Growth Hacking Solusi Marketing Murah Untuk Startup Mendapatkan User – Google Business Group (GBG) merupakan komunitas para pebisnis profesional dan startup untuk menyebarkan pengetahuan mengenai pemanfaatan teknologi Google untuk kesuksesan sebuah bisnis. Setelah dua tahun vakum GBG Indonesia sekarang kembali aktif. Dimulai dengan event workshop growth h4ck1ng yang diselenggarakan di Jakarta 10 April yang lalu. GBG Indonesia sendiri ada di lima kota yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dan Yogyakarta.
Pada hari ahad yang kemudian tepatnya 24 April 2016, GBG Jogjakarta mengadakan event yang sama dan dihadiri kurang lebih 30 penerima terdiri dari founder atau perwakilan startup dan pemilik perjuangan atau bisnis. Diantaranya
- C Visual Concept
- SiapCetak Inspiration
- Dyefa
- Barbekos
- Ceraproduction.com
- Graziee Sport Wear
- Pasar cepat
- Fitinline.com
- Galanggo
- Skyshi Digital Indonesia
- Kamadeva
- Healink group
- Humaeera
- Buku Ikhwan
- Jogjacity.co.id
- Makandiantar
- Chromplex
- Hipwee
- Wiki Gunungkidul
- Owie Art Of Crochet, Rahayu Beauty n Make Up
- Pasienia
- Casaidea
- Mlinjo
- Sabun Herbal Choyog
- Wemary
- Hadsec
- DelivLaundry
Apa itu growth h4ck1ng?
Growth h4ck1ng yaitu teknik marketing yang bertujuan untuk mendapat user dengan biaya yang relatif murah dan dilakukan menggunakan pendekatan teknologi. Fadli Wilihandarwo selaku GBG Manager Jogjakarta menyampaikan ada perbedaan antara growth h4ck1ng dan digital marketing. Growth h4ck1ng sendiri tidak membutuhkan dana untuk mengimplementasikannya, perawatan yang gampang juga serba otomatis. Berbeda dengan halnya digital marketing yang membutuhkan biaya contohnya dengan membayar online media, membayar layanan PPC, atau membayar kampanye di social media ibarat Facebook.
Growth h4ck1ng tentu sangat bermanfaat bagi startup yang masih bootstraping dan tidak mempunyai biaya besar untuk marketing. Hanya saja salah satu kekurangan growth h4ck1ng yaitu penggunaannya yang tidak sanggup bertahan lama. Karena itu growth h4ck1ng mempunyai ratusan teknik yang sanggup diterapkan.
Contoh growth h4ck1ng
Fadli memperlihatkan pola bagaimana Facebook pada awalnya mendapat user di kampus besar lain. Padahal waktu itu kampus besar lain sudah mempunyai jejaring sosial sendiri dan kenapa mereka harus menggunakan jejaring sosial baru. Mark Zurkerberg lebih dulu memperkenalkan Facebook pada kampus-kampus kecil disekitar kampus Harvard, hal ini membuat “network effect” yang balasannya menjadi viral membuat kampus-kampus besar juga ingin memakainya. Cara Mark Zuckerberg ini juga sanggup disebut teknik growth h4ck1ng.
Aset sebuah startup ibarat jejaring sosial ialah banyaknya user yang terdaftar atau ecommerce yang mempunyai ribuan merchant yang terdaftar. Bagaimana dengan startup ibarat media online. Sarana marketing murah ketika ini ialah melalui jejaring sosial. Para startup memanfaatkan media umum ibarat fanpage facebook untuk marketing dan berharap mempunyai ribuan follower. Maka ribuan follower menjadi aset penting untuk media marketing. Namun apa yang terjadi jikalau fanpage tersebut secara sepihak ditutup tentu aset tersebut hilang.
Sosial media tidak sanggup dibutuhkan menjadi media marketing yang sanggup bertahan lama. Salah satu caranya yaitu dengan membuat mailing list untuk mengoleksi email user. Email yang terdaftar dalam mailing list startup kau sanggup menjadi aset yang berharga alasannya yaitu kita yang mempunyai kontrol sepenuhnya. User yang terdaftar pada mailing list akan mendapat langganan email yang akan kau gunakan untuk sarana marketing. Hal ini disebut dengan Drid Campaign.
Selain itu ada aneka macam teknik growth h4ck1ng seperti Powerpoint Coversion Hack yang memanfaatkan website ibarat slideshare untuk mempromosikan wbsite, Open Graph Hack yang memanfaatkan jejaring sosial untuk menarik perhatian user, Youtube SERP Hack untuk mempromosikan konten website melalui video, selain itu masih ada lagi ibarat Piggyback Hack, Unboxing Hack, Queue Jumper Hack, Timer Hack, Vanity Hack, dan sebagainya.
Selain mendapat pengetahuan mengenai growth h4ck1ng, penerima juga berguru bagaimana cara menerapkannya dengan mengikuti acara workshop. Dalam sesi workshop penerima dibagi menjadi tiga kelompok untuk membuat Startup fake. Masing-masing kelompok harus mempraktekkan salah teknik growth h4ck1ng yang cocok untuk diterapkan menurut inspirasi dasar Startup fake. Peserta pun antusias mengikuti hingga final workshop.
Kegiatan ibarat ini akan diadakan rutin oleh GBG setiap bulannya. Jika kau tertatik belajar mengenai apa saja teknik growth h4ck1ng sebaiknya kau mengikuti workshop yang diadakan oleh GBG di masing-masing kota.
Sumber aciknadzirah.blogspot.com
EmoticonEmoticon