SILLABUS KELAS IV
Tema : Indahnya Negeriku
Subtema : Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan
Muatan | Kompetensi Dasar | Indikator Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Materi | Sumber Belajar | Alokasi Waktu |
PKn | 1.1 Menghargai kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar 1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar 2.2 Menunjukkan sikap yang sesuai dengan hak dan kewajiban di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar 2.3 Menunjukkan sikap sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar 3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat 4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat | · Menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga sehubungan dengan pemanfaatan tumbuhan anggrek · Menemukan referensi pelaksanaan kewajiban sebagai warga terhadap langkanya tumbuhan anggrek | 1. Siswa mengamati gambar tumbuhan anggrek (mengamati) 2. Siswa membaca teks bergambar ihwal tumbuhan anggrek. (mengomunikasikan) 3. Siswa mencari informasi ihwal kelangkaan anggrek yang ada dalam teks. 4. Siswa menemukan informasi ihwal hak dan kewajiban untuk menjaga tumbuhan anggrek. | Penilaian sikap: · Kreatif · Teliti · Bertanggung jawab · Rasa ingin tahu Penilaian Keterampilan: · Menulis binatang langka dan tidak langka · Menceritakan kembali teks petualangan · Memilih dan memilah kosakata baku · Melakukan gerak dasar lari · Mengarang dongeng teks petualangan · Menuliskan hak dan kewajiban · Menggambar pemandangan alam · Menuliskan temuan dari teks · Menuliskan temuan dari teks persamaan dan perbedaan antara cenderawasih · Mengungkapkan ihwal kaitan antara sikap insan dengan kelangkaan burung cenderawasih · Menemukan data dalam tabel · Gerakan senam ritmik · Hak dan kewajiban berdasar hasil wawancara · Bercerita · Mewarnai gambar · Membuat peta pikiran · Menemukan hak dan kewajiban warga negara terhadap binatang dan tumbuhan Penilaian Pengetahuan · Tes tertulis | Hak dan kewajiban menjaga tumbuhan anggrek | Buku Guru dan Buku Siswa kelas IV Tema 6 (Indahnya Negeriku) Kontributor Naskah: Afriki, Angie Siti Anggari, Dyanggih Sri Aryono, dan Nuniek Puspitawati. Penyelia Penerbitan: Pusat kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemdikbud. Internet: | 6x 35 menit |
| . | · Menjelaskan kewajiban sebagai warga sehubungan dengan pemanfaatan pohon pinus · Mengomunikasikan secara tertulis referensi tindakan untuk melestarikan pohon pinus | 1. Mengamati teks bergambar pohon pinus (Mengamati) 2. Membentuk kelompok beranggotakan 4 hingga 5 siswa. 3. Setiap kelompok mendapat kiprah memberikan bahan pada kelompok lain. 4. Setiap kelompok diberikan tanggung jawab masing-masing semoga bisa untuk memberikan bahan yang ditugaskan untuk memberikan ke kelompok lain. 5. Setiap kelompok kembali ke kelompok asal. 6. Mendiskusikan ihwal hak dan kewajiban menjaga kelestarian pohon pinus. 7. Menyampaikan hasil kerja yang telah dibuat. 8. Kelompok terbaik diberikan reword. | Hak dan kewajiban menjaga kelestarian pohon pinus | | | |
| | · Menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga terhadap lingkungan dalam kehidupan sehari-hari dengan wawacara. · Melaporkan hasil wawancara secara verbal dan tulisan | 1. Melakukan wawancara secara berkelompok. 2. Setiap kelompok terdiri dari 5 orang 3. Setiap kelompok mewawancarai warga sekolah (kepala sekolah, guru, staf tata usaha) sehubungan dengan kewajiban terhadap lingkungan. 4. Mempresentasikan hasil wawancara yang telah dilakukan. (Mengomunikasikan) | | Hak dan kewajiban warga sekolah | | |
Bahasa Indonesia | 1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial 2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia 3.4 Menggali informasi dari teks dongeng petualangan ihwal lingkungan dan sumber daya alam dengan derma guru dan sahabat dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku 4.4 Menyajikan teks dongeng petualangan ihwal lingkungan dan sumber daya alam secara berdikari dalam teks bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku | · Menceritakan kembali memakai kata-kata sendiri informasi yang digali dari informasi tentang Perburuan liar ancam macan tutul di ujung kulon. · Membuat kalimat memakai kosa kata baku | 1. mengamati teks ihwal perburuan liar ancam macan tutul di ujung kulon.(Mengamati) 2. membaca teks secara gotong royong ihwal teks. 3. menjawab pertanyaan 4. menceritakan kembali teks ihwal teks perburuan liar ancam macan tutul di ujung kulon. 5. Memilih 10 kosakata gres yang belum di mengerti dalam teks. 6. Mencari arti kosakata gres tersebut di kamus dan menuliskan di lembar kerja. 7. Membuat kalimat memakai kosakata gres yang telah di temukan. | | Teks ihwal perburuan liar ancam macan tutul di ujung kulon. Membuat kalimat | | |
| | · Menemukan informasi penting dalam teks pesona kecantikan anggrek alam Indonesia · Menuliskan pengalaman melalui dongeng petualangan | 1. Mengamati gambar Anggrek (Mengamati) 2. Membaca teks ihwal “pesona kecantikan anggrek alam Indonesia” 3. Membuat pertanyaan ihwal gambar dan teks 4. Menukar pertanyaan dengan sahabat dan menjawab pertanyaan tersebut 5. Membentuk kelompok diskusi 6. Menuliskan informasi penting dari teks yang telah di temukan 7. Menyampaikan informasi yang telah ditulis setiap perwakilan kelompok. 8. Setiap kelompok menunjukkan komentar atas hasil pekerjaan yang telah dibentuk oleh kelompok lain. 9. Mengingat kembali ihwal pesona kecantikan anggrek di indonesia. 10. Menceritakan kembali secara ringkas teks sebelumnya dengan runtut memakai kata-kata sendiri berbentuk skema (peta konsep) 11. Menulis dongeng ihwal petualangan ihwal lingkungan. | | Teks ihwal pesona kecantikan anggrek | | |
| | · Menemukan informasi penting dalam teks ihwal Pantai Indonesia masuk Pantai Terbaik Dunia · Menceritakan kembali teks dongeng petualangan memakai kata-kata sendiri. | 1. Mengamati teks ihwal Pantai Indonesia Masuk 100 Pantai Terbaik Dunia (Mengamati) 2. Menjawab pertanyaan menurut teks (Menalar) 3. Menemukan informasi penting dalam teks 4. Mengamati teks ihwal kepulauan Dewawan. 5. Membaca teks ihwal pulau derawan 6. Menjawab pertanyaan yang ada ihwal teks 7. Menulis dongeng ihwal pengalaman berkunjung ke pantai. | | Teks ihwal pantai Indonesia | | |
| | · Menceritakan kembali proses membuat gambar pemandangan · Mempresentasikan makna yang terkandung pada gambar | 1. Mengamati gambar ihwal lingkungan yang telah dibuat. (mengamati) 2. Menceritakan gambar pemandangan yang telah dibentuk oleh siswa. | | | | |
Matematika | 1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai pedoman agama yang dianutnya 2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak gampang mengalah serta bertanggung Jawab dalam mengerjakan tugas 3.7 Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal 4.2 Menyatakan cuilan ke bentuk desimal dan persen | · Menjelaskan operasi penjumlahan bilangan desimal dan persen · Menjelaskan operasi pengurangan bilangan desimal dan persen · Mengoperasikan penjumlahan bilangan desimal dan persen · Mengoperasikan pengurangan bilangan desimal dan persen | 1. Mengamati tabel ihwal waktu tidur Hewan (Mengamati) 2. Bertanya jawab ihwal tabel yang diamati 3. Berdiskusi ihwal penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal dan persen 4. Menyajikan hasil diskusi yang telah diselesaikan di depan kelas | | Penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal dan persen | | |
| | · Menjelaskan langkah-langkah operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal · Menyelesaikan soal ihwal operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal | 1. Mengamati kertas yang dipakai untuk menggambar. (Mengamati) 2. Bertanya jawab dengan memperkirakan ukuran kertas (menalar) 3. Mengukur ukuran kertas dan jenis kertas yang diukur 4. Mengingat kembali rumus ihwal berdiri datar untuk menuntaskan duduk masalah ihwal pengurangan dan penjumlahan bilangan desimal 5. Menyelesaikan kiprah secara berkelompok | | Penjumlahan dan pengurangan bilang desimal dan persen | | |
| | · Menjelaskan konsep operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan persen dan desimal · Mengaplikasikan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan persen dan desimal | 1. Mengamati tabel hasil penelitian ihwal konsumsi burung cenderawasih terhadap jenis pakan (mengamati) 2. Bertanya jawab ihwal tabel 3. Menyelesaikan duduk masalah yang ada pada tabel secara individu 4. Menyimpulkan tabel yang telah diselesaikan masalahnya. | | Penjumlahan dan pengurangan bilang desimal dan persen | | |
IPA | 1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan pedoman agama yang dianutnya 2.1 Menunjukkan sikap ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati- hati; bertanggung Jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam acara sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melaksanakan inkuiri ilmiah dan berdiskusi 2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam acara sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara berdikari maupun berkelompok 3.7 Mendeskrpisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat 4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat | · Membedakan binatang langka dan tidak langka · Menyimpulkan laporan informasi perburuan binatang langka | 1. Mengamati gambar yang terdiri dari binatang langka dan tidak langka 2. membuat pertanyaan ihwal gambar yang diamati 3. mempertukarkan pertanyaan tersebut dengan pasangan 4. mendiskusikan tanggapan atas pertanyaan yang telah ditulis dengan pasangan masing-masing. 5. Mengelompokkan binatang langka dan tidak langka pada tabel yang telah disediakan. | | Hewan langka dan tidak langka di Indonesia | | |
| | · Mendeskripsikan hubungan antara kegiatan insan dan kelangkaan burung. · Menyimpulkan hasil penelitian terhadap sikap makhluk hidup | 1. Mengamati gambar burung cenderawasih 2. Membuat pertanyaan ihwal burung cenderawasih. 1. Mengamati teks jenis burung cenderawasih 2. Membaca teks ihwal jenis burung cendewasih 3. Menuliskan persamaan dan perbedaan antara cenderasih biru dan cenderawasih merah 4. Menjelaskan jenis cenderawasih yang mereka sukai beserta alasan. 5. Menuliskan 5 keindahan yang mereka temukan pada banyak sekali jenis cenderawasih | | | | |
IPS | 1.2 Menjalankan pedoman agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat 2.3 Menunjukkan sikap santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan sahabat sebaya | · Menyebutkan referensi interaksi insan dengan lingkungan alam · Menceritakan insan dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam | 1. Mengamati teks burung cenderawasih 2. Membaca teks ihwal burung cenderawasih 3. Menjawab pertanyaan 4. Mengkaji kaitan antara sikap insan dengan kelangkaan burung cenderawasih 5. Menceritakan insan dalam dinamikan interaksi dengan lingkungan alam. 6. Mengemukakan pendapat ihwal sikap insan terhadap hewab langka. 7. Memberikan saran ihwal pelestarian burung cenderawasih. | | Interaksi lingkungan alam | | |
PJOK | 1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa badan harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta. 2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan banyak sekali acara fisik 2.6 Disiplin dalam melakukan berbagai acara fisik 3.3 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotorr dan nonlokomotor untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan cepat dan lari melalui permainan dan atau olahraga tradisional 4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan cepat dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau olahraga tradisional | · Mengenal kombinasi gerak dasar lokomotor jalan cepat dan lari melalui permainan ihwal lingkungan hidup · Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor jalan cepat dan lari melalui permainan ihwal lingkungan hidup | 1. Mengamati gambar permainan pemburu dan rino jawab. 2. Bertanya jawab ihwal cara melaksanakan permainan 3. Melakukan permainan secara berkelompok. 4. Berdiskusi dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan. | | Gerak dasar lokomotor | | |
| 3.6 Mengetahui konsep kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan bertema budaya tempat mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam acara gerak ritmik. 4.6 Mempraktikkan gerak dasar langkah dan ayunan lengan bertema budaya tempat mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam acara gerak ritmik. | · Menjelaskan pola gerak dasar berirama · Mempraktikkan pola gerak dasar langkah dan ayunan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik | 1. Mengamati gerakan senam berirama 2. Melakukan gerak dasar berirama. | | Gerakan berirama | | |
SBdP | 1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing tempat sebagai anugerah Tuhan 2.1 Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni 2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapat inspirasi dalam berkarya seni 2.3 Menunjukkan sikap sikap mengenal sikap disiplin, tanggung Jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni 3.4 Mengetahui banyak sekali alur cara dan pengolahan media karya kreatif 4.1 Menggambar menurut tema | · Mengetahui alur cara menggambar · pemandangan alam · Menggambar pemandangan alam menggunakan pensil | 1. Mengamati gambar pemandangan alam 2. Bertanya jawab ihwal langkah-langkah membuat gambar sketsa 3. Membuat sketsa dan catatan penting ihwal opjek yang akan digambar 4. Membuat sketsa pemandangan alam | | Menggambar sketsa | | |
| | · Menyebutkan alur cara menggambar pemandangan alam · Menggambar dan mewarnai pemandangan alam | 1. Menyiapkan gambar sketsa yang telah disiapkan sebelumnya 2. Mengaplikasikan teknik pewarnaan yang sesuai tema 3. Menceritakan gambar pemandangan yang telah dibentuk kepada teman. | | Mewarnai gambar sketsa | | |
Sumber http://zulfiaditrumon.blogspot.com
EmoticonEmoticon