanaan, pelaporan.
Dalam aliran penilaian kinerja pelayanan publik, untuk mengukur kualitas pelayanan publik memakai indikator dan subindikator serta bukti, dan metodologi sebagaimana rincian di bawah ini:
No. | INDIKATOR | SUB-INDIKATOR | BUKTI | METODOLOGI |
---|---|---|---|---|
1 | Standar Pelayanan | Standar Pelayanan sudah di tetapkan | Dasar Hukum (Perda, Permen, SE, SK), Standar Operasional Prosedur (SOP) bagi pelaksana | Desk Evaluation, Kuesioner, Wawancara |
Pelaksanaan Standar Pelayanan | Integrasi, Internalisasi, Diseminasi, Diklat | Wawancara, Observasi, Mystery Shopping (MS) | ||
Kesinambungan perbaikan | Penurunan keluhan, Perbaikan proses | Wawancara, Observasi, Mystery Shopping (MS) | ||
2 | Maklumat Pelayanan | Adanya pernyataan maklumat | Dasar Hukum (Perda, Permen), Bukti pulikasi (banner, website) | Desk evaluation, Kuesioner, Wawancara |
Aplikasi pelaksanaan maklumat | Sesuai janji/hak, Tingkat keluhan pengaduan | Observasi, MS, Wawancara | ||
3 | Hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) | Pelaksanaan survei (pernah dilaksanakan atau tidak. Secara tahunan atau periodik) | Surat Tugas, SK, Laporan Hasil Survei | Desk Evaluation, Kuesioner, MS |
4 | Pengelolaan Pengaduan | Keberadaan petugas pengelolaan pengaduan | Dasar Hukum (Perda, Permen, SE, SK) | Desk evaluation, Kuesioner |
Mekanisme pengelolaan pengaduan | Juklak/Juknis, SOP | Desk Evaluation, Wawancara | ||
Penyelesaian aktualisasi gosip pelayanan publik | Pembaharuan (updating data dan informasi) penanganan pengaduan | Survei, Observasi | ||
5 | Sistem Informasi Pelayanan Publik | Keberadaan sistem dan prosedur SIPP | Dasar Hukum (Perda, Permen, SE, SK), Sosial Media (Facebook, Twiteer) | Desk evaluation, Kuesioner |
Mekanisme SIPP | SOP, Website | Survei, Observasi, Wawancara | ||
Akurasi dan aktualisasi gosip pelayanan publik | Pembaharuan (Updating data dan informasi | Survei,Observasi | ||
Evaluasi kinerja terhadap penyelenggaraan pelayanan publik dilakukan pada 1 (satu) atau beberapa jenis layanan sekaligus dengan tujuan untuk memperoleh citra wacana kondisi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik, kemudian melaksanakan perbaikan peningkatan kualitas pelayanan publik.
Download :
Pedoman Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik
Sumber aciknadzirah.blogspot.com
EmoticonEmoticon